closing

Indonesian translation: argumen penutup

English term or phrase:closing [argument]
Indonesian translation:argumen penutup
Entered by: Erich Ekoputra

09:28 Jun 25, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Cinema, Film, TV, Drama / subtitlte
English term or phrase: closing
Tentang sebuah persidangan kasus kriminal:

Never crossed my mind until *** came to my office,
a day or two before the closing...

Apa ya artinya 'closing' di sini? Apakah itu putusan pengadilan?

Thnaks.
Yohanes Sutopo
argumen penutup
Explanation:

🙋 Di dalam acara closing, baik pengacara maupun penuntut masih berusaha keras meyakinkan juri dengan argumen-argumen hukum, namun sering sarat dengan kata-kata yang memancing emosi (kegeraman, kasihan, simpati, haru, dsb.).

✔️ Wikipedia memberikan dua pilihan: argumen penutup dan penyajian terakhir (lihat: https://id.wikipedia.org/wiki/Argumen ). Di dalam hukum Indonesia, istilah ini tidak dikenal (lihat susunan acara pengadilan di sini: https://katanewss.wordpress.com/2013/03/23/tata-urut-persida... ). Tetapi, penyajian sepertinya berbau akuntansi keuangan yang pekat.

🌴 SURJAYA 🌴
https://books.google.co.id/books?isbn=9793269693
Opini pengadilan sangat dekat dan bergerak sangat cepat, ... Dalam argumen penutup yang dramatis, Jaksa Wilayah Joe Owmby berkata...

https://lifestyle.kompas.com/read/2010/04/01/02410330/kelar....
Para jaksa penuntut dan pengacara pembela menyampaikan argumen penutup mereka di pengadilan khusus yang berada di penjara dengan ...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5argumen penutup
Erich Ekoputra
5pernyataan penutup
Hipyan Nopri
5pernyataan akhir
Regi2006


  

Answers


4 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pernyataan akhir


Explanation:
Putusan Pengadilan Pajak Nomor : PUT.69378/PP/M.XIIB/16/2016 ? ... bahwa Pemohon Banding dalam pernyataan akhir (closing statement) Surat Nomor
http://ortax.org/ortax/?mod=pengadilan&hlm=1&page=show&id=25...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 64

14 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pernyataan penutup


Explanation:
Kalau dalam konteks sidang pengadilan di luar negeri:

closing = closing statement/argument.

Di awal persidangan, advokat menyampaikan opening statement.

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 116

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
argumen penutup


Explanation:

🙋 Di dalam acara closing, baik pengacara maupun penuntut masih berusaha keras meyakinkan juri dengan argumen-argumen hukum, namun sering sarat dengan kata-kata yang memancing emosi (kegeraman, kasihan, simpati, haru, dsb.).

✔️ Wikipedia memberikan dua pilihan: argumen penutup dan penyajian terakhir (lihat: https://id.wikipedia.org/wiki/Argumen ). Di dalam hukum Indonesia, istilah ini tidak dikenal (lihat susunan acara pengadilan di sini: https://katanewss.wordpress.com/2013/03/23/tata-urut-persida... ). Tetapi, penyajian sepertinya berbau akuntansi keuangan yang pekat.

🌴 SURJAYA 🌴
https://books.google.co.id/books?isbn=9793269693
Opini pengadilan sangat dekat dan bergerak sangat cepat, ... Dalam argumen penutup yang dramatis, Jaksa Wilayah Joe Owmby berkata...

https://lifestyle.kompas.com/read/2010/04/01/02410330/kelar....
Para jaksa penuntut dan pengacara pembela menyampaikan argumen penutup mereka di pengadilan khusus yang berada di penjara dengan ...


Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 397
Grading comment
Thanks.