(cause of action) sounding in contract, tort, or equity

Indonesian translation: dasar gugatan yang berdasarkan [pelanggaran] kontrak, tort, atau kepatutan (equity)

English term or phrase:(cause of action) sounding in contract, tort, or equity
Indonesian translation:dasar gugatan yang berdasarkan [pelanggaran] kontrak, tort, atau kepatutan (equity)
Entered by: jwira

11:55 Jul 4, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Business/Commerce (general)
English term or phrase: (cause of action) sounding in contract, tort, or equity
part of statement in Independent Business Partner Agreement.

the complete statement below:

I agree that the entire liability of X and its affiliates for any claim whatsoever related to the relationship of X and myself, including, but not limited to,

*****any cause of action sounding in contract, tort or equity shall not exceed,*****

and shall be limited to, the amount of products I have purchased from X under this Agreement or any other agreement that are in resalable condition.
jwira
Indonesia
dasar gugatan yang berdasarkan [pelanggaran] kontrak, tort, atau kepatutan (equity)
Explanation:

🙋 Frasa kunci dalam pertanyaan adalah sounding in contract/tort/equity. Kebetulan, ada penjelasan berikut di: https://www.intermarkls.com/single-post/2015/01/28/Hidden-Me... :

In other words, "claims sounding in tort" means "claims based on a tort" or simply "tort claims." Likewise, "actions sounding in contract" means "actions based on a breach of contract" or simply "contract actions."

Penjelasan selengkapnya dapat dilihat di halaman tersebut. Pada penerjemahan, pelanggaran boleh disisipkan, boleh juga tidak seperti di atas (contract action).

🙋 tort sudah masuk KBBI (lihat: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tort). Jadi, tidak usah diterjemahkan ataupun dijelaskan, tinggal lihat di kamus tersebut.

🙋 equity dapat dipadankan dengan kepatutan, seperti ditemukan di sini: http://kateglo.com/?mod=glossary&op=1&phrase=equity&dc=hukum... . Dalam penerjemahan, untuk menghilangkan keraguan, istilah Inggrisnya mungkin masih perlu disertakan.

🌴 Surjaya 🌴
https://books.google.co.id/books?isbn=9794973742
Etika profesi hukum: norma-norma bagi penegak hukum
E. Sumaryono - 1995 - ‎Law and ethics
Pengertian Dasar Kepatutan ("equity") dan keadilan adalah dua term yang secara tegas tidak dapat dibedakan....

https://books.google.co.id/books?isbn=6024221916
Pengaruh Era Globalisasi Terhadap Hukum Bisnis Di Indonesia
Edi Santoso - 2018 - ‎Law
Sebaliknya, dalam sistem Common Law, Trust merupakan pranata hukum yang didasarkan pada equity (kepatutan).

http://www.pt-medan.go.id/putusan/PUTUS_1409728967_194PDT201... P U T U S A N Nomor : 194/PDT/2014/PT-MDN
Bahwa dapat disimpulkan dengan sederhana bahwa ketentuan Pasal 1365 KUH Perdata digunakan sebagai dasar hukum untuk mengajukan gugatan (cause of action) jika dalam kasus tersebut terdapat kesalahan seseorang yang menyebabkan kerugian terhadap orang lain.


--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2018-07-04 14:06:40 GMT)
--------------------------------------------------

Untuk kelancaran, sisipan dari + timbul dapat membantu:

... setiap dasar dari gugatan yang timbul berdasarkan kontrak, tort, atau kepatutan (equity)
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thank you very much. The answer helped me greatly.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5dasar gugatan yang berdasarkan [pelanggaran] kontrak, tort, atau kepatutan (equity)
Erich Ekoputra
5(dasar gugatan) yang dapat diajukan dalam perkara kontrak, tort, atau equity
Hipyan Nopri


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
(dasar gugatan) yang dapat diajukan dalam perkara kontrak, tort, atau equity


Explanation:
cause of action = dasar atau landasan gugatan

sound in = actionable (dapat digugat atau dapat diajukan ke pengadilan)

contract = kontrak. Gugatan yg diajukan karena adanya pelanggaran kontrak dan biasanya bertujuan memperoleh ganti rugi moneter.

tort = kesalahan perdata namun dalam wacana hukum biasanya tetap digunakan istilah aslinya untuk memperjelas maksud.

Ini merupakan kesalahan perdata yg tidak tergolong kejahatan (crime) atau pelanggaran kontrak. Gugatan tort biasanya diajukan untuk memperoleh ganti rugi berupa uang.

equity = kewajaran (fairness) namun dalam wacana hukum biasanya tetap dipakai istilah aslinya untuk memperjelas maksud.

Gugatan equity biasanya diajukan untuk hal2 yg tidak tercakup dalam hukum yg sudah ada. Ujung dari perkara equity adalah putusan sela (injunction) atau disebut juga injunctive relief, equitable relief, atau equitable remedy.

Rujukan:
Oran, Daniel. 2008. Dictionary of the Law. 4th Edition. New York: Thomson Delmar Learning.

Garner, Bryan A. 2014. Black's Law Dictionary. 10th Edition. St Paul: Thomson Reuters.

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 99
Notes to answerer
Asker: Thank you very much. The answer helped me immensely.


2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
cause of action sounding in contract, tort, or equity
dasar gugatan yang berdasarkan [pelanggaran] kontrak, tort, atau kepatutan (equity)


Explanation:

🙋 Frasa kunci dalam pertanyaan adalah sounding in contract/tort/equity. Kebetulan, ada penjelasan berikut di: https://www.intermarkls.com/single-post/2015/01/28/Hidden-Me... :

In other words, "claims sounding in tort" means "claims based on a tort" or simply "tort claims." Likewise, "actions sounding in contract" means "actions based on a breach of contract" or simply "contract actions."

Penjelasan selengkapnya dapat dilihat di halaman tersebut. Pada penerjemahan, pelanggaran boleh disisipkan, boleh juga tidak seperti di atas (contract action).

🙋 tort sudah masuk KBBI (lihat: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tort). Jadi, tidak usah diterjemahkan ataupun dijelaskan, tinggal lihat di kamus tersebut.

🙋 equity dapat dipadankan dengan kepatutan, seperti ditemukan di sini: http://kateglo.com/?mod=glossary&op=1&phrase=equity&dc=hukum... . Dalam penerjemahan, untuk menghilangkan keraguan, istilah Inggrisnya mungkin masih perlu disertakan.

🌴 Surjaya 🌴
https://books.google.co.id/books?isbn=9794973742
Etika profesi hukum: norma-norma bagi penegak hukum
E. Sumaryono - 1995 - ‎Law and ethics
Pengertian Dasar Kepatutan ("equity") dan keadilan adalah dua term yang secara tegas tidak dapat dibedakan....

https://books.google.co.id/books?isbn=6024221916
Pengaruh Era Globalisasi Terhadap Hukum Bisnis Di Indonesia
Edi Santoso - 2018 - ‎Law
Sebaliknya, dalam sistem Common Law, Trust merupakan pranata hukum yang didasarkan pada equity (kepatutan).

http://www.pt-medan.go.id/putusan/PUTUS_1409728967_194PDT201... P U T U S A N Nomor : 194/PDT/2014/PT-MDN
Bahwa dapat disimpulkan dengan sederhana bahwa ketentuan Pasal 1365 KUH Perdata digunakan sebagai dasar hukum untuk mengajukan gugatan (cause of action) jika dalam kasus tersebut terdapat kesalahan seseorang yang menyebabkan kerugian terhadap orang lain.


--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2018-07-04 14:06:40 GMT)
--------------------------------------------------

Untuk kelancaran, sisipan dari + timbul dapat membantu:

... setiap dasar dari gugatan yang timbul berdasarkan kontrak, tort, atau kepatutan (equity)

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 137
Grading comment
Thank you very much. The answer helped me greatly.