triangulates

Indonesian translation: mentriangulasikan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:triangulate
Indonesian translation:mentriangulasikan
Entered by: Erich Eko

03:28 Mar 17, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering
English term or phrase: triangulates
Locator triangulates the location of any object emitting electromagnetic waves.
Aditya Ikhsan Prasiddha
Indonesia
mentriangulasikan
Explanation:

☕ Berhubung triangulasi sudah berterima di KBBI, dengan menggunakan pedoman pembentukan istilah (https://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Pembentukan_Isti... kita boleh menciptakan istilah turunannya, semisal: mentriangulasikan, yang kita maknai sebagai memanfaatkan teknik triangulasi [pada/terhadap].

☕ Mengapa harus menggunakan akhiran -kan? Karena objeknya adalah penderita langsung, bukan tidak langsung (contoh yang setara: menugasi vs. menugaskan).

★彡 SURJAYA
http://www.indotelko.com/kanal?c=pi&it=ponsel-hilang-mungkin...
Kebanyakan ponsel saat ini memiliki sistem pelacakan lokasi yang seringkali menggunakan kombinasi satelit GPS dan men-triangulasi-kan sinyal antara menara seluler terdekat.

http://m.nontonme.com/sub/the-last-ship/S2E6.vtt
Kami mentriangulasikan lokasi kira-kira dari kapal selamnya.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Terima kasih, Mas Erich!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5mentriangulasikan
Erich Eko
5mengukur koordinat dan jarak . . . dengan metode triangulasi
Hipyan Nopri
4melakukan triangulasi [terhadap]
Regi2006


  

Answers


11 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
melakukan triangulasi [terhadap]


Explanation:
KBBI:
tri.a.ngu.la.si
n Komp teknik navigasi yang menggunakan sifat-sifat segitiga trigonometri

--------------------------------------------------
Note added at 13 mins (2017-03-17 03:41:45 GMT)
--------------------------------------------------

Cara Kerja GPS Receiver
Setiap satelit GPS memancarkan sinyal-sinyal gelombang mikro. GPS receiver menggunakan sinyal satelit yang diterima untuk [b]melakukan triangulasi[/b] posisi dengan cara mengukur lama perjalanan waktu sinyal dikirimkan dari satelit, kemudian mengalikannya dengan kecepatan cahaya untuk menentukan secara tepat berapa jauh dirinya dari satelit.
http://allknowledgez.blogspot.co.id/2014/02/uas-radar-dan-na...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 63

13 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
mengukur koordinat dan jarak . . . dengan metode triangulasi


Explanation:
Terjemahannya memang cukup panjang karena tidak ada padanan langsung bahasa Indonesianya.


    https://id.wikipedia.org/wiki/Triangulasi
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 143

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
mentriangulasikan


Explanation:

☕ Berhubung triangulasi sudah berterima di KBBI, dengan menggunakan pedoman pembentukan istilah (https://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Pembentukan_Isti... kita boleh menciptakan istilah turunannya, semisal: mentriangulasikan, yang kita maknai sebagai memanfaatkan teknik triangulasi [pada/terhadap].

☕ Mengapa harus menggunakan akhiran -kan? Karena objeknya adalah penderita langsung, bukan tidak langsung (contoh yang setara: menugasi vs. menugaskan).

★彡 SURJAYA
http://www.indotelko.com/kanal?c=pi&it=ponsel-hilang-mungkin...
Kebanyakan ponsel saat ini memiliki sistem pelacakan lokasi yang seringkali menggunakan kombinasi satelit GPS dan men-triangulasi-kan sinyal antara menara seluler terdekat.

http://m.nontonme.com/sub/the-last-ship/S2E6.vtt
Kami mentriangulasikan lokasi kira-kira dari kapal selamnya.


Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119
Grading comment
Terima kasih, Mas Erich!




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search