lift-surfing

Indonesian translation: selancar lift

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:lift-surfing
Indonesian translation:selancar lift
Entered by: ivo abdman

13:34 Jul 24, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering / lift
English term or phrase: lift-surfing
Mohon dibantu padanan katanya

lift-surfing, suatu penyalahgunaan pengetahuan akses ke atap gerbong (cage) lift konvensional. Seseorang yang tidak memiliki wewenang, dengan cara menekan pintu tombol lift naik atau turun, dan kemudian membuka pintu lift dengan kunci segitiga yang secara otomatis akan menghentikan pergerakan lift, dari pintu yang terbuka itu ia dapat mengakses atap gerbong lift
ivo abdman
Indonesia
selancar lift (lift-surfing)
Explanation:
imho
Selected response from:

Hikmat Gumilar
Indonesia
Grading comment
saya pilih yang ini, sudah cukup jelas dan singkat dan paling mendekati, bisa di atap lift diam atau naik turun
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1penyalahgunaan lift
Hipyan Nopri
4menunggangi atap lift
Ian Forbes
4menjelajah lift
M. Laut
4pembajakan lift
Erich Eko
3selancar lift (lift-surfing)
Hikmat Gumilar


  

Answers


35 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
selancar lift (lift-surfing)


Explanation:
imho

Hikmat Gumilar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 41
Grading comment
saya pilih yang ini, sudah cukup jelas dan singkat dan paling mendekati, bisa di atap lift diam atau naik turun

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
menjelajah lift


Explanation:
Dijelajahi semua celah-celah yang ada di atap gerbong.

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 81

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
penyalahgunaan lift


Explanation:
Berdasarkan kutipan berikut,
lift surfing = tindakan naik ke atap lift dan menggunakan alat2 kontrol yg ada di sana untuk menggerakkan lift.
Tindakan ini biasanya dilakukan anak2 usia belasan tahun sekedar untuk bermain2. Memang, ini sebuah permainan yg sangat berbahaya. Seharusnya lift digunakan untuk naik-turun lantai sebuah gedung di ruang lift aman yg telah tersedia, malah disalahgunakan untuk bermain2. Karena itu, saya mengusulkan

lift-surfing = penyalahgunaan lift

Berikut kutipan & referensinya:
The fatal accident occurred whilst the boy and a friend were *lift-surfing* - *the practice of riding on the roof of a lift and using controls there to activate the lift.* In recording his verdict, the Coroner pointed out that access to the roof area was only possible if the access trap had been vandalised. The Council was understood to be piloting a new lift security system, which incorporated an immobilising device activated by *misuse of the lift.*

Boy dies after falling eight floors in *'lift-surfing' craze.* A mother warned children against the dangers of lifts yesterday after her 10-year-old son plunged more than 100 feet to his death while *playing on the roof of an elevator* at a Leeds housing estate. Jean Illingworth described how she had also warned her son, Paul, about the perils of *"lift-surfing", in which youngsters travel on lifts as they move up and down the shaft.*


    Reference: http://www.lgtraining.freeserve.co.uk/archives/hmdarch/locau...
    Reference: http://findarticles.com/p/articles/mi_qn4158/is_19970530/ai_...
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 143

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Christianna Braithwaite: Karena rasanya belum ada kata yang khusus untuk menerjemahkan ini dalam Bahasa Indonesia, saya pikir, terjemahan Hipyan is the best fitting the context here.
12 hrs
  -> Terima kasih, Christi.

11 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
menunggangi atap lift


Explanation:
Nampaknya ‘lift surfing’ termasuk menghentikan lift dengan cara naik ke atap, menunggangi lift sementara orang di dalam gerbong mengendalikannya, serta mengendalikan lift dari atap lift (sesuai dengan penjelasan Hipyan). Oleh karena itu saya usulkan terjemahan diatas yang bertujuan mencakup ketiga-tiganya.

Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 19

13 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pembajakan lift


Explanation:
Demikianlah tindakan itu saya bayangkan.

Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search