missing tooth gear

Indonesian translation: roda gigi bergigi tak lengkap

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:missing tooth gear
Indonesian translation:roda gigi bergigi tak lengkap
Entered by: ivo abdman

02:55 Jan 29, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering / motorcycle
English term or phrase: missing tooth gear
mohon dibantu padanan katanya, terdapat pada sepeda motor
ivo abdman
Indonesia
gigi hilang pada roda gigi
Explanation:
tooth / teeth = gigi
gear = roda gigi

Mau istilah yg keren : giginya "somplak" - ada di KBBI.

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2008-01-29 07:13:20 GMT)
--------------------------------------------------

missing - seharusnya terjemahannya : patah

Dengan demikian berarti:
patahnya gigi pada roda gigi
Selected response from:

M. Laut
Indonesia
Grading comment
Thanks atas kontribusi rekan-rekan semua. Sebenarnya semua jawaban tersebut kurang memuaskan bagi saya, tapi ini mungkin yang mendekati dari sisi keterangannya lho bukan term jawabannya. Sebenarnya saya tidak mau memberi point, itu sebabnya saya beri point 1, karena nol gak ada
1 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2gigi hilang pada roda gigi
M. Laut
5 +1roda gigi yang hilang
Anthony Indra
5roda gigi pelepas kopeling
Hipyan Nopri


  

Answers


6 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
roda gigi yang hilang


Explanation:
Tooth gear adalah roda gigi.

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2008-01-29 05:05:32 GMT)
--------------------------------------------------

"Gear" tidak mesti berbentuk roda Pak, tapi untuk kasus ini memang berbentuk roda gigi. Ada "gear" lain seperti hook style break atau clutching gear yang berbentuk kait (tapi tentunya tidak punya gigi).

Anthony Indra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 14
Notes to answerer
Asker: oh gear itu roda ya ?


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hengky Chiok
23 mins

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
gigi hilang pada roda gigi


Explanation:
tooth / teeth = gigi
gear = roda gigi

Mau istilah yg keren : giginya "somplak" - ada di KBBI.

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2008-01-29 07:13:20 GMT)
--------------------------------------------------

missing - seharusnya terjemahannya : patah

Dengan demikian berarti:
patahnya gigi pada roda gigi

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 81
Grading comment
Thanks atas kontribusi rekan-rekan semua. Sebenarnya semua jawaban tersebut kurang memuaskan bagi saya, tapi ini mungkin yang mendekati dari sisi keterangannya lho bukan term jawabannya. Sebenarnya saya tidak mau memberi point, itu sebabnya saya beri point 1, karena nol gak ada

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Eko: Saya setuju u/ gigi somplak; itu sangat Indonesia dan mudah dimengerti kalangan ybs (bengkel, dst.)
2 hrs
  -> Okay, Erich

agree  Hadiyono Jaqin
1 day 8 hrs

8 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
roda gigi pelepas kopeling


Explanation:
Menurut analisis saya, 'missing' dalam konteks ini sama dengan 'disengaging.' Karena itu,
missing tooth gear = roda gigi pelepas kopeling

Contoh penggunaan istilah 'missing' dan 'disengage/ing' bisa dilihat dalam kutipan berikut:
An 80-tooth, 24-pitch missing tooth gear 96 is rotationally biased in a counter-clockwise ("CCW") direction by biasing means indicated generally by the numeral 97, but held in the *disengaged* ("home") position (shown in FIGS. 3 and 4) by a clapper solenoid 99 abutting a stop 95.
The print head tilt function disengages at the home position when the clapper solenoid is engaged, and the missing tooth portion of missing tooth gear 96 *disengages* from idler gear 94 and is aligned therewith.



    Reference: http://www.patentstorm.us/patents/5820275-description.html
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 143




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search