insulated

Indonesian translation: berisolasi

11:20 Sep 23, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Safety
English term or phrase: insulated
Apa padanan yang paling umum untuk "insulated hat/gloves/shoes/clothing"?

Perlengkapan ini dipakai untuk melindungi pekerja dari sengatan listrik.
Dini Yulianti
Indonesia
Indonesian translation:berisolasi
Explanation:
KBBI daring menyebut padanan yang sesuai untuk sifat menyekat aliran listrik yaitu berisolasi

Ref: http://kbbi.web.id/isolasi
isolasi/iso·la·si/ n 1 pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dr manusia lain; pengasingan; pe-mencilan; pengucilan;2 keadaan terpencilnya satu wilayah krn jauh dr hubungan lalu lintas; 3 penyekatan (pengham-batan atau penahanan) arus listrik oleh suatu bahan sehingga arus itu tidak dapat mengalir; 4 Ikn pemisahan satu kelom-pok ikan dr kelompok ikan lain sehingga perkawinan antarkelompok dapat dihindari;

mengisolasi/meng·i·so·la·si/ v mengisolasikan;

mengisolasikan/meng·i·so·la·si·kan/ v mengasingkan; memencilkan: peme-rintah kolonial ~ tokoh pergerakan kebangsaan di tempat pengasingan;
terisolasi/ter·i·so·la·si/ a terasing; terpencil: penduduk daerah pedalaman itu hidupnya ~ dr dunia luar;pengisolasi/peng·i·so·la·si/ n alat untuk menyekat (arus listrik); isolator;pengisolasian/peng·i·so·la·si·an/ n proses, cara, perbuatan mengisolasi;
Jadi padanan kalimat konteks: Topi, sarung-tangan, sepatu dan pakaian berisolasi;
IMHO.
Selected response from:

Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Pak Achmad dan rekan-rekan lain atas sarannya.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1berisolasi
Achmad Fuad Lubis
5pelindung
Yuliana Wati
5insulasi atau isolasi
Dani Karuniawan
3 +1berinsulasi
Muhammad Iwan Munandar


  

Answers


6 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pelindung


Explanation:
Jika konteksnya adalah pakaian untuk melindungi dari sengatan listrik, saya rasa bisa menggunakan kata topi/sarung tangan/pakaian pelindung.

Salah satu arti kata insulate adalah: protect from heat, cold, or noise by surrounding with insulating material; "We had his bedroom insulated before winter came"


    Reference: http://www.thefreedictionary.com/insulate
Yuliana Wati
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  M. Laut
10 mins

disagree  Dani Karuniawan: Sarung tangan pelindung berbeda makna dengan sarung tangan isolasi (nama pasar) alias sarung tangan insulasi (istilah teknis).
1 day 20 hrs

6 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
berinsulasi


Explanation:
http://www.kateglo.com/?phrase=insulate&mod=glossary


--------------------------------------------------
Note added at 25 mins (2015-09-23 11:45:18 GMT)
--------------------------------------------------

Insulasi beragam wujudnya. 'berinsulasi' dipasangkan dengan sejumlah benda.

Contoh:
Gunakan tangga berinsulasi apabila mengangkut benda-benda yang bermuatan listrik. 3. Pastikan ..... hitam, topi dan gunakan losion/cairan pelindung kulit, dll. ...
http://www.oshc.org.hk/others/bookshelf/cb1301o.pdf

Palka atau peti yang dikembangkan dengan bahan poly-uretan diberi nama Palka/Peti Berinsulasi.
http://www.indonesianship.com/beritaisi.php?ID=221

Kini tersedia mobil berinsulasi di Muara Angke
http://pipp.djpt.kkp.go.id/profilpelabuhan/informasi/1972/be...

PT. XXX, pelopor sistem bangunan komposit tahan gempa berinsulasi thermal dan akustik EPS 3D Panel di Indonesia.
http://www.betonworks.co.id/about-us/?lang=id

Muhammad Iwan Munandar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  SitiSingapura: this is grammatically more accurate
13 mins

58 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
berisolasi


Explanation:
KBBI daring menyebut padanan yang sesuai untuk sifat menyekat aliran listrik yaitu berisolasi

Ref: http://kbbi.web.id/isolasi
isolasi/iso·la·si/ n 1 pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dr manusia lain; pengasingan; pe-mencilan; pengucilan;2 keadaan terpencilnya satu wilayah krn jauh dr hubungan lalu lintas; 3 penyekatan (pengham-batan atau penahanan) arus listrik oleh suatu bahan sehingga arus itu tidak dapat mengalir; 4 Ikn pemisahan satu kelom-pok ikan dr kelompok ikan lain sehingga perkawinan antarkelompok dapat dihindari;

mengisolasi/meng·i·so·la·si/ v mengisolasikan;

mengisolasikan/meng·i·so·la·si·kan/ v mengasingkan; memencilkan: peme-rintah kolonial ~ tokoh pergerakan kebangsaan di tempat pengasingan;
terisolasi/ter·i·so·la·si/ a terasing; terpencil: penduduk daerah pedalaman itu hidupnya ~ dr dunia luar;pengisolasi/peng·i·so·la·si/ n alat untuk menyekat (arus listrik); isolator;pengisolasian/peng·i·so·la·si·an/ n proses, cara, perbuatan mengisolasi;
Jadi padanan kalimat konteks: Topi, sarung-tangan, sepatu dan pakaian berisolasi;
IMHO.

Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3
Grading comment
Terima kasih Pak Achmad dan rekan-rekan lain atas sarannya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Ekoputra: Istilah sepatu berisolasi dipakai oleh a.l. PLN (http://lsp-userpln.co.id/materi/Skema Pemeliharaan Distribus...
9 hrs
  -> Terima kasih pak Erich

1 day 20 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
insulasi atau isolasi


Explanation:
Istilah teknisnya, sarung tangan insulasi, sedangkan bahasa pasarannya, sarung tangan isolasi.

Untuk teks teknik, gunakan sarung tangan insulasi. Untuk materi promosi, gunakan sarung tangan isolasi.

Dani Karuniawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search