Allied health

Indonesian translation: tenaga pendukung kesehatan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Allied health
Indonesian translation:tenaga pendukung kesehatan
Entered by: Christianna Braithwaite

10:12 Jun 23, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Medical (general)
English term or phrase: Allied health
Mohon bantuannya untuk kata di atas. Di Australia, Allied Health ini mengacu ke praktisi medis yang BUKAN merupakan dokter/perawat/dokter gigi. Contoh-contohnya adalah: podiatris, optometris, ahli fisio, dsb.

http://www.rcna.org.au/scholarships/allied_health

Di Indonesia, biasanya disebut apa ya, 'allied health' ini, jika artinya seperti yang saya jelaskan di atas?

TIA.
Christianna Braithwaite
Australia
tenaga pendukung kesehatan
Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2009-06-23 11:34:59 GMT)
--------------------------------------------------

Memang sulit sekali mencari padanan untuk 'allied health professional'.
Menurut PP No. 32/1996, tenaga kesehatan di Indonesia mencakup tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga gizi, tenaga keterapian fisik, serta tenaga keteknisan medis.
Dg kata lain, 'allied health professionals' masuk dalam kategori 'tenaga kesehatan' di Indonesia karena semua orang yg pekerjaannya berkaitan dg bidang kesehatan dinamakan 'tenaga kesehatan'.
Namun demikian, dalam usaha memberikan nuansa makna dari 'allied health professional, saya mengusulkan padanan seperti di atas.
Hal ini dilandasi pertimbangan bahwa 'allied health professionals' lebih merupakan pendukung bagi 'tenaga kesehatan'.

Ref.:
Allied Health: Refers to occupations that support, aid and increase the efficiency of the physician or dentist or primary clinical specialist. Professions not included in Allied Health are physicians, dentists, registered/advanced nurses, pharmacists, and psychologists.
http://lib.ucr.edu/depts/acquisitions/YBP NSP GLOSSARY EXTER...

Jenis tenaga kesehatan di Indonesia terdiri dari: tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga kefarmasian, tenaga kesefiatan masyarakat, tenaga gizi, tenaga keterapian fisik, serta tenaga keteknisan medis.
http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=viewartic...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1tenaga pendukung kesehatan
Hipyan Nopri
5pekerja kesehatan pembantu
Hikmat Gumilar
5tenaga kesehatan lain-lain
Wiyanto Suroso
4tenaga penunjang medis
Erich Eko
3tenaga kesehatan pendukung
Ikram Mahyuddin


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
allied health
tenaga pendukung kesehatan


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2009-06-23 11:34:59 GMT)
--------------------------------------------------

Memang sulit sekali mencari padanan untuk 'allied health professional'.
Menurut PP No. 32/1996, tenaga kesehatan di Indonesia mencakup tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga gizi, tenaga keterapian fisik, serta tenaga keteknisan medis.
Dg kata lain, 'allied health professionals' masuk dalam kategori 'tenaga kesehatan' di Indonesia karena semua orang yg pekerjaannya berkaitan dg bidang kesehatan dinamakan 'tenaga kesehatan'.
Namun demikian, dalam usaha memberikan nuansa makna dari 'allied health professional, saya mengusulkan padanan seperti di atas.
Hal ini dilandasi pertimbangan bahwa 'allied health professionals' lebih merupakan pendukung bagi 'tenaga kesehatan'.

Ref.:
Allied Health: Refers to occupations that support, aid and increase the efficiency of the physician or dentist or primary clinical specialist. Professions not included in Allied Health are physicians, dentists, registered/advanced nurses, pharmacists, and psychologists.
http://lib.ucr.edu/depts/acquisitions/YBP NSP GLOSSARY EXTER...

Jenis tenaga kesehatan di Indonesia terdiri dari: tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga kefarmasian, tenaga kesefiatan masyarakat, tenaga gizi, tenaga keterapian fisik, serta tenaga keteknisan medis.
http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=viewartic...

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 36

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rizqi Akbarini: setuju
1 hr
  -> Terima kasih, Rizqi.

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
allied health
tenaga kesehatan lain-lain


Explanation:
Mengingat bahwa istilah "tenaga kesehatan" telah mencakup seluruh pekerja kesehatan, saya mengusulkan istilah yang mendekati makna "allied health", yaitu "tenaga kesehatan lain-lain".

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 31

5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
allied health
pekerja kesehatan pembantu


Explanation:
<>

Hikmat Gumilar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 12

19 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
allied health
tenaga kesehatan pendukung


Explanation:
saya menemukan dua rujukan di gugel

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 28

23 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
allied health professional
tenaga penunjang medis


Explanation:
Ya, benar. Ini orang2 yang bekerja di bidang penunjang, seperti lab, radiologi, fisioterapi, medical record keeper, dst.

Dalam kutipan di bawah, terlihat klasifikasi pekerja di RS.



Example sentence(s):
  • Adanya peningkatan jumlah tenaga medis, tenaga perawatan, tenaga penunjang medis dan penunjang non medis serta tenaga administrasi...

    Reference: http://www.papua.go.id/rsudjyp/targetutama.html
Erich Eko
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 102




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search