jewel of horse racing events

Indonesian translation: kejuaraan pacuan kuda paling bergengsi

03:25 Oct 28, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Marketing - Tourism & Travel
English term or phrase: jewel of horse racing events
The Melbourne Cup Carnival is the jewel of horse racing events throughout Australasia.
David Andersen
Australia
Indonesian translation:kejuaraan pacuan kuda paling bergengsi
Explanation:
Menurut KBBI gengsi adalah kehormatan dan pengaruh; harga diri; martabat
Selected response from:

Ria Cahyani
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +3kejuaraan pacuan kuda paling bergengsi
Ria Cahyani
4 +1ajang pacuan kuda paling meriah
Wiyanto Suroso
4puncaknya pacuan kuda
Irma Wildani Anzia
4mahkotanya kejuaraan pacuan kuda
Erich Ekoputra
3kejuaraan pacuan kuda paling bernilai
ria ulfah ardhiyani


  

Answers


16 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kejuaraan pacuan kuda paling bernilai


Explanation:
jewel is one that is treasured or esteemed.

Bernilai means high quality, high class, high level, or high valued.

ria ulfah ardhiyani
Australia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

43 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mahkotanya kejuaraan pacuan kuda


Explanation:

Untuk teks pemasaran, saya rasa kita boleh berbahasa sedikit "berbusa-busa" (bombastic). Naskah aslinya sendiri sudah berlebihan melalui penyetaraan dengan jewel.

√ Saya usulkan: mahkotanya kejuaraan pacuan kuda (crown of the horse racing events) karena dua hal:

1-Mahkota letaknya di kepala atau di atas, berarti ini kejuaraan yang paling atas dari segi gengsi, hadiah, penonton, dslb.

2-Mahkota isinya batu manikam (jewel), jadi sifat teks aslinya yang berbau pemasaran.

Contoh berikut adalah merek telepon yang mengaku raja.

REFERENSI ★★★★★★★
http://www.hpdangadget.com/2012/08/review-hp-nokia-808-purev...
Nokia 808 PureView - Rajanya HP Kamera dengan teknologi Pureview

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 71

43 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
ajang pacuan kuda paling meriah


Explanation:
Di Indonesia, untuk menyatakan sesuatu atau seseorang yang sangat menonjol itu 'mutiara', misalnya frasa 'mutiara dari timur'. Secara agak harfiah, 'jewel of horse racing events' berpadanan dengan 'mutiara di antara lomba pacuan kuda'. Maksudnya, Melbourne Cup Carnival itu paling menonjol. Tetapi padanan yang lebih nyaman dibaca sudah ada, yaitu 'ajang pacuan kuda paling meriah'. 'events' yang berarti 'lomba' digeser sedikit maknanya menjadi 'ajang' yang berarti 'tempat'. Pada acara tersebut, dilakukan banyak lomba dengan nama yang berbeda-beda selama berhari-hari.

http://melbournecup.com/

Melbourne Cup Carnival adalah ajang pacuan kuda paling meriah di dunia. Festival pacuan kuda, mode, dan kegembiraan ini dimulai pada bulan September dan berlangsung sampai pertengahan November.

http://www.australia.com/id/explore/australian-events/sporti...



Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 39

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  putri.linguist
4 hrs
  -> Terima kasih.

9 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
kejuaraan pacuan kuda paling bergengsi


Explanation:
Menurut KBBI gengsi adalah kehormatan dan pengaruh; harga diri; martabat


    Reference: http://bahasa.kemdiknas.go.id
Ria Cahyani
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri
37 mins

agree  Aditya Ikhsan Prasiddha
47 mins

agree  bayu diantoro
1 day 13 hrs

10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
puncaknya pacuan kuda


Explanation:
I propose puncaknya pacuan kuda that sufficiently captures the meaning of the phrase. Puncak is the top and most of anything and in this case would deliver the symbolic meaning of the word jewel.

puncak

n 3 (ki) yang tertinggi; teratas; tingkatan (harta, keadaan, dsb) yang tertinggi atau tersangat;


pacuan kuda

n 1 balapan kuda; 2 gelanggang tempat kuda berpacu;


Example:

Acara ini bisa disebut puncaknya pacuan kuda di Inggris, walau tampaknya bukan pacuan kudanya yang membuat The Royal Ascot bisa mengimbangi kemeriahan Piala Dunia.

http://www.bbc.co.uk/indonesian/letterfromlondon/story/2006/...

Example sentence(s):

    Reference: http://kateglo.com/?mod=dictionary&action=view&phrase=puncak
    Reference: http://kateglo.com/?mod=dictionary&action=view&phrase=pacuan...
Irma Wildani Anzia
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search