Applicable recommended occupational exposure limits

Indonesian translation: batas pajanan kerja rekomendasian yang relevan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:applicable recommended occupational exposure limits
Indonesian translation:batas pajanan kerja rekomendasian yang relevan
Entered by: Erich Eko

17:30 Dec 19, 2014
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering
English term or phrase: Applicable recommended occupational exposure limits
Berikut ini kalimat lengkapnya :

Applicable recommended occupational exposure limits are shown in the table below:

Konteksnya adalah teknik industri/ perusahaan yang menjual berbagai jenis minyak pelumas industri.
Nur Cholis
Indonesia
batas pajanan kerja rekomendasian yang relevan
Explanation:

√ Frasa padu dan inti di sini adalah exposure limit. Pusat Bahasa menyarankan batas pajanan, walau tampaknya batas paparan lebih populer. (Sesuaikan saja dengan maunya klien).

Tantangan di teks pertanyaan terletak di awal: applicable recommended. Seketika akan terpikir adalah yang direkomendasikan yang berlaku. "Masalah" segera terlihat:
(a) ada dua yang, nggak enak terdengarnya;
(b) berlaku terasa otoritatif (memaksa, wajib), padahal ini 'kan sekadar recommended.

Butir pertama bisa dijawab dengan menggunakan cara yang selama ini dilakukan pada penerjemahan consolidated report. Sudah sering frasa ini dijadikan laporan konsolidasian, dengan akhiran -an menunjukkan hasil (konsolidasian = hasil melakukan konsolidasi sehingga terkonsolidasi/consolidated). Dengan demikian rekomendasian = hasil memberikan rekomendasi sehingga terekomendasi/recommended).

√ Yang kedua, kita perlu melihat makna applicable. Menurut Oxford Dictionary: applicable adjective relevant or appropriate. Sementara menurut Cambridge Dictionary: applicable adjective affecting or relating to a person or thing. Saya rasa, jika sekadar rekomendasian, makna yang selaras adalah relevan.

SURJAYA ★★★★★
Dwibahasa: http://www.academia.edu/6363627/PT_UNILEVER_INDONESIA_Tbk_DA...
PT Unilever Indonesia Tbk dan Anak Perusahaan
Laporan Keuangan Konsolidasian 31 Desember 2010 dan 2009
PT Unilever Indonesia Tbk and Subsidiaries
Consolidated Financial Statements As at 31 December 2010 and 2009

http://perpustakaan.litbang.depkes.go.id/otomasi/index.php?p...
Judul: Penelaahan Batas Pajanan (Exposure Limit) Medan Elektromagnetik
Pengarang: Institut Teknologi Bandung


--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2014-12-19 22:16:12 GMT)
--------------------------------------------------

Ups, tertinggal:

https://andinurhasanah.wordpress.com/2013/06/08/audit-keuang...
... difungsikan sebagai konsultan memusatkan perhatiannya pada rekomendasian yang memperbaiki kinerja organisasi.

https://www.infobunda.com/pages/newforum/searchpost.php?key=...
Semuanya dirujuk ke RSIA [da]n dokter rekomendasian bidan...
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Thank you!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5batas pajanan kerja rekomendasian yang relevan
Erich Eko
4batas pemaparan dalam pekerjaan yang disarankan dan sesuai
Achmad Fuad Lubis
4Batas rekomendasi pemberlakuan pemaparan kerja
Tony Bennjamin
3batas saran paparan kerja yang berlaku
Kaharuddin


  

Answers


3 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
applicable recommended occupational exposure limits
batas saran paparan kerja yang berlaku


Explanation:
.

Kaharuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
applicable recommended occupational exposure limits
batas pajanan kerja rekomendasian yang relevan


Explanation:

√ Frasa padu dan inti di sini adalah exposure limit. Pusat Bahasa menyarankan batas pajanan, walau tampaknya batas paparan lebih populer. (Sesuaikan saja dengan maunya klien).

Tantangan di teks pertanyaan terletak di awal: applicable recommended. Seketika akan terpikir adalah yang direkomendasikan yang berlaku. "Masalah" segera terlihat:
(a) ada dua yang, nggak enak terdengarnya;
(b) berlaku terasa otoritatif (memaksa, wajib), padahal ini 'kan sekadar recommended.

Butir pertama bisa dijawab dengan menggunakan cara yang selama ini dilakukan pada penerjemahan consolidated report. Sudah sering frasa ini dijadikan laporan konsolidasian, dengan akhiran -an menunjukkan hasil (konsolidasian = hasil melakukan konsolidasi sehingga terkonsolidasi/consolidated). Dengan demikian rekomendasian = hasil memberikan rekomendasi sehingga terekomendasi/recommended).

√ Yang kedua, kita perlu melihat makna applicable. Menurut Oxford Dictionary: applicable adjective relevant or appropriate. Sementara menurut Cambridge Dictionary: applicable adjective affecting or relating to a person or thing. Saya rasa, jika sekadar rekomendasian, makna yang selaras adalah relevan.

SURJAYA ★★★★★
Dwibahasa: http://www.academia.edu/6363627/PT_UNILEVER_INDONESIA_Tbk_DA...
PT Unilever Indonesia Tbk dan Anak Perusahaan
Laporan Keuangan Konsolidasian 31 Desember 2010 dan 2009
PT Unilever Indonesia Tbk and Subsidiaries
Consolidated Financial Statements As at 31 December 2010 and 2009

http://perpustakaan.litbang.depkes.go.id/otomasi/index.php?p...
Judul: Penelaahan Batas Pajanan (Exposure Limit) Medan Elektromagnetik
Pengarang: Institut Teknologi Bandung


--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2014-12-19 22:16:12 GMT)
--------------------------------------------------

Ups, tertinggal:

https://andinurhasanah.wordpress.com/2013/06/08/audit-keuang...
... difungsikan sebagai konsultan memusatkan perhatiannya pada rekomendasian yang memperbaiki kinerja organisasi.

https://www.infobunda.com/pages/newforum/searchpost.php?key=...
Semuanya dirujuk ke RSIA [da]n dokter rekomendasian bidan...

Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119
Grading comment
Thank you!

10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
applicable recommended occupational exposure limits
Batas rekomendasi pemberlakuan pemaparan kerja


Explanation:
-

Tony Bennjamin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

3 days 9 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
applicable recommended occupational exposure limits
batas pemaparan dalam pekerjaan yang disarankan dan sesuai


Explanation:
applicable: dari Concise Oxford Dictionary padanan a.l. capable of being applied; having reference, appropriate > sesuai / layak dipakai

Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search