bend the fabric of space

Indonesian translation: melekukkan anyaman (struktur) ruang

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:bend the fabric of space
Indonesian translation:melekukkan anyaman (struktur) ruang
Entered by: Kaharuddin

06:23 Apr 14, 2010
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Physics
English term or phrase: bend the fabric of space
Two centuries later, Albert Einstein took things to another dimension. He theorized that large bodies like the sun actually bend the fabric of space. The planets follow the curves as does light itself

Konteks: gravitasi (bumi/matahari)

Makasih bantuannya
Kaharuddin
Indonesia
melekukkan anyaman ruang
Explanation:
Ruang memang adalah anyaman (fabric) gaya-gaya semesta. Fisikawan membayangkan ruang di alam ini sebagai satu kain panjang. Medan gravitasi itu sama dengan bola di atas kain, membuatnya tertekan, namun tidak dapat membuatnya sobek.

U/ ilustrasi, silakan lihat gambar-gambar berikut. Bonus: foto Einstein!

http://rrrgroup.homestead.com/fabric5.jpg
http://gravitationalpropulsion.com/2 Objects.jpg

Ref:
http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&11003...

Bentuk susunan anyaman ruang dan waktu ini sangat dipengaruhi oleh distribusi massa atau energi yang berada di dalam medan 4-dimensi ini. Benda angkasa seperti matahari akan melekukkan medan ini. Efek lekukannya bisa dibayangkan seperti lekukkan permukaan kasur karet yang disebabkan oleh bola bowling di atasnya. Sebagai perhatian, gambaran lekukan kasur dua dimensi ini hanyalah untuk menyederhanakan gambaran lekukan 4-dimensi yang sulit dibayangkan. Fenomena ini lebih dikenal sebagai warped space time atau ruang-waktu yang terlekuk.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5melengkungkan struktur/pola ruang angkasa
Sutarto
5membengkokan dimensi ruang
l08l
4 +1melekukkan anyaman ruang
Erich Ekoputra
4melengkungkan ruang di sekitarnya
Wiyanto Suroso
4menuju ke bentuk lapisan di ruang angkasa.
M. Laut
3melekukkan ruang
Ferry Toar
3membengkokkan ruang
Ikram Mahyuddin


  

Answers


50 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
menuju ke bentuk lapisan di ruang angkasa.


Explanation:
..........

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4
Notes to answerer
Asker: makasih Pak


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
membengkokkan ruang


Explanation:
Einstein dlm Relativitas Umum-nya antara lain menyatakan bahwa ruang melengkung ... gaya gravitas yg kemudian men-distort/membengkokkan ruang di sekitarnya; maka terdapat ruang melengkung di seputar bintang2, matahari, planet2, ...

itb@itb.ac.id/msg09590.html" rel="nofollow noopener" target="_blank">www.mail-archive.com/itb@itb.ac.id/msg09590.html

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Notes to answerer
Asker: makasih mas Ikram


2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
melengkungkan ruang di sekitarnya


Explanation:
Sebenarnya 'fabric' dalam hal ini bermakna "susunan", namun kurang mengena bila diterjemahkan menjadi "melengkungkan susunan ruang". Lazim diterjemahkan sebagai "melengkungkan ruang di sekitarnya".

Teori Einstein secara akurat memprediksi bagaimana gravitasi matahari melengkungkan ruang di sekitarnya dan menyebabkan posisi Merkurius menjadi lain daripada yang diprediksi oleh hukum Newton.

http://henkykuntarto.wordpress.com/2009/12/06/bagaimana-fisi...

Dalam bahasa yang sederhana, kehadiran massa akan melengkungkan ruang dan waktu di sekitarnya.

http://www.saykulji28.blogdrive.com/

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
Notes to answerer
Asker: Makasih pak Wiyanto


5 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
melekukkan ruang


Explanation:
Di situs terlampir, disebut-sebut istilah warped space time yang pengertiannya serupa. Disebut-sebut juga istilah kurva, jadi cukup banyak pilihan konversi.

Example sentence(s):
  • ... melainkan karena planet-planet ini bergerak mengikuti kontur medan ruang dan waktu yang terlekuk di sekitar matahari.

    Reference: http://www.kamusilmiah.com/fisika/menguji-teori-gravitasi-ei...
Ferry Toar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3

6 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
melekukkan anyaman ruang


Explanation:
Ruang memang adalah anyaman (fabric) gaya-gaya semesta. Fisikawan membayangkan ruang di alam ini sebagai satu kain panjang. Medan gravitasi itu sama dengan bola di atas kain, membuatnya tertekan, namun tidak dapat membuatnya sobek.

U/ ilustrasi, silakan lihat gambar-gambar berikut. Bonus: foto Einstein!

http://rrrgroup.homestead.com/fabric5.jpg
http://gravitationalpropulsion.com/2 Objects.jpg

Ref:
http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&11003...

Bentuk susunan anyaman ruang dan waktu ini sangat dipengaruhi oleh distribusi massa atau energi yang berada di dalam medan 4-dimensi ini. Benda angkasa seperti matahari akan melekukkan medan ini. Efek lekukannya bisa dibayangkan seperti lekukkan permukaan kasur karet yang disebabkan oleh bola bowling di atasnya. Sebagai perhatian, gambaran lekukan kasur dua dimensi ini hanyalah untuk menyederhanakan gambaran lekukan 4-dimensi yang sulit dibayangkan. Fenomena ini lebih dikenal sebagai warped space time atau ruang-waktu yang terlekuk.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin: satuju, mister
1 day 19 hrs

10 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
melengkungkan struktur/pola ruang angkasa


Explanation:
fabric = struktur.
Babylon English
cloth made of woven threads; textile, weave; structure, framework; construction

WordNet 2.0
(hypernym) structure



Sutarto
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

23 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
membengkokan dimensi ruang


Explanation:
gitu dehh...

l08l
United States
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search