bolt

Indonesian translation: kilatan petir

08:51 Jul 18, 2010
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Science (general) / cell phone
English term or phrase: bolt
Tentang guntur

A bolt may reach over 5 miles in length...
Several million bolts reach earth each day.

Apa ya maksudnya 'bolt' disini?
Thanks.
Yohanes Sutopo
Indonesian translation:kilatan petir
Explanation:
Saya kira “bolt” di sini merujuk pada petir (bukan guntur), dalam bahasa Inggris disebut “lightning bolt” atau “bolt of lightning”. Itu lho, yang seperti huruf z yang memanjang ke bawah.
Selected response from:

Ian Forbes
New Zealand
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1ledakan petir
Sutarto
5kilat
Wiyanto Suroso
3 +2kilatan petir
Ian Forbes
3gledek (sambaran petir)
Ikram Mahyuddin


  

Answers


5 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
ledakan petir


Explanation:
Concise Oxford English Dictionary
a flash of lightning across the sky

alternatif: guruh

Sutarto
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 10

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  M. Laut
55 mins
  -> Terima kasih, Pak Laut :-)

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +2
kilatan petir


Explanation:
Saya kira “bolt” di sini merujuk pada petir (bukan guntur), dalam bahasa Inggris disebut “lightning bolt” atau “bolt of lightning”. Itu lho, yang seperti huruf z yang memanjang ke bawah.


    Reference: http://rangga19.wordpress.com/2009/02/03/efek-kilatan-petir/
Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4
Grading comment
Thanks.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Mohammad Renaldi Diponegoro: thunderbolt sama tidak pak Ian ?
3 hrs
  -> Beda sedikit menurut saya. Thunderbolt adalah kilatan petir yang disertai guruh dan thunderclap adalah bunyi geledek guruh yang disebabkan petir, sementara lightning bolt adalah kilatan petir saja (entah disertai guruh atau tidak).

agree  Arfan Achyar
19 hrs
  -> Thanks Arfan

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
kilat


Explanation:
Halilintar atau petir itu terdiri dari kilat (berupa kilatan listrik) yang disertai/diikuti dengan guntur/guruh/geledek (suara menggemuruh). Yang memiliki panjang ialah kilat.

Fenomena ini terjadi saat bersamaan dengan kilatan petir, tetapi suara gemuruhnya biasanya terdengar beberapa saat setelah kilatan terlihat.

http://kacungdankampret.blogspot.com/

Manakala petir menggelegar di langit akan terlihat kilatan bersinar sebagai sebuah lompatan listrik bertegangan tinggi yang akan hilang begitu saja tanpa harus mengenai kita.

http://isyraq.wordpress.com/2008/03/11/menyibak-sengatan-kil...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
gledek (sambaran petir)


Explanation:
rasanya "sambaran" cukup nyambung dengan "menjangkau"

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search