bunkering

Indonesian translation: pengisian BBM

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:bunkering
Indonesian translation:pengisian BBM
Entered by: Catherine Muir

02:12 Dec 10, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: bunkering
We’re delivering swifter, more efficient bunkering off XXX Coast.

Konteks: tentang penyediaan bahan bakar.

Apakah ada istilah singkatnya dalam bahasa Indonesia, atau istilah aslinya tetap digunakan?
Pada kalimat lain, ada pula istilah 'bunker vessel'.

Thanks
Kaharuddin
Indonesia
pengisian BBM
Explanation:
'bunkering' is the supply of fuel to a ship, either in a fuel depot, such as at a Pertamina wharf, or by fuel truck. Offshore, via barge or tanker. See Perpres No. 9 Thn 2006 (web ref 1 below)
Selected response from:

Catherine Muir
Australia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2pengisian BBM
Catherine Muir
4 +1memuat (pengisian) bahan bakar
M. Laut
4fasilitas penampungan
Erich Ekoputra
4penyimpanan
Wiyanto Suroso
3pemasokan BBM kapal
Arif Rakhman
3depo bahan bakar
bayu diantoro


  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
fasilitas penampungan


Explanation:

fasilitas boleh diganti dengan kata yang lebih singkat, jika terasa nyaman, mis. tangki, ....dst (aturan KudoZ melarang pemberian jawaban lebih dari satu).

Karena dikatakan off coast, saya kira ini adalah penampungan terapung.

Ref: http://www.voaindonesia.com/content/tiongkok-periksa-semua-f...
Kantor berita resmi Xinhua melaporkan, pemeriksaan yang dimulai hari Sabtu itu akan berlangsung selama tiga bulan dan mencakup semua anjungan minyak dan fasilitas penampungan minyak terapung, pipa-pipa minyak bawah laut dan semua terminal minyak di darat.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 94

53 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
penyimpanan


Explanation:
bunker (n): A bin or tank especially for fuel storage, as on a ship.
bunker (v): To store or place (fuel) in a bunker.

bunkering: penyimpanan

"Tujuan itu terkait dengan status Batam sebagai Zone Ekonomi Khusus (ZEK) dan posisi strategisnya dalam pengembangan pasar maritim dan penyimpanan (bunker) BBM di Asia serta dekat dengan Singapura sebagai pusat bisnis regional," katanya.

http://www.merdeka.com/ekonomi/nasional/otorita-batam-bangun...

i. Storage Tank / bunker / tanki penyimpanan
Adalah tanki induk dari keseluruhan bahan bakar yang dibutuhkan motor induk selama berlayar.

http://kapal-cargo.blogspot.com/2010/07/sistem-bahan-bakar-k...

fasilitas penyimpanan bahan bakar (bunker) untuk keperluaan kapal

http://id.wikibooks.org/wiki/Pelayaran_Sungai_dan_Danau/Pela...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

54 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
memuat (pengisian) bahan bakar


Explanation:
Kamus Istilah Teknik Kapal & industri Kapal
oleh Wasono, NA

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 41

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Henny Willis: menang beberapa detik
1 hr

54 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
pengisian BBM


Explanation:
'bunkering' is the supply of fuel to a ship, either in a fuel depot, such as at a Pertamina wharf, or by fuel truck. Offshore, via barge or tanker. See Perpres No. 9 Thn 2006 (web ref 1 below)

Example sentence(s):
  • Pengisian minyak bisa di lakukan di pelabuhan minyak, seperti pertamina, atau bunker barge/tanker atau dgn mobil truck.
  • Titik Serah ... adalah pada Stasium Pengisian BBM ...

    Reference: http://www.presidenri.go.id/DokumenUU.php/177.pdf
    Reference: http://infokapal.wordpress.com/2011/05/25/bunkering-procedur...
Catherine Muir
Australia
Works in field
Native speaker of: English
PRO pts in category: 4
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian: Setuju. Selain 'pengisian BBM', 'pengisian bahan bakar' juga bisa dipakai. ( http://www.thefreedictionary.com/bunker )
26 mins

agree  Erich Ekoputra: Setuju dengan pengisian bahan bakar
4 days

2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
depo bahan bakar


Explanation:
IMHO

bayu diantoro
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

8 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pemasokan BBM kapal


Explanation:
http://www.thefreedictionary.com/bunkering

Arif Rakhman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search