non-indigenous species of animals

Indonesian translation: Spesies hewan pendatang

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:non-indigenous species of animals
Indonesian translation:Spesies hewan pendatang
Entered by: Agustinus

09:08 Jul 26, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: non-indigenous species of animals
There are about thousand of non-indigenous species of animals and plants transported per day in ships globally.


---
thank you
Agustinus
Indonesia
Spesies hewan pendatang
Explanation:
Non-indigenous species = introduced species (spesies pendatang)

--------------------------------------------------
Note added at 1 jam (2018-07-26 10:12:28 GMT)
--------------------------------------------------

"Spesies pendatang adalah spesies yang hidup di luar daerah asalnya, yang sampai ke daerah tersebut karena aktivitas manusia, baik secara disengaja maupun tidak disengaja."
https://id.wikipedia.org/wiki/Spesies_pendatang

"Namun, kenyataannya hanya ada sedikit spesies fauna pendatang di Sulawesi dibandingkan dengan pulau lain di Nusantara."
https://sains.kompas.com/read/2012/09/07/16032710/Inilah.Sul...
Selected response from:

Cut Danisha Razki
Indonesia
Grading comment
terima kasih.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5Spesies hewan pendatang
Cut Danisha Razki
5spesies fauna dan flora non-pribumi
Erich Ekoputra
5spesies hewan tak-asli
Hipyan Nopri
4spesies hewan dan tumbuhan nonendemik
Rifkul Uswati


  

Answers


5 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
spesies hewan tak-asli


Explanation:
non-indigenous = non-native = tak asli

Rujukan:
Pengertian spesies asli (native species), spesies endemik, dan spesies introduksi masing-masing berbeda.

Spesies asli (Native Species) atau disebut juga indigenous adalah spesies-spesies yang menjadi penduduk suatu wilayah atau ekosistem secara alami tanpa campur tangan manusia. Kehadiran spesies ini (baik binatang maupun tumbuhan) melalui proses alami tanpa intervensi manusia.
https://alamendah.org/2010/12/10/pengertian-spesies-asli-end...

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 64

32 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
non-indigenous species of animals and plants
spesies fauna dan flora non-pribumi


Explanation:

🙋 Seyogianya, plants disertakan di dalam pertanyaan.

✔️ Walau seringnya dipakai dalam konteks politik (SARA), pribumi (=indigenous) juga dipakai di bidang lingkungan. KBBI pun memaknai dengan longgar: penghuni asli; yang berasal dari tempat yang bersangkutan. Jadi, segala makhluk kasar dan halus bisa menjadi pribumi atau non-pribumi di bumi ini, sesuai dengan keaslian asalnya. (Konon di Indonesia, dukun di satu pulau belum tentu ampuh bertenung di pulau lain, sebab jin yang dibawa bukan jin pribumi...).

🍍 SURJAYA
http://etd.repository.ugm.ac.id/downloadfile/65946/potongan/...
Spesies invasif bisa berupa spesies asli (native) maupun spesies non-pribumi (eksotik) yang hidup dil uar habitat alaminya...

http://harian.analisadaily.com/ilmiah-populer/news/tanaman-n...
SPESIES tanaman non-pribumi tidak menjadi ancaman bagi flora asli, seperti yang banyak orang duga...

https://id.wikipedia.org/wiki/Kura-kura_galapagos
Penurunan ini disebabkan oleh eksploitasi berlebihan dari spesies untuk daging dan minyak, diizinkannya habitat untuk pertanian, dan pengenalan hewan-hewan non-pribumi ke kepulauan, seperti tikus, kambing, dan babi.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 94

59 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Spesies hewan pendatang


Explanation:
Non-indigenous species = introduced species (spesies pendatang)

--------------------------------------------------
Note added at 1 jam (2018-07-26 10:12:28 GMT)
--------------------------------------------------

"Spesies pendatang adalah spesies yang hidup di luar daerah asalnya, yang sampai ke daerah tersebut karena aktivitas manusia, baik secara disengaja maupun tidak disengaja."
https://id.wikipedia.org/wiki/Spesies_pendatang

"Namun, kenyataannya hanya ada sedikit spesies fauna pendatang di Sulawesi dibandingkan dengan pulau lain di Nusantara."
https://sains.kompas.com/read/2012/09/07/16032710/Inilah.Sul...


    Reference: http://https://en.wikipedia.org/wiki/Introduced_species
Cut Danisha Razki
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3
Grading comment
terima kasih.

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
spesies hewan dan tumbuhan nonendemik


Explanation:
Menurut kalimat utuh There are about thousand of non-indigenous species of animals and plants transported per day in ships globally, frasa lengkap semestinya non-indigenous species of animals and plants sehingga tidak rancu apakah yang nonendemik hanya hewan saja atau sekaligus tumbuhan.

Rifkul Uswati
Indonesia
Native speaker of: Native in JavaneseJavanese, Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search