Coolant tramp oil recovery

Indonesian translation: pengumpulan minyak pencemar pada cairan pendingin

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Coolant tramp oil recovery
Indonesian translation:pengumpulan minyak pencemar pada cairan pendingin
Entered by: David Andersen

03:12 Apr 9, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Petroleum Eng/Sci
English term or phrase: Coolant tramp oil recovery
Dalam brosur Oily Water Separator ada daftar tempat dan proses di mana produk tersebut dapat dipakai. Istiliah ini merupakan salah satu item di daftar tersebut
David Andersen
Australia
pengumpulan minyak pencemar pada cairan pendingin
Explanation:

Pemenggalan frasa adalah sbb.: [coolant] [tramp oil] [recovery]

coolant adalah cairan pendingin. Bentuknya bisa minyak (oil coolant) atau air yang mengandung zat kimia pendingin.

tramp oil di dalam konteks ini adalah minyak yang "mengembara" (tramping) dari tempatnya yang seharusnya. Misalnya, pelumas mesin atau hidrolik yang bocor ke saluran cairan pendingin (atau, pada Ref 1, plastik film yang terlarut dalam minyak). Secara umum, minyak yang tersesat ini dianggap sebagai contaminant atau pencemar karena dapat antara lain menutupi permukaan cairan pendingin (Ref 2).

recovery di dalam konteks pencemaran dapat diartikan sebagai pengumpulan. Contohnya, pada pencemaran minyak mentah di laut (Ref 3). Pada kasus tramp oil, minyak pencemar ini kemungkinan besar hanya bisa dibuang atau didaur ulang, tidak bisa langsung dipakai ulang.

Ref 1: http://www.zebraskimmers.com/tramp_oil.htm
Tramp oil originates as lubrication oil seeps out from the slide-ways and washes into the coolant mixture, or as the protective film with which the steel supplier coats the bar stock to prevent rusting, or as hydraulic oil leaks.

Ref 2: http://www.trampoilskimmers.co.uk/
The main cause of coolant deterioration is oil contamination from slideways, hydraulic leaks and component residues. This oil effectively seals the surface of the coolant depriving it from oxygen and light which creates an ideal environment for anaerobic bacterial growth.

Ref 3: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Research-11015-132125668...
...pengembangan teknologi yang bisa dipergunakan dalam pengumpulan tumpahan minyak (oil spill recovery) di samping pengembangan sistem manajemen resiko yang meliputi tata organisasi dan prosedur penanggulangannya.

Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
As always keen insight and excellent background quotes
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4pengumpulan minyak pencemar pada cairan pendingin
Erich Eko
4pemulihan oli aliran cairan pendingin
M. Laut
3pembersihan oli saluran pendingin
Ahmad Ridwan Munib
3pembersihan dari oli kotor pendingin
Ikram Mahyuddin


  

Answers


4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
coolant tramp oil recovery
pembersihan dari oli kotor pendingin


Explanation:
imo

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

6 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
coolant tramp oil recovery
pembersihan oli saluran pendingin


Explanation:
IMHO

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
coolant tramp oil recovery
pemulihan oli aliran cairan pendingin


Explanation:
tramp > terjemahannya - pengembara
Saya ganti di atas menjadi "aliran"

Saya harap ada gunanya. -

--------------------------------------------------
Note added at 2 jam (2013-04-09 05:13:06 GMT)
--------------------------------------------------

recovery = perolehan

Tergantung konteks kalimatnya -

--------------------------------------------------
Note added at 13 jam (2013-04-09 16:43:13 GMT)
--------------------------------------------------

Respon saya terakhir:

" ganti oli aliran cairan pendingin "

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 12

13 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
coolant tramp oil recovery
pengumpulan minyak pencemar pada cairan pendingin


Explanation:

Pemenggalan frasa adalah sbb.: [coolant] [tramp oil] [recovery]

coolant adalah cairan pendingin. Bentuknya bisa minyak (oil coolant) atau air yang mengandung zat kimia pendingin.

tramp oil di dalam konteks ini adalah minyak yang "mengembara" (tramping) dari tempatnya yang seharusnya. Misalnya, pelumas mesin atau hidrolik yang bocor ke saluran cairan pendingin (atau, pada Ref 1, plastik film yang terlarut dalam minyak). Secara umum, minyak yang tersesat ini dianggap sebagai contaminant atau pencemar karena dapat antara lain menutupi permukaan cairan pendingin (Ref 2).

recovery di dalam konteks pencemaran dapat diartikan sebagai pengumpulan. Contohnya, pada pencemaran minyak mentah di laut (Ref 3). Pada kasus tramp oil, minyak pencemar ini kemungkinan besar hanya bisa dibuang atau didaur ulang, tidak bisa langsung dipakai ulang.

Ref 1: http://www.zebraskimmers.com/tramp_oil.htm
Tramp oil originates as lubrication oil seeps out from the slide-ways and washes into the coolant mixture, or as the protective film with which the steel supplier coats the bar stock to prevent rusting, or as hydraulic oil leaks.

Ref 2: http://www.trampoilskimmers.co.uk/
The main cause of coolant deterioration is oil contamination from slideways, hydraulic leaks and component residues. This oil effectively seals the surface of the coolant depriving it from oxygen and light which creates an ideal environment for anaerobic bacterial growth.

Ref 3: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Research-11015-132125668...
...pengembangan teknologi yang bisa dipergunakan dalam pengumpulan tumpahan minyak (oil spill recovery) di samping pengembangan sistem manajemen resiko yang meliputi tata organisasi dan prosedur penanggulangannya.



Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 35
Grading comment
As always keen insight and excellent background quotes




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search