Apply tea bag where cold sore is formed.

Indonesian translation: taruh kantung teh di tempat terbentuknya cold sore

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Apply tea bag where cold sore is formed.
Indonesian translation:taruh kantung teh di tempat terbentuknya cold sore
Entered by: Suki_2005

18:01 Nov 29, 2006
English to Indonesian translations [PRO]
Medical (general) / Remedy
English term or phrase: Apply tea bag where cold sore is formed.
Can this be translated into

"Memakaian teh celup ke bidang di mana luka mulut terbentuk."
Suki_2005
taruh kantung teh di tempat terbentuknya cold sore
Explanation:
Sangat disarankan untuk tidak mengganti istilah cold sore, karena belum ada padanan yang diakui resmi. Paman saya yang dokter tetap menggunakan istilah cold sore, sebagai bentuk dari berkembangnya herpes simpleks.

Kalau sariawan itu 'mouth ulcer'.
Selected response from:

Anthony Indra
Indonesia
Grading comment
thank you!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2taruh kantung teh di tempat terbentuknya cold sore
Anthony Indra
4 +2kompres bagian yang terkena cold sore dengan kantong teh
lwijaya
5tempatkan kantong teh-celup dimana luka (lesi) terbentuk
Harry Hermawan
4 -1tempelkan teh celup di atas luka sariawan.
Abdul Karim


  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): -1
apply tea bag where cold sore is formed.
tempelkan teh celup di atas luka sariawan.


Explanation:
saya pikir, 'tempelkan/menempelkan' lebih pas untuk 'apply'.

Abdul Karim
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
disagree  Anthony Indra: Maaf tidak setuju ya, sebab bahaya kalau terjemahannya keliru fatal. Cold sore bukan sariawan. Beda banget, karena satunya penyakit herpes (yang tidak bisa sembuh), sedangkan satunya penyakit defisiensi umum.
41 mins

disagree  endahws: Saya setuju dengan kata "tempelkan", tetapi tidak setuju dengan penerjemahan "luka sariawan". Di "Buku Pintar Kesehatan" (H.Winter Griffith), Penerbit Arcan 1994, istilah "cold sore" tidak diterjemahkan.
1 hr

agree  Hikmat: tambahkan luka sariawan karena virus herpes...
6 hrs

neutral  Harry Hermawan: http://www.medicastore.com/med/detail_pyk.php?id=&iddtl=138&...
14 hrs

48 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
apply tea bag where cold sore is formed.
taruh kantung teh di tempat terbentuknya cold sore


Explanation:
Sangat disarankan untuk tidak mengganti istilah cold sore, karena belum ada padanan yang diakui resmi. Paman saya yang dokter tetap menggunakan istilah cold sore, sebagai bentuk dari berkembangnya herpes simpleks.

Kalau sariawan itu 'mouth ulcer'.

Anthony Indra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12
Grading comment
thank you!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  endahws: Tapi Pak, mohon ganti kata "taruh" dengan "tempel" karena lebih "halus" untuk konteks ini. Sedangkan di belakang kata "cold sore" diberi penjelasan "infeksi virus umum yang menular" (ini defns dari buku kedoktran, boleh juga tanya sama si Oom lagi)
55 mins

agree  Hipyan Nopri: Stju dg Endah. "Taruh' sebaiknya diganti 'tempelkan'; 'cold sore' = 'herpes mulut' = 'herpes labial' (Kms Kprwtn, Hinchliff 1999; Kms Saku Kdktrn Dorland, Kumala dkk. 1998; Kms Kdktrn Gigi, Harty & Ogston, 1995; k3nya trbtn EGC). Tdk ush tnya Om Endah.:)
6 hrs

12 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
apply tea bag where cold sore is formed.
kompres bagian yang terkena cold sore dengan kantong teh


Explanation:
maaf, saya tidak yakin tentang 'cold sore', tapi saya rasa 'kompres' adalah padanan yang tepat untuk 'apply' dalam konteks ini

lwijaya
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri: Benar, 'kompres' juga pilihan yang bagus.
1 hr

agree  Hadiyono Jaqin
3 hrs

13 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
apply tea bag where cold sore is formed.
tempatkan kantong teh-celup dimana luka (lesi) terbentuk


Explanation:
Apply (put)/tea bag/where/cold sore/is formed=
Tempatkan/kantong teh-celup/dimana/luka (lesi)/terbentuk

Hope this helps


    Reference: http://www.medicastore.com/med/detail_obat.php?id=&iddtl=&id...
Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 8




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search