KudoZ home » English to Indonesian » Construction / Civil Engineering

improvements

Indonesian translation: bangungan pengembangan


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:improvements
Indonesian translation:bangungan pengembangan
Entered by: Yosua Septian Elia

02:27 Nov 19, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Construction / Civil Engineering / Definisi dalam Kontrak
English term or phrase: improvements
"Improvements" shall mean every structure and all appurtenances thereto of every type and kind . . .
Yosua Septian Elia
Indonesia
bangungan pengembangan
Explanation:
√ Dalam konteks properti, ini adalah bangunan pengembangan bagi bangunan induk, umumnya menempel ke bangunan induk (mis. garasi).

REFERENSI ★★★★★★★
http://www.bppk.depkeu.go.id/webpkn/index.php?option=com_doc...
... membagi bangunan menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu: bangunan utama, yaitu bangunan yang mempunyai luas paling besar dan mempunyai kegunaan yang utama dan paling dominan; bangunan tambahan dan pengembangan lainnya (others land improvement/OLI).

--------------------------------------------------
Note added at 44 mins (2013-11-19 03:12:29 GMT)
--------------------------------------------------


Waduh, ada iblis menggoda: semestinya bangunan, kok jadi bangungan.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Trims. Pak Erich. Keselor jari sedikit ga apa kok :D
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5kembangan harta tak bergerak
Hipyan Nopri
4penyempurnaan atau perbaikan
raphita
4bangungan pengembangan
Erich Ekoputra


  

Answers


43 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
bangungan pengembangan


Explanation:
√ Dalam konteks properti, ini adalah bangunan pengembangan bagi bangunan induk, umumnya menempel ke bangunan induk (mis. garasi).

REFERENSI ★★★★★★★
http://www.bppk.depkeu.go.id/webpkn/index.php?option=com_doc...
... membagi bangunan menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu: bangunan utama, yaitu bangunan yang mempunyai luas paling besar dan mempunyai kegunaan yang utama dan paling dominan; bangunan tambahan dan pengembangan lainnya (others land improvement/OLI).

--------------------------------------------------
Note added at 44 mins (2013-11-19 03:12:29 GMT)
--------------------------------------------------


Waduh, ada iblis menggoda: semestinya bangunan, kok jadi bangungan.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40
Grading comment
Trims. Pak Erich. Keselor jari sedikit ga apa kok :D

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
kembangan harta tak bergerak


Explanation:
Dalam konteks hukum pertanahan,

improvement = kembangan (hasil pengembangan) harta tak bergerak.

Untuk versi ringkasnya, bisa digunakan 'kembangan' saja.

Mungkin istilah 'kembangan' ini masih relatif asing, tapi pemakaian istilah ini lebih ringkas daripada 'hasil pengembangan'.

Sebagai perbandingan:
penebangan = proses menebang
tebangan = hasil penebangan
penulisan = proses menulis
tulisan = hasil penulisan

Pengembangan di sini merujuk pada penambahan atau peningkatan yg bersifat permanen dan memberikan nilai tambah pada harta tak bergerak tsb.

Harta tak bergerak mencakup tanah, tumbuhan, dan bangunan.

Namun demikian, harta tak bergerak berupa tumbuhan ini tidak mencakup tanaman muda seperti sayur2an, bunga2an, dan buah2an berumur pendek (emblement).

Jadi, improvement tidak hanya merujuk pada misalnya garasi atau gudang sebagai hasil pengembangan dari bangunan yg sudah ada sebelumnya.

Improvement juga mencakup rumah, pagar, kolam ikan, kolam renang yang dibangun dan tanaman tua (kopi, karet, kelapa, mangga, rambutan, dll.) yg ditanam pada sebidang tanah yg sebelumnya hanya berupa tanah kosong.

Jadi, karena istilah tsb tidak hanya merujuk pada hasil pengembangan dari bangunan yg sudah ada, saya mengusulkan padanan seperti di atas.

Rujukan:
The high court held that an “improvement to real property” is an addition to or betterment of real property, that is permanent, that enhances the real property’s capital value, that involves the expenditure of labor or money, that is designed to make the property more useful or valuable, and that is not an ordinary repair.
http://www.theindianalawyer.com/indiana-justices-outline--im...

Improvements to real property are generally developments of land or structures on property that do more than merely replace, repair or restore the original condition. Improvements are characterized as being permanent and adding to the value of the property.
http://definitions.uslegal.com/r/real-estate-improvements/

Materi Kuliah Hukum Pertanahan (dokumen pdf).

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40

1 day5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
penyempurnaan atau perbaikan


Explanation:
Kalau melihat dari potongan source sentence, sepertinya membicarakan soal hal-hal atau pekerjaan-pekerjaan yang akan/harus dilakukan untuk memberi nilai tambah pada sesuatu harta (dalam hal ini gedung).

raphita
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 2