hotspot

Indonesian translation: topik hangat

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:hotspot
Indonesian translation:topik hangat
Entered by: Kaharuddin

01:24 Jul 2, 2010
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: hotspot
In cooperation with the marine research institute MARUM we're presenting a series on hotspots in ocean research.

Hotspot = titik panas??
Kaharuddin
Indonesia
topik hangat
Explanation:
Atau bahasan hangat, bincangan hangat, butir hangat, poin hangat. Pokoknya yang hangat-hangat keras ...

Ups kok jadi antitesis motto permen Kino (dingin-dingin empuk) :P
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Saya menyukai 'topik hangat'.. Makasih mas Erich
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5titik penting
Sutarto
5bidang sulit
Wiyanto Suroso
4 +1hal penting
Vincentius Mariatmo
4pelat panas
M. Laut
4topik hangat
Erich Ekoputra
3Daerah Penelitian
Ridha Harwan
3daerah penting
Ikram Mahyuddin


  

Answers


4 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
titik penting


Explanation:
Alternatif lain: titik pencarian, titik penelitian, titik kajian, titik fokus.

Sutarto
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Notes to answerer
Asker: Makasih brother


23 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
hal penting


Explanation:
In cooperation with the marine research institute MARUM we're presenting a series on hotspots in ocean research.

Bekerjasama dengan institut penelitian maritim MARUM, kami memaparkan beberapa hal penting dalam bidang penelitian kelautan.


Tanpa mengetahui konteks materi keseluruhan, saya rasa terjemahan di atas sudah cukup tepat. Namun jika materi terjemahan tentang bahaya penelitian, saya rasa "hotspot" dapat diartikan sebagai "tempat/titik berbahaya"

Bekerjasama dengan institut penelitian maritim MARUM, kami memaparkan beberapa titik berbahaya dalam bidang penelitian kelautan.


Semoga membantu ^^

Vincentius Mariatmo
Native speaker of: Indonesian
Notes to answerer
Asker: Makasih pak


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Agung Swiyanto
2 hrs
  -> Terima kasih :)

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pelat panas


Explanation:
Diambil dari kamus teknik

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 41

5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
bidang sulit


Explanation:
'hotspot' juga berpadanan 'predicament', yang berarti keadaan yang sulit.

Dalam hal ini, riset dilakukan di laut dalam, kutub, ngarai, lereng. Silakan melihat di: http://www.marine.ie/NR/rdonlyres/E9B91EEA-8AA0-480E-8E8B-94...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
topik hangat


Explanation:
Atau bahasan hangat, bincangan hangat, butir hangat, poin hangat. Pokoknya yang hangat-hangat keras ...

Ups kok jadi antitesis motto permen Kino (dingin-dingin empuk) :P

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 94
Grading comment
Saya menyukai 'topik hangat'.. Makasih mas Erich

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
daerah penting


Explanation:
Cobalah simak definisi di bawah ini yang saya ambil dari define: google, siapa tahu ada yang lebih sesuai dengan konteksnya
in geology, a hotspot or hot spot is a portion of the Earth's surface that may be far from tectonic plate boundaries and that experiences volcanism due to a rising mantle plume.
en.wikipedia.org/wiki/Hotspot_(geology)

A hotspot is a shallow area of molten rock below Earth's surface that persists long enough to leave a record of uplift and volcanic activity over a long period of time. ...
www.nps.gov/archive/yell/insideyellowstone/glossary.htm

--------------------------------------------------
Note added at 13 jam (2010-07-02 14:56:45 GMT)
--------------------------------------------------

bisa juga lokasi penting atau tempat penting

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

2 days 11 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Daerah Penelitian


Explanation:
n cooperation with the marine research institute MARUM.....
Berdasarkan kalimat sebelumnya.... :)

Ridha Harwan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search