Greenwashing

Indonesian translation: pengelabuan citra

20:11 Mar 27, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Marketing - Marketing / Market Research / Green
English term or phrase: Greenwashing
Greenwashing is misleading consumers regarding a company’s environmental practices or the environmental benefits of a product.

Apa padanan yang tepat dan singkat untuk “greenwashing”?
Terima kasih atas bantuan rekan-rekan.
Salam hangat,
WS
Wiyanto Suroso
Indonesia
Indonesian translation:pengelabuan citra
Explanation:
Dari rujukan yg saya dapat,
greenwashing = pengelabuan citra

Namun demikian, saya sendiri lebih cenderung mengusulkan 'pengelabuan citra lingkungan' agar makna yg dimaksud jadi lebih jelas.

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2009-03-28 00:30:40 GMT)
--------------------------------------------------

Ref.:
. . . perusahaan sedang melakukan upaya *greenwash* (*pengelabuan citra*) . . ..
www.csrindonesia.com/data/articles/20071105093214-a.pdf

. . . apabila perusahaan tidak meminimumkan dan mengkompensasi dampak negatifnya terlebih dulu namun langsung terjun dalam kegiatan amal, itu disebut *greenwash* alias *pengelabuan citra*.
http://www.korantempo.com/korantempo/cetak/2008/12/09/Opini/...

. . . melakukan corporate *greenwash* atau *pengelabuan citra* perusahaan belaka.
http://fe.elcom.umy.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=2157

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2009-03-28 00:33:44 GMT)
--------------------------------------------------

. . . sesungguhnya adalah *pengelabuan citra* atau *greenwashing*.
http://cfcdcenter.or.id/index.php?option=com_content&task=vi...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Tarimo kasiah, Uda Hipyan
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +4pengelabuan citra
Hipyan Nopri
5pemutihan citra
Alex ST
2Peduli lingkungan semu
Rostiani


  

Answers


4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +4
greenwashing
pengelabuan citra


Explanation:
Dari rujukan yg saya dapat,
greenwashing = pengelabuan citra

Namun demikian, saya sendiri lebih cenderung mengusulkan 'pengelabuan citra lingkungan' agar makna yg dimaksud jadi lebih jelas.

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2009-03-28 00:30:40 GMT)
--------------------------------------------------

Ref.:
. . . perusahaan sedang melakukan upaya *greenwash* (*pengelabuan citra*) . . ..
www.csrindonesia.com/data/articles/20071105093214-a.pdf

. . . apabila perusahaan tidak meminimumkan dan mengkompensasi dampak negatifnya terlebih dulu namun langsung terjun dalam kegiatan amal, itu disebut *greenwash* alias *pengelabuan citra*.
http://www.korantempo.com/korantempo/cetak/2008/12/09/Opini/...

. . . melakukan corporate *greenwash* atau *pengelabuan citra* perusahaan belaka.
http://fe.elcom.umy.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=2157

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2009-03-28 00:33:44 GMT)
--------------------------------------------------

. . . sesungguhnya adalah *pengelabuan citra* atau *greenwashing*.
http://cfcdcenter.or.id/index.php?option=com_content&task=vi...

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 27
Grading comment
Tarimo kasiah, Uda Hipyan

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
8 hrs

agree  vicksy nurhayati
12 hrs

agree  Hadiyono Jaqin
1 day 13 hrs

agree  sigid: Greenwashing menurut saya metode cara pencucian yang peduli pada lingkungan
2 days 9 hrs

22 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
greenwashing
pemutihan citra


Explanation:
alternative:
pemutihan citra (ramah lingkungan) yang pada dasarnya suatu teknik/upaya untuk mendapat pengakuan ramah lingkungan dalam produk/layanan yang dihasilkan, padahal sesungguhnya itu hanya kedok.

--------------------------------------------------
Note added at 22 hrs (2009-03-28 18:43:06 GMT)
--------------------------------------------------

add from Example:
Analogous to brainwashing. Don't be fooled by dishonest companies employing greenwashing techniques. Combatting greenwashing.


Example sentence(s):
  • Greenwashing is a superficial nod to the environment that marketers and businesses that historically were not interested in sustainable concerns, are doing in order to improve their public relation standings with the consumer or public. Analogous to brain

    Reference: http://www.lohas.com/glossary.html
    Reference: http://www.britannica.com/blogs/2008/06/greenwash-rack-rate-...
Alex ST
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 day 11 hrs   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
greenwashing
Peduli lingkungan semu


Explanation:
...

Rostiani
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search