hydroxy-terminated

Indonesian translation: berakhiran-hidroksi

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:hydroxy-terminated
Indonesian translation:berakhiran-hidroksi
Entered by: ivo abdman

09:25 Jul 20, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering / abrasives
English term or phrase: hydroxy-terminated
Mohon dibantu padanan katanya

hidroxy-functional (e.g., hydroxy-terminated) polyethers
ivo abdman
Indonesia
mengandung gugus hidroksil
Explanation:
Sori, ada sedikit kekeliruan pada jawaban sebelumnya. Pada dasarnya kelompok = gugus, tapi memang gugus lebih umum digunakan.

Secara harfiah, 'hydroxy-terminated' = berakhiran gugus yang termasuk dalam gugus fungsional hidroksil (-OH). Gugus fungsional ini terdapat pada alkohol, fenol, asam karboksilat, dan ligan pada senyawa anorganik.

Ringkasnya,
hydroxy-terminated = mengandung gugus hidroksil (-OH)

Jadi,

hidroxy-functional (e.g., hydroxy-terminated) polyethers = polieter hidroksi-fungsional (seperti polieter yang mengandung gugus hidroksil)
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
thanks, saya lebih suka yang ini ga pa pa khan, cukup efektif & jelas kok
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5mengandung gugus hidroksil
Hipyan Nopri
3 +1senyawa berujung hidroksi
Erich Eko
4senyawa yang mengandung gugus hidroksil
Anik Aminuddin


  

Answers


3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
senyawa yang mengandung gugus hidroksil


Explanation:
IMHO, -OH disini adalah gugus yang membentuk senyawa, bukan senyawanya.

Anik Aminuddin
United States
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
1 corroborated select project
in this pair and field What is ProZ.com Project History(SM)?

6 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
senyawa berujung hidroksi


Explanation:
Terjemahan harfiahnya...

Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Dewinta Maharani
2 days 20 hrs
  -> Thank you Dewinta!

15 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
mengandung gugus hidroksil


Explanation:
Sori, ada sedikit kekeliruan pada jawaban sebelumnya. Pada dasarnya kelompok = gugus, tapi memang gugus lebih umum digunakan.

Secara harfiah, 'hydroxy-terminated' = berakhiran gugus yang termasuk dalam gugus fungsional hidroksil (-OH). Gugus fungsional ini terdapat pada alkohol, fenol, asam karboksilat, dan ligan pada senyawa anorganik.

Ringkasnya,
hydroxy-terminated = mengandung gugus hidroksil (-OH)

Jadi,

hidroxy-functional (e.g., hydroxy-terminated) polyethers = polieter hidroksi-fungsional (seperti polieter yang mengandung gugus hidroksil)

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 143
Grading comment
thanks, saya lebih suka yang ini ga pa pa khan, cukup efektif & jelas kok




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search