KudoZ home » English to Indonesian » Aerospace / Aviation / Space

slide armed indicator

Indonesian translation: indikator tuas geser


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:slide armed indicator
Indonesian translation:indikator tuas geser
Entered by: Suzan Piper

12:49 Nov 29, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Aerospace / Aviation / Space
English term or phrase: slide armed indicator
dari kartu pedoman keselamatan mengenai prosedur membuka pintu darurat pesawat terbang. 1. Buka penutup pegangan. 2. The slide armed indicator illuminates white. 3. Tarik pegangan kendali ke bawah.
Suzan Piper
Australia
indikator tuas geser
Explanation:
Atau 'indikator lengan geser'.
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
mak kasih Uda ..memang kena sasaran rasanya
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +4indikator tuas geser
Hipyan Nopri
5indikator pengunci peluncur penyelamat
Perry Rehatta
5lampu slide
Alex ST
4lampu indikator "Slide ARMED" (Seluncuran SIAP)
Erich Ekoputra
3indikator geser telah terkunci
Hikmat


  

Answers


2 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
indikator geser telah terkunci


Explanation:
<>

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 8
Notes to answerer
Asker: terima kasih Hikmat ..begitu banyak kemungkinan variasi untuk frase 3 kata ini


5 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +4
indikator tuas geser


Explanation:
Atau 'indikator lengan geser'.

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
mak kasih Uda ..memang kena sasaran rasanya

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Benedicta Tjoea: aye setuju
3 hrs
  -> Terima kasih, Nine.

agree  Arfan Achyar
14 hrs
  -> Terima kasih, Fan.

agree  Wiwit Tabah Santoso: Setuju Uda. Tadinya saya mau mengganti indikator dengan "penanda", tapi ternyata "indikator" sudah masuk KBBI juga.
16 hrs

agree  Hadiyono Jaqin
1 day19 hrs

1 day6 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
lampu indikator "Slide ARMED" (Seluncuran SIAP)


Explanation:
Dari internet, kiranya ini adalah bagian dari manual operasi Airbus 320.

Slide di sini singkatan dari escape slide alias seluncuran darurat. Lihat gambarnya:

http://asrs.arc.nasa.gov/publications/callback/302_2.jpg

Dari kamus: slide = a structure with a smooth sloping surface (for children to slide down).

"Slide Armed" artinya seluncuran itu siap menggembung (=inflating) jika pintu dibuka (Jadi, armed = siap diisi udara). Seluncuran harus berstatus Armed sewaktu pintu darurat dipakai, namun harus Disarmed sewaktu normal.

Saya kurang pasti bahwa indikator "Slide ARMED" **dalam** pesawat sebenarnya turut diterjemahkan. Oleh karena itu, saya usulkan penerjemahan di atas, mengantisipasi bahwa keadaan di lapangan (=di pesawat), lampu indikator ternyata masih bahasa Inggris.

Jadi, u/ nomor 2: Lampu indikator "Slide ARMED" (Seluncuran SIAP) menyala terang (bersinar putih).






Example sentence(s):
  • When the slide arming lever is in the ARMED position, the slide is connected to the floor brackets on both sides of the door. When the door is opened, the slide inflates and deploys automatically.

    Reference: http://www.smartcockpit.com/data/pdfs/plane/airbus/A320/syst...
Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Notes to answerer
Asker: ma kasih Erich ya memang ada slide 'peluncur' tapi kali ini slide 'geser' yg dimaksud.. ma kasih usulan lengkapnya


1 day5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
lampu slide


Explanation:
Indicator bisa bermakna gauge atau meter. Tapi karena predikatnya illuminate, saya kira lebih cocok langsung dialihbahasakan lampu saja.
Armed dapat bermakna equipped. Slide transparansi yang memilki image/gambar yang tembus pandang. Jika dialihbahasakan pilem kurang keren ya, karena istilah ini dipakai di pesawat. Kita alihbahasakan slide saja, begitu menurut sebuah kamus English-Indonesia.

Alex ST
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
Notes to answerer
Asker: terima kasih Alex atas usulannya


7 days   confidence: Answerer confidence 5/5
indikator pengunci peluncur penyelamat


Explanation:
The slide (escape slide: ind.: peluncur penyelamat) must be put into armed position by a handle which covered for safety. This cover has a 'peeping hole' to see the indicator show whether the slide has been put into armed or in disarmed mode. The indicators for armed and disarmed usually colored yellow for armed and yellow-black stripes for disarmed. It has no specific name in Indonesian and we, crew member, call it slide indicator but if one need an indonesian name then it should be 'indikator pengunci peluncur penyelamat'

Example sentence(s):
  • When the pilot give verbal command: 'flight attendant, slide armed and cross check, the flight attendant move the lever to armed position and check the slide indicator to make sure.
Perry Rehatta
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian