sloshing action

Indonesian translation: aksi guncangan cairan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:sloshing action
Indonesian translation:aksi guncangan cairan
Entered by: Agustinus

09:32 Aug 6, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: sloshing action
Transfer or exchange of ballast that can generate significant structural loads by sloshing action in partially-filled tanks.


---
thank you
Agustinus
Indonesia
aksi guncangan cairan
Explanation:

✔️ Guncangan (sloshing)) terjadi karena tangki yang tidak penuh. Dari segi pemakaian, kata tidak baku goncangan lebih kerap dipakai. Pusat Bahasa mengusulkan kocakan, tetapi jarang digunakan. Orang mungkin takut disangka airnya sedang melawak.

SURJAYA 🏃🏃
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/viewFile/980/...
Analisa struktur untuk menara tangki ini cukup rumit karena memperhitungkan ... akibat interaksi antara goncangan air (sloshing) dengan struktur tangki tersebut.

https://www.researchgate.net/publication/265401958_PENGARUH_...
Selain itu efek sloshing yang menyebabkan guncangan fluida harus diperhatikan ...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
thanks erich :)
2 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5aksi guncangan cairan
Erich Ekoputra
5aksi pergerakan bebas
Hipyan Nopri
5aksi gerakan (bebas) cairan
Regi2006


  

Answers


28 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
aksi gerakan (bebas) cairan


Explanation:
Abstrak—Sloshing dapat diartikan sebagai gerakan bebas dari fluida cair di dalam sebuah wadah. Masalah sloshing menjadi fenomena penting dalam sebuah ...
https://media.neliti.com/media/publications/213222-efek-pena...

--------------------------------------------------
Note added at 30 mins (2018-08-06 10:02:37 GMT)
--------------------------------------------------

Sepertinya kata "aksi" terlalu dramatis, bisa diganti dengan "aktivitas".

Regi2006
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 15

46 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
aksi pergerakan bebas


Explanation:
sloshing = pergerakan bebas fluida/cairan di dalam wadah yang bergerak seperti tangki bahan bakar pada truk tangki.

Untuk padanan ringkasnya mungkin bisa digunakan "pergolakan."

Jadi, versi ringkasnya: sloshing action = aksi pergolakan.

Rujukan:
Sloshing dapat diartikan sebagai gerakan bebas dari fluida cair di dalam sebuah wadah.

Masalah sloshing menjadi fenomena penting dalam tangki muatan cair, karena dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dalam tangki.

Paper ini menjelaskan pengaruh besarnya pressure pada tangki kotak dengan dan tanpa penambahan pelat memanjang (baffle) ketika terjadi sloshing yang diakibatkan gerakan rolling yang terjadi pada kapal.
ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/download/2593/885

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 64

16 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
aksi guncangan cairan


Explanation:

✔️ Guncangan (sloshing)) terjadi karena tangki yang tidak penuh. Dari segi pemakaian, kata tidak baku goncangan lebih kerap dipakai. Pusat Bahasa mengusulkan kocakan, tetapi jarang digunakan. Orang mungkin takut disangka airnya sedang melawak.

SURJAYA 🏃🏃
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/viewFile/980/...
Analisa struktur untuk menara tangki ini cukup rumit karena memperhitungkan ... akibat interaksi antara goncangan air (sloshing) dengan struktur tangki tersebut.

https://www.researchgate.net/publication/265401958_PENGARUH_...
Selain itu efek sloshing yang menyebabkan guncangan fluida harus diperhatikan ...

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 94
Grading comment
thanks erich :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search