Trace

Indonesian translation: perunut, runutan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Trace
Indonesian translation:perunut, runutan
Entered by: Khadis

14:04 Apr 11, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering / road construction machine
English term or phrase: Trace
Istilah ini muncul pada antarmuka pengoperasian alat. Berikut contoh kalimat-kalimatnya:
1. The GSI displays realtime IRI numbers for 2 traces.
2. With a IRI trace from 0 to 75, the corresponding box will be green.
3. The IRI information displayed will correspond to the traces selected.

Istilah ini juga saya temukan pada dokumen berikut: http://www.intrans.iastate.edu/reports/paving_profile.pdf namun saya masih belum bisa mengambil kesimpulan padanan kata "trace" tersebut.
Khadis
Indonesia
perunut, runutan
Explanation:

🏝️ Pada dokumen .pdf yang diberikan, terdapat kata-kata berikut:

Arrangement 1
Four traces mounted to paver:
Trace 1 Inside Lane – Outside Wheelpath
Trace 2 Inside Lane – Inside Wheelpath
Trace 3 Outside Lane – Inside Wheelpath
Trace 8 Outside Lane – Outside Wheelpath


Dapat diduga dengan patut bahwa trace di sini adalah semacam alat yang ditumpangkan pada mesin pengaspal (paver). Fungsinya saya duga adalah merunut aspal yang sudah dilapiskan dan menampilkan kerataannya berupa grafik pada layar. Pada gambar berikut, terlihat hasil deteksi dua trace: https://www.gomaco.com/Resources/worldstories/world39_1/phot...

Sebagai alat, saya usulkan perunut (KBBI: me.ru.nut v mengikuti jejak; jejak di konteks ini menjadi jejak aspal). Saya duga alat ini menggunakan pantulan inframerah untuk menangkap naik-turunnya permukaan jalan.

Di sisi lain, pada pertanyaan, kata-kata With a IRI trace from 0 to 75, the corresponding box will be green lebih cenderung menunjukkan trace sebagai hasil (=grafik yang tampil). Lebih kurang: Dengan runutan IRI dari 0 hingga 75, ... , yakni jika grafik (=runutan) yang dihasilkan berkisaran nilai 0-75.

🏈 Jadi, sangat mungkin bahwa trace bermakna perunut (=alat yang merunut jalan untuk mendeteksi kerataan pengaspalan) di sebagian kalimat, bisa juga bermakna runutan (=grafik yang menunjukkan kerataan pengaspalan) di sebagian kalimat lain.

Kata-kata lain yang semakna: penyusur, penelusur (sayangnya, di KBBI keduanya dibatasi pada mengikuti tepian, padahal trace dilakukan di berbagai bagian jalan). Saat ini, KBBI membatasi perunut pada orang dan bahan kimia. Masyarakat, akan tetapi, menggunakan perunut untuk juga sinar dan alat.

★彡 SURJAYA
http://www.bhataramedia.com/forum/apa-pengertian-perunut-rad...
Perunut radioaktif adalah isotop radioaktif yang ditambahkan dalam bahan kimia atau makhluk hidup guna mempelajari sistem itu.

https://farischarming.wordpress.com/2012/03/29/makalah-gelom...
Sinar gamma dapat digunakan sebagai sistem perunut aliran suatu fluida (misalnya aliran PDAM). Tujuannya untuk mendeteksi adanya kebocoran pipa.

https://app.jumbomark.com/tmas/1500500164
... sarung tangan elektrik; kas register; alat untuk menandai batas kelim; alat perunut digital; bandrol elektronik untuk barang-barang; ...

Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih. Memang, kalau berdasarkan gambar dan mayoritas teks sumber, 'trace' lebih mengarah pada 'alat'. Jadi, saya pilih opsi 'trace' = 'perunut'.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5perunut, runutan
Erich Ekoputra
5alinyemen horizontal
Regi2006
4trase
Hipyan Nopri


  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
trace
trase


Explanation:
trace = trase (garis tengah atau sumbu jalan

Rujukan:
Trase jalan raya atau sering disebut sumbu jalan yaitu berupa garis-garis lurus saling berhubungan yang terdapat pada peta topografi suatu muka tanah dalam perencanaan jalan baru.
http://www.ilmusipil.com/cara-memilih-trase-jalan-baru

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 143

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
trace
alinyemen horizontal


Explanation:
Bab 5 . topik 5.1 4 (alinyemen horizontal). 1. BAB 5; 2. ALINYEMEN HORIZONTAL LAZIM DISEBUT SEBAGAI “TRACE JALAN ATAU GARIS SUMBU JALAN”, YAITU MERUPAKAN GARIS PROYEKSI DARI SUMBU JALAN TEGAK LURUS TERHADAP BIDANG DATAR. 3. Pada umumnya Alinyemen ...
https://www.slideshare.net/keylittleboy/bab-5-topik-51-4-ali...

Regi2006
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 62

14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
trace
perunut, runutan


Explanation:

🏝️ Pada dokumen .pdf yang diberikan, terdapat kata-kata berikut:

Arrangement 1
Four traces mounted to paver:
Trace 1 Inside Lane – Outside Wheelpath
Trace 2 Inside Lane – Inside Wheelpath
Trace 3 Outside Lane – Inside Wheelpath
Trace 8 Outside Lane – Outside Wheelpath


Dapat diduga dengan patut bahwa trace di sini adalah semacam alat yang ditumpangkan pada mesin pengaspal (paver). Fungsinya saya duga adalah merunut aspal yang sudah dilapiskan dan menampilkan kerataannya berupa grafik pada layar. Pada gambar berikut, terlihat hasil deteksi dua trace: https://www.gomaco.com/Resources/worldstories/world39_1/phot...

Sebagai alat, saya usulkan perunut (KBBI: me.ru.nut v mengikuti jejak; jejak di konteks ini menjadi jejak aspal). Saya duga alat ini menggunakan pantulan inframerah untuk menangkap naik-turunnya permukaan jalan.

Di sisi lain, pada pertanyaan, kata-kata With a IRI trace from 0 to 75, the corresponding box will be green lebih cenderung menunjukkan trace sebagai hasil (=grafik yang tampil). Lebih kurang: Dengan runutan IRI dari 0 hingga 75, ... , yakni jika grafik (=runutan) yang dihasilkan berkisaran nilai 0-75.

🏈 Jadi, sangat mungkin bahwa trace bermakna perunut (=alat yang merunut jalan untuk mendeteksi kerataan pengaspalan) di sebagian kalimat, bisa juga bermakna runutan (=grafik yang menunjukkan kerataan pengaspalan) di sebagian kalimat lain.

Kata-kata lain yang semakna: penyusur, penelusur (sayangnya, di KBBI keduanya dibatasi pada mengikuti tepian, padahal trace dilakukan di berbagai bagian jalan). Saat ini, KBBI membatasi perunut pada orang dan bahan kimia. Masyarakat, akan tetapi, menggunakan perunut untuk juga sinar dan alat.

★彡 SURJAYA
http://www.bhataramedia.com/forum/apa-pengertian-perunut-rad...
Perunut radioaktif adalah isotop radioaktif yang ditambahkan dalam bahan kimia atau makhluk hidup guna mempelajari sistem itu.

https://farischarming.wordpress.com/2012/03/29/makalah-gelom...
Sinar gamma dapat digunakan sebagai sistem perunut aliran suatu fluida (misalnya aliran PDAM). Tujuannya untuk mendeteksi adanya kebocoran pipa.

https://app.jumbomark.com/tmas/1500500164
... sarung tangan elektrik; kas register; alat untuk menandai batas kelim; alat perunut digital; bandrol elektronik untuk barang-barang; ...



Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119
Grading comment
Terima kasih. Memang, kalau berdasarkan gambar dan mayoritas teks sumber, 'trace' lebih mengarah pada 'alat'. Jadi, saya pilih opsi 'trace' = 'perunut'.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search