less of a holy grail than an ignis fatuus.

Indonesian translation: sasaran mulia, harapan palsu

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:holy grail, ignis fatuus
Indonesian translation:sasaran mulia, harapan palsu
Entered by: Erich Ekoputra

16:52 Jun 13, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Law: Taxation & Customs
English term or phrase: less of a holy grail than an ignis fatuus.
I am beginning to think that tax simplification is less of a holy grail than an ignis fatuus.
Yusuf Akhmadi
Indonesia
lebih mirip [mengejar] harapan palsu daripada sasaran mulia
Explanation:
Lengkapnya: Saya mulai merasa bahwa penyederhaan pajak kurang mirip [mengejar] sasaran mulia daripada harapan palsu

√ ATAU, yang lebih terdengar alami bagi kita: Saya mulai merasa bahwa penyederhaan pajak lebih mirip [mengejar] harapan palsu daripada sasaran mulia.

★ Secara konteks, si pembicara merasa bahwa pajak sangat sulit disederhanakan; walaupun bertujuan mulia, upaya ke sana akan sia-sia.

√ Dari kamus Merriam-Webster: ignis fatuus: a deceptive goal or hope .

holy grail atau cawan suci adalah cawan yang diduga menjadi wadah minum anggur Yesus Kristus pada makan malam terakhir (last supper) sebelum disalib keesokan harinya. Cawan ini dinyatakan hilang, dan menjadi objek perburuan penggemar barang antik dan sejarawan. Seiring dengan waktu, maknanya berkembang menjadi sebagai berikut:

√ Dari kamus Merriam-Webster: holy grail often not capitalized: an object or goal that is sought after for its great significance.

Nah, frasa great significance atau sangat bermakna itu bisa dipadankan dengan mulia, yang salah satu maknanya (dari kBBI): bermutu tinggi; berharga (tt logam, msl emas, perak, dsb).

SURJAYA ★★★★★
http://www.hukumonline.com/pusatdata/downloadfile/lt514c531f...
Kehadiran Rancangan Undang- undang tentang Usaha Perasuransian ini bukanlah akhir dari perjalanan untuk menciptakan, menjaga, dan memelihara industri perasuransian yang sehat, dapat diandalkan, amanah dan kompetitif. Terwujudnya sasaran mulia tersebut membutuhkan upaya dan peran serta...

http://www.inponsel.co.id/berita/d/332282/pengejar-harapan-p...
Bagi yang ingin merasakan pengalaman mengejar harapan palsu, Game Pengejar Harapan Palsu ini sudah bisa diunduh di Google Play.


--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2015-06-13 22:59:15 GMT)
--------------------------------------------------

Maksudnya: penyederhanaan, bukan penyederhaan. Entah bagaimana caranya si na bisa menyelinap kabur.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1lebih mirip [mengejar] harapan palsu daripada sasaran mulia
Erich Ekoputra
5bukanlah usaha yang sungguh-sungguh tapi hanyalah sandiwara
Hipyan Nopri
3lebih menyerupai ilusi daripada tugas/misi suci
Muhammad Iwan Munandar
3lebih merupakan harapan yang menyesatkan daripada sesuatu yang bisa dicapai (biarpun sulit).
Ikram Mahyuddin


  

Answers


6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
less of a holy grail than an ignis fatuus
lebih mirip [mengejar] harapan palsu daripada sasaran mulia


Explanation:
Lengkapnya: Saya mulai merasa bahwa penyederhaan pajak kurang mirip [mengejar] sasaran mulia daripada harapan palsu

√ ATAU, yang lebih terdengar alami bagi kita: Saya mulai merasa bahwa penyederhaan pajak lebih mirip [mengejar] harapan palsu daripada sasaran mulia.

★ Secara konteks, si pembicara merasa bahwa pajak sangat sulit disederhanakan; walaupun bertujuan mulia, upaya ke sana akan sia-sia.

√ Dari kamus Merriam-Webster: ignis fatuus: a deceptive goal or hope .

holy grail atau cawan suci adalah cawan yang diduga menjadi wadah minum anggur Yesus Kristus pada makan malam terakhir (last supper) sebelum disalib keesokan harinya. Cawan ini dinyatakan hilang, dan menjadi objek perburuan penggemar barang antik dan sejarawan. Seiring dengan waktu, maknanya berkembang menjadi sebagai berikut:

√ Dari kamus Merriam-Webster: holy grail often not capitalized: an object or goal that is sought after for its great significance.

Nah, frasa great significance atau sangat bermakna itu bisa dipadankan dengan mulia, yang salah satu maknanya (dari kBBI): bermutu tinggi; berharga (tt logam, msl emas, perak, dsb).

SURJAYA ★★★★★
http://www.hukumonline.com/pusatdata/downloadfile/lt514c531f...
Kehadiran Rancangan Undang- undang tentang Usaha Perasuransian ini bukanlah akhir dari perjalanan untuk menciptakan, menjaga, dan memelihara industri perasuransian yang sehat, dapat diandalkan, amanah dan kompetitif. Terwujudnya sasaran mulia tersebut membutuhkan upaya dan peran serta...

http://www.inponsel.co.id/berita/d/332282/pengejar-harapan-p...
Bagi yang ingin merasakan pengalaman mengejar harapan palsu, Game Pengejar Harapan Palsu ini sudah bisa diunduh di Google Play.


--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2015-06-13 22:59:15 GMT)
--------------------------------------------------

Maksudnya: penyederhanaan, bukan penyederhaan. Entah bagaimana caranya si na bisa menyelinap kabur.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 45

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Achmad Fuad Lubis
1 day 5 hrs

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
bukanlah usaha yang sungguh-sungguh tapi hanyalah sandiwara


Explanation:
holy grail = sesuatu yg diusahakan/diperjuangkan dg sungguh2

ignis fatuus = sesuatu yg memperdaya atau menipu atau mengecoh

Karena itu, saya mengusulkan terjemahan sbb:

less of a holy grail than an ignis fatuus = bukanlah usaha yg sungguh2 tapi hanyalah sandiwara

--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2015-06-13 23:00:31 GMT)
--------------------------------------------------

Tambahan:

sandiwara = kejadian (politik dsb) yg hanya dipertunjukkan utk mengelabui mata, tidak sungguh2 (KBBI Edisi Ketiga)


    https://www.google.com/search?q=define%3A+holy+grail&ie=utf-8&oe=utf-8
    https://www.google.com/search?q=define%3A+fraction&ie=utf-8&oe=utf-8#q=define:+ignis+fatuus
Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

19 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
lebih merupakan harapan yang menyesatkan daripada sesuatu yang bisa dicapai (biarpun sulit).


Explanation:

http://www.merriam-webster.com/dictionary/holy grail


Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

1 day 4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
less of a holy grail than an ignis fatuus
lebih menyerupai ilusi daripada tugas/misi suci


Explanation:
Salah satu padanan ignis fatuus adalah 'Something that misleads or deludes; an illusion' (http://www.thefreedictionary.com/ignis fatuus).

ilu·si 1 n sesuatu yg hanya dl angan-angan; khayalan; 2 n pengamatan yg tidak sesuai dng pengindraan; 3 a tidak dapat dipercaya; palsu
http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php

Teks sumber mempertontonkan permainan gagasan, gaya dan rasa: tax simplification<>holy grail<> ignis fatuus; yang profan, duniawi, 'kotor' disandingkan dengan yang suci, holy (grail) dengan nuansa (agak) nyinyir.

Teks sasaran coba menangkap pesan dan 'mempermainkan' kata, gagasan, gaya dan rasa pula. Ketemulah opsi ' lebih menyerupai ilusi daripada tugas/misi suci '.


Muhammad Iwan Munandar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search