Street value

Indonesian translation: harga pasar gelap

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Street value
Indonesian translation:harga pasar gelap
Entered by: Norazilinah Ingram

20:33 May 2, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Military / Defense
English term or phrase: Street value
The street value of the cocaine, shipped from South America to the South Pacific, was estimated at U.S. $260 million.

What is the translation of the "street value" in this sentence" that is most appropriate to use?
Norazilinah Ingram
United States
harga pasar gelap
Explanation:
Harga pasar gelap atau harga di pasar gelap.

Pasar gelap ialah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tak sah. Barang-barangnya sendiri bisa ilegal, seperti penjualan senjata atau obat-obatan terlarang; barang dagangan bisa curian; atau barang dagangan barangkali sebaliknya merupakan barang resmi yang dijual secara gelap untuk menghindari pembayaran pajak atau syarat lisensi, seperti rokok atau senjata api tak terdaftar.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_gelap

Jan 8, 2013 - "Setelah dites, serbuk kecokelatan itu merupakan narkotika jenis ... Adapun harga heroin di pasar gelap ditaksir mencapai Rp 2,3 juta per gram ...
http://regional.kompas.com/read/2013/01/08/17183073/Heroin.S...

Bahkan ketika pusat-pusat rehabilitasi untuk menolong pecandu narkoba ... peredaran narkoba, harga narkoba di pasar gelap malah jadi semakin tinggi.
https://books.google.co.id/books?id=PPWxoo03XbgC&pg=PA64&lpg...

Mar 9, 2017 - Perdagangan pasar gelap berkisar mulai dari senjata, narkoba, ... Harga barang dan jasa dalam pasar gelap tergantung pada status produk ...
https://vartikel.com/22237/dampak-pasar-gelap-bagi-perekonom...

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2017-05-03 01:28:48 GMT)
--------------------------------------------------

Street value memiliki konotasi negatif, sehingga padanan Indonesianya juga harus memiliki makna/konotasi yang negatif.
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5nilai (harga) pasar
Hipyan Nopri
5harga pasar gelap
Regi2006
4nilai penjualan
Joe Ly Sien


Discussion entries: 1





  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
street value
nilai (harga) pasar


Explanation:
Street value = the price that is paid for something illegal, especially a drug, by the person who uses it.

Thus, the Indonesian equivalent is nilai or harga pasar.

Rujukan:
http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/street-va...

Kenyataan ini menimbulkan kesimpulan “enormous profits are invoved in the drug trade”- di Amerika Serikat setiap tahun masuk secara gelap/illegal -/+ 60 ton
cocaine, yang punya *nilai pasar* (street value) US$ 17 Milyar.
https://perpustakaan.setneg.go.id/repository/buku_pprh_-_mr....

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
street value
harga pasar gelap


Explanation:
Harga pasar gelap atau harga di pasar gelap.

Pasar gelap ialah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tak sah. Barang-barangnya sendiri bisa ilegal, seperti penjualan senjata atau obat-obatan terlarang; barang dagangan bisa curian; atau barang dagangan barangkali sebaliknya merupakan barang resmi yang dijual secara gelap untuk menghindari pembayaran pajak atau syarat lisensi, seperti rokok atau senjata api tak terdaftar.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_gelap

Jan 8, 2013 - "Setelah dites, serbuk kecokelatan itu merupakan narkotika jenis ... Adapun harga heroin di pasar gelap ditaksir mencapai Rp 2,3 juta per gram ...
http://regional.kompas.com/read/2013/01/08/17183073/Heroin.S...

Bahkan ketika pusat-pusat rehabilitasi untuk menolong pecandu narkoba ... peredaran narkoba, harga narkoba di pasar gelap malah jadi semakin tinggi.
https://books.google.co.id/books?id=PPWxoo03XbgC&pg=PA64&lpg...

Mar 9, 2017 - Perdagangan pasar gelap berkisar mulai dari senjata, narkoba, ... Harga barang dan jasa dalam pasar gelap tergantung pada status produk ...
https://vartikel.com/22237/dampak-pasar-gelap-bagi-perekonom...

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2017-05-03 01:28:48 GMT)
--------------------------------------------------

Street value memiliki konotasi negatif, sehingga padanan Indonesianya juga harus memiliki makna/konotasi yang negatif.

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

6 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
street value
nilai penjualan


Explanation:
Street value dalam kalimat di atas lebih tepat bila diterjemahkan sebagai nilai penjualan (sales value).

--------------------------------------------------
Note added at 6 jam (2017-05-03 03:03:51 GMT)
--------------------------------------------------

Definisi street value adalah nilai penjualan narkoba/obat-obatan terlarang, namun karena sudah diberi kata keterangan kokain di sana, maka cukup dipadankan dengan nilai penjualan, penerjemahan juga harus mengikuti konteks kalimat sumbernya.

Referensi 1 : http://www.thefreedictionary.com/street value
Referensi 2 : http://www.macmillandictionary.com/dictionary/british/street...

Contoh kalimat : Jika Kartel Narkoba adalah sebuah negara, dengan nilai penjualan sebesar itu, maka mereka berada di daftar 40 negara terkaya. Di Inggris sendiri, nilai penjualan narkoba US$ 7.4 triliun,

Joe Ly Sien
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search