profiling

Indonesian translation: menyusun profil

English term or phrase:to profile
Indonesian translation:menyusun profil
Entered by: Erich Ekoputra

08:29 Jun 15, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Cinema, Film, TV, Drama / subtitlte
English term or phrase: profiling
Judul buku dalam sebuah film detektif:
Profiling Serial Murderers

Enaknya gimana ya menerjemahkan kata 'profiling'? Thanks.
Yohanes Sutopo
menyusun profil
Explanation:

🌴 profiling adalah kerja menyusun profil, a.l. fisik (mis. laki-laki/perempuan, tua/muda, kidal/normal), karakter dasar (mis. mudah marah), dan psikologi dasar (mis. pernah kena trauma, orientasi jenis kelamin, dsb.)

🥥 Untuk judul, pilihan antara lain:

Menyusun Profil Pembunuh Berantai
Penyusunan Profil Pembunuh Berantai.


🍉 SURJAYA
http://www.binapotensiaindonesia.com/services/detail/5/11
Competency Profiling merupakan langkah awal dalam mengidentifikasi talent, bertujuan menyusun profil kompetensi. Profil kompetensi berguna sebagai acuan ...

Pengantar Kriminologi - Halaman 190 - Hasil Google Books
https://books.google.co.id/books?isbn=6027985402
Frank E. Hagan - Social Science
Berkas Kejahatan 5.1 Profiling Kejahatan
Profiling kejahatan merujuk pada ... Disebut juga penyusunan profil psikologis atau analisis penyelidikan kejahatan, ...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5pemrofilan
Hipyan Nopri
5menyusun profil
Erich Ekoputra
3identifikasi
Ikram Mahyuddin


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
pemrofilan


Explanation:
Menurut definisinya:

profiling = penggunaan karakteristik ras, etnis, atau karakteristik umum lainnya sebagai landasan untuk menduga suatu kejahatan.

Karena tidak ada padanan langsung bahasa Indonesianya dan definisinya terlalu panjang, maka saya mengusulkan profiling = pemrofilan.

Selain ringkas, padanan ini juga langsung dapat menggambarkan istilah asalnya.

Rujukan:
Oran, Daniel. 2008. Dictionary of the Law. 4th Edition. New York: Thomson Delmar Learning.

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 116

6 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
identifikasi


Explanation:
Kalau hurufnya tidak kebanyakan untuk subtitle


Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 88

22 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
menyusun profil


Explanation:

🌴 profiling adalah kerja menyusun profil, a.l. fisik (mis. laki-laki/perempuan, tua/muda, kidal/normal), karakter dasar (mis. mudah marah), dan psikologi dasar (mis. pernah kena trauma, orientasi jenis kelamin, dsb.)

🥥 Untuk judul, pilihan antara lain:

Menyusun Profil Pembunuh Berantai
Penyusunan Profil Pembunuh Berantai.


🍉 SURJAYA
http://www.binapotensiaindonesia.com/services/detail/5/11
Competency Profiling merupakan langkah awal dalam mengidentifikasi talent, bertujuan menyusun profil kompetensi. Profil kompetensi berguna sebagai acuan ...

Pengantar Kriminologi - Halaman 190 - Hasil Google Books
https://books.google.co.id/books?isbn=6027985402
Frank E. Hagan - Social Science
Berkas Kejahatan 5.1 Profiling Kejahatan
Profiling kejahatan merujuk pada ... Disebut juga penyusunan profil psikologis atau analisis penyelidikan kejahatan, ...

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 397
Grading comment
Thanks.