deep down the line

Indonesian translation: tajam menyusur garis

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:deep down the line
Indonesian translation:tajam menyusur garis
Entered by: Erich Ekoputra

21:26 Aug 4, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Sports / Fitness / Recreation / tennis related
English term or phrase: deep down the line
kalimat lengkapnya
first, a weak forehand topspin deep down the line
Monica Hartono
Indonesia
tajam menyusur garis [samping]
Explanation:

☕ Pukulan down the line membuat bola mengikuti atau menyusur garis samping lapangan (jika dilihat dari sudut pandang pemain). (Saya pribadi lebih suka mengabaikan samping karena aneh bin ajaib kalau ada yang bisa memukul menyusur garis belakang...)

deep di sini adalah mendekati garis belakang (baseline) lawan (lihat lapangan tenis: http://4.bp.blogspot.com/-VZ09n7VWZC4/Vn_9jxfrVfI/AAAAAAAAA8... ). Ada 2 atau 3 padanan, dan yang saya usulkan adalah tajam, karena pukulan ini sangat terasa menusuk pertahanan. (Kalau dalam sepak bola, umpan tajam (deep pass) adalah umpan yang langsung menusuk kotak penalti.)

✸✸✸✸✸ SURJAYA ✸✸✸✸✸
https://m.tempo.co/read/news/2014/06/03/100582035/menang-mud...
Nadal kemudian mengakhiri perlawanan Lajovic pada set ketiga dengan forehand down the line (lurus menyusur garis tepi lapangan).

http://danarakbar.blogspot.co.id/2012/02/istilah-istilah-dal...
Deep Service: Servis tajam melambung ke arah sudut lapangan untuk memaksa pemain lawan mengembalikan bola dengan lob yang defensif dan mudah diserang.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thanks
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5tajam menyusur garis [samping]
Erich Ekoputra
4tajam dan lurus (garis)
fird_77
3mengarah lurus jauh ke belakang
Badar Tsani Ramadhan


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
mengarah lurus jauh ke belakang


Explanation:
Teknik pukulan down-the-line artinya pukulan bola yang mengarah lurus ke depan dari badan pemain ke lawan. Lawan katanya adalah cross-court yang bisa diartikan pukulan menyilang.

https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-a-down-...

Tambahan deep mengacu pada posisi yang jauh ke belakang.

http://tt.tennis-warehouse.com/index.php?threads/when-to-hit...

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2016-08-04 22:31:14 GMT)
--------------------------------------------------

https://en.wikipedia.org/wiki/Glossary_of_tennis_terms
down the line: Ball hit straight along the sideline to the opponent's side of the court.

Badar Tsani Ramadhan
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
tajam menyusur garis [samping]


Explanation:

☕ Pukulan down the line membuat bola mengikuti atau menyusur garis samping lapangan (jika dilihat dari sudut pandang pemain). (Saya pribadi lebih suka mengabaikan samping karena aneh bin ajaib kalau ada yang bisa memukul menyusur garis belakang...)

deep di sini adalah mendekati garis belakang (baseline) lawan (lihat lapangan tenis: http://4.bp.blogspot.com/-VZ09n7VWZC4/Vn_9jxfrVfI/AAAAAAAAA8... ). Ada 2 atau 3 padanan, dan yang saya usulkan adalah tajam, karena pukulan ini sangat terasa menusuk pertahanan. (Kalau dalam sepak bola, umpan tajam (deep pass) adalah umpan yang langsung menusuk kotak penalti.)

✸✸✸✸✸ SURJAYA ✸✸✸✸✸
https://m.tempo.co/read/news/2014/06/03/100582035/menang-mud...
Nadal kemudian mengakhiri perlawanan Lajovic pada set ketiga dengan forehand down the line (lurus menyusur garis tepi lapangan).

http://danarakbar.blogspot.co.id/2012/02/istilah-istilah-dal...
Deep Service: Servis tajam melambung ke arah sudut lapangan untuk memaksa pemain lawan mengembalikan bola dengan lob yang defensif dan mudah diserang.


Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 35
Grading comment
Thanks

16 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
tajam dan lurus (garis)


Explanation:
Usulan Bung Erich sudah oke banget. Padanan saya adalah versi pendeknya. Kebetulan saya suka tenis meja dan istilah "down the line" juga digunakan dalam jenis olahraga ini.

"Down the line" merupakan satu jenis pukulan ataupun 'smash', dan yang namanya pukulan/smash pasti kalau tidak 'menyilang' ya 'sejajar' garis samping/tepi. "Deep" menunjukkan arti bahwa bola hanya memantul sekali di daerah/meja/lapangan lawan dan meluncur mendekati 'baseline'. Akibat pukulan yang "deep" ini, maka lawan menjadi tak berkutik dan mati langkah, atau bisa juga dia mundur menjauhi meja untuk mengejar pantulan bola. Pemadanan "deep" dengan 'tajam' (Bung Erich) terasa pas.

--------------------------------------------------
Note added at 16 hrs (2016-08-05 14:04:45 GMT)
--------------------------------------------------

Konteks olahraga yang saya bayangkan adalah tenis meja, bukan sepak bola.

fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search