heated column over

Indonesian translation: oven kolom yang dipanaskan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:heated column over
Indonesian translation:oven kolom yang dipanaskan
Entered by: Kaharuddin

23:43 Oct 20, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering
English term or phrase: heated column over
Kalimat:
Unlike convensional GC, the column is heated directly rather than in an oven. Therefore, the instrument does not possess a heated column over.

Konteks: Gas Chromatography

Mohon pencerahannya :)
Kaharuddin
Indonesia
oven kolom yang dipanaskan
Explanation:

Saya menduga bahwa over ini salah ketik, semestinya oven.

Ini berdasarkan pencarian dengan Google:

"column over" "gas chromatography" - menghasilkan 6 telusuran yang tidak menunjukkan kata benda

"column oven" "gas chromatography" - menghasilkan 218 telusuran yang menunjukkan kata benda.

Kita juga bisa menghubungkan dengan kalimat sebelumnya: heated directly rather than in an oven (= dipanaskan langsung alih-alih di dalam oven). Jadi, tidak perlu ada oven kolom untuk memanaskan kolom.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
thanks
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4elemen pemanas
bayu diantoro
4pemanas kolom
Wiyanto Suroso
4oven kolom yang dipanaskan
Erich Eko
3ruang pemanasan
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
ruang pemanasan


Explanation:
<>

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
heated column oven
oven kolom yang dipanaskan


Explanation:

Saya menduga bahwa over ini salah ketik, semestinya oven.

Ini berdasarkan pencarian dengan Google:

"column over" "gas chromatography" - menghasilkan 6 telusuran yang tidak menunjukkan kata benda

"column oven" "gas chromatography" - menghasilkan 218 telusuran yang menunjukkan kata benda.

Kita juga bisa menghubungkan dengan kalimat sebelumnya: heated directly rather than in an oven (= dipanaskan langsung alih-alih di dalam oven). Jadi, tidak perlu ada oven kolom untuk memanaskan kolom.

Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119
Grading comment
thanks

11 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pemanas kolom


Explanation:
Saya mendukung pendapat rekan kita bahwa semestinya "oven" dan bukan "over" sesuai dengan konteksnya.

"column oven" berpadanan dengan "(elemen) pemanas kolom". Kata "elemen" boleh tidak ditampilkan apabila ingin ringkas. Menurut saya, kata "heated" -untuk memerjelas yang sudah jelas- tidak usah diterjemahkan karena oven itu digunakan untuk memanaskan.

Dalam kalimat yang diberikan: Pada kromatografi gas cara baru, kolom dipanaskan langsung tanpa menggunakan (elemen) pemanas.

Tiga bagian dari alat Kromatografi Gas (GC) yang sangat penting adalah gerbang injeksi (injection port), kolom pemanas (oven column), dan detektor.

http://www.batan.go.id/ptbn/php/pdf-publikasi/Urania-Old-PDF...

Metode ini menggunakan beberapa komponen utama, yaitu tabung sempit yang dikenal sebagai "kolom" (column), oven/elemen pemanas, gas pembawa (carrier gas), dan detektor gas.

http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/126482-R030850.pdf

4.Oven (pemanas), berfungsi untuk memanaskan: Injektor, Kolom, Detektor yang mana alat–alat tersebut dilengkapi dengan Thermostate.

http://ryozone.wordpress.com/gc-trouble-shouting/

Selanjutnya masukkan contoh uji ke dalam pemanas (oven) pada suhu 50 °C ± 2 °C, diamkan selama ± 10 menit.

http://prokum.esdm.go.id/permen/Deperin/2007/Permen-Deperin-...


Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 79

1 day 2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
elemen pemanas


Explanation:
setahu saya bagian ini ada di dalam ruang pemanas...seperti halnya jug water heater yang memiliki elemen ini di dalamnya.

bayu diantoro
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search