netting

Indonesian translation: kain jala

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:netting
Indonesian translation:kain jala
Entered by: Erich Eko

22:39 Jul 6, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Textiles / Clothing / Fashion / subtitle
English term or phrase: netting
Seorang desainer menjelaskan pada asistennya tentang apa yang akan ia buat:

I don't have much in line so I'm just gonna use muslin underneath just to hold, to, just to put the netting on.

Apa ya maksudnya 'netting' itu?

Thanks.
Yohanes Sutopo
kain jala
Explanation:

Begitu kata Goet Poespo, pengarang buku baju pengantin.

Ref: http://books.google.co.id/books?id=6uJw3x2Izx4C&pg=PA172&lpg...
Apabila lengan baju tidak memakai kain pelapis (Lining), maka tutuplah kain keras (Crinoline) atau kain jala (Netting) dari kepala lengan baju dengan Organza atau Organdy untuk lengan tipis...
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +3kain jala
Erich Eko
4kain beranyaman jarang
Wiyanto Suroso
3kain jaring
ria ulfah ardhiyani
3jaring
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
jaring


Explanation:
It is just my opinion.

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kain jaring


Explanation:
Kain jaring biasanya dipasang di bagian dalam pakian/gaun utk menciptakan kesan mengembang. Dr kalimat di atas, saya menduga si perancang tdk punya yg senada sehingga menggantinya dengan kain muslin. Kain muslin adalah jenis kain yg tebal dan agak kaku http://www.thefreedictionary.com/_/dict.aspx?word=muslin


    Reference: http://www.thefreedictionary.com/_/dict.aspx?word=netting
ria ulfah ardhiyani
Australia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
kain jala


Explanation:

Begitu kata Goet Poespo, pengarang buku baju pengantin.

Ref: http://books.google.co.id/books?id=6uJw3x2Izx4C&pg=PA172&lpg...
Apabila lengan baju tidak memakai kain pelapis (Lining), maka tutuplah kain keras (Crinoline) atau kain jala (Netting) dari kepala lengan baju dengan Organza atau Organdy untuk lengan tipis...

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 75
Grading comment
Thanks.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian: padanan yang sesuai dengan konteks serta lebih tepat dan singkat untuk subtitel.
2 hrs

agree  Monica Arifin
2 hrs

agree  Budi Suryadi-
5 hrs

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kain beranyaman jarang


Explanation:
Ada padanan lain dari 'netting' yang juga cukup populer, yaitu "kain beranyaman jarang". Saya memilih padanan ini untuk membedakannya dengan "jala" ataupun "jaring" yang digunakan untuk menangkap ikan.

Kerusakan yang sering terjadi adalah kain yang dihasilkan beranyaman jarang (netting), kain sobek, serta kain ambrol.

http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=detail&d_id=1603

Kain rayon yang mempunyai tetal dan anyaman yang jarang akan mempunyai tetal dan anyaman yang jarang mengakibatkan benangnya mudah digelintir, kain ini terasa dingin, lembut dan lunak.

http://newsananta.blogspot.com/2009/03/tekstil.html

Bidang yang beranyaman adalah bidang yang bertumpang tindih berulang-ulang bergantian.

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&subm...

Selanjutnya potongan bakal bibit tersebut dikemas ke dalam karung beranyaman jarang, lalu dicelupkan dalam larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh sekitar 1 menit kemudian keringkan.

http://www.iptek.net.id/ind/warintek/?mnu=6&ttg=2&doc=2d1



Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search