beam moulded

Indonesian translation: lebar gading-gading (moulded), bentang gading-gading (moulded)

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:beam moulded
Indonesian translation:lebar gading-gading (moulded), bentang gading-gading (moulded)
Entered by: Agustinus

06:35 Jul 26, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: beam moulded
Vessel Particulars

Length 50.3 m
Beam Moulded 10.2 m


-----
thank you
Agustinus
Indonesia
lebar gading-gading (moulded), bentang gading-gading (moulded)
Explanation:

🙋 mould (salah satu makna: cetakan) di sini merujuk pada rangka kapal (dengan membayangkan bahwa itulah cetakan bagi isi kapal selanjutnya). Istilah di pelayarannya adalah: gading-gading.

Lihat: https://id.wikipedia.org/wiki/Gading-gading untuk bacaan singkat, sementara gambar dan keterangan lebih lengkap di sini: http://www.alamikan.com/2014/12/gading-gading-kapal-perikana... ).

✔️ Untuk penerjemahan, saya usulkan agar bahasa Inggrisnya disertakan, sebab, sebagaimana telusuran di bawah, buku tentang perkapalan pun masih berkutat dengan istilah aslinya (moulded). Jadi: lebar gading-gading (moulded).

Catatan:
1. Pada surjaya, lebar *terlebar* adalah breadth extreme. Lalu, pada definisi moulded saya kira semestinya bagian dalam, bukan luar, dan ada salah tulis mal.

2. Dapat juga ditemukan bahwa lebar gading-gading adalah lebar dari penampang satu gading-gading. Guna menghindari kerancuan, jalan tengahnya:
lebar gading-gading = lebar dari penampang satu gading-gading
bentang gading-gading = lebar di antara dua gading-gading yang menyusun satu rusuk pada rangka kapal (= moulded beam).

3. Dahulu kapal berbahan kayu. Itulah asalnya beam alias balok kayu dilakukan moulded, dibuat rangka. Untuk kapal modern dari besi, istilah gading-gading, kalau dirasa terlalu "kayu", mungkin diganti dengan rusuk

🌴 SURJAYA 🌴
http://emoza-emoza.blogspot.com/2010/05/bangunan-kapal.html
Breadth Extreme
Lebar kapal Yang diukur dari kulit kapal bagian luar sampai kulit kapal bagian luar sisi lainnya (diukur pada bagian tengah kapal).
Breadth Moulded
Lebar menurut mal ialah lebar yang diukur dari bagian luar gading-gading pada satu sisi ke gading-gading sisi yang lain.

https://books.google.co.id/books?isbn=6024333870
Tubrukan Kapal Pertamina dengan Elixir di Perairan Jakarta: Masalah ...
Capt. H. Win Pudji Pamularso, SH, M.H., M. Mar.
Panjang kapal (LOA) 99.52 meter, lebar (breadth moulded) 29 meter, tinggi 6.0 meter. Summer draft ,65 meter, bobot mati (deadweight) ,00 tons. Kapal ini digerakkan dengan mesin diesel (marine diesel engine) yang menggerakkan ...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
thank you erich :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5lebar gading-gading (moulded), bentang gading-gading (moulded)
Erich Ekoputra
5lebar maksimal kapal
Hipyan Nopri


  

Answers


20 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
lebar maksimal kapal


Explanation:
Berdasarkan rujukan berikut, dapat disimpulkan:

beam moulded = lebar maksimal kapal

Rujukan:
The Beam is usually quoted at amidships and is most commonly quoted as the Moulded Beam which is the greatest distance between the two sides of the ship at its greatest width of the chosen section, as shown on Figure 2 above. The measurement is usually done between the inside of the ship’s plating.
https://officerofthewatch.com/2012/02/09/ships-geometry-and-...


--------------------------------------------------
Note added at 23 mins (2018-07-26 06:59:15 GMT)
--------------------------------------------------

Bmld (moulded beam or breadth) atau lebar moulded kapal adalah jarak yang diukur dari sisi dalam pelat pada satu sisi kapal sampai titik yang sama pada sisi yang lain yang diukur pada bagian terlebar dari kapal.
https://books.google.co.id/books?id=FR5QDwAAQBAJ&pg=PA62&lpg...

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 64

20 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
lebar gading-gading (moulded), bentang gading-gading (moulded)


Explanation:

🙋 mould (salah satu makna: cetakan) di sini merujuk pada rangka kapal (dengan membayangkan bahwa itulah cetakan bagi isi kapal selanjutnya). Istilah di pelayarannya adalah: gading-gading.

Lihat: https://id.wikipedia.org/wiki/Gading-gading untuk bacaan singkat, sementara gambar dan keterangan lebih lengkap di sini: http://www.alamikan.com/2014/12/gading-gading-kapal-perikana... ).

✔️ Untuk penerjemahan, saya usulkan agar bahasa Inggrisnya disertakan, sebab, sebagaimana telusuran di bawah, buku tentang perkapalan pun masih berkutat dengan istilah aslinya (moulded). Jadi: lebar gading-gading (moulded).

Catatan:
1. Pada surjaya, lebar *terlebar* adalah breadth extreme. Lalu, pada definisi moulded saya kira semestinya bagian dalam, bukan luar, dan ada salah tulis mal.

2. Dapat juga ditemukan bahwa lebar gading-gading adalah lebar dari penampang satu gading-gading. Guna menghindari kerancuan, jalan tengahnya:
lebar gading-gading = lebar dari penampang satu gading-gading
bentang gading-gading = lebar di antara dua gading-gading yang menyusun satu rusuk pada rangka kapal (= moulded beam).

3. Dahulu kapal berbahan kayu. Itulah asalnya beam alias balok kayu dilakukan moulded, dibuat rangka. Untuk kapal modern dari besi, istilah gading-gading, kalau dirasa terlalu "kayu", mungkin diganti dengan rusuk

🌴 SURJAYA 🌴
http://emoza-emoza.blogspot.com/2010/05/bangunan-kapal.html
Breadth Extreme
Lebar kapal Yang diukur dari kulit kapal bagian luar sampai kulit kapal bagian luar sisi lainnya (diukur pada bagian tengah kapal).
Breadth Moulded
Lebar menurut mal ialah lebar yang diukur dari bagian luar gading-gading pada satu sisi ke gading-gading sisi yang lain.

https://books.google.co.id/books?isbn=6024333870
Tubrukan Kapal Pertamina dengan Elixir di Perairan Jakarta: Masalah ...
Capt. H. Win Pudji Pamularso, SH, M.H., M. Mar.
Panjang kapal (LOA) 99.52 meter, lebar (breadth moulded) 29 meter, tinggi 6.0 meter. Summer draft ,65 meter, bobot mati (deadweight) ,00 tons. Kapal ini digerakkan dengan mesin diesel (marine diesel engine) yang menggerakkan ...


Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 94
Grading comment
thank you erich :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search