KudoZ home » English to Indonesian » Economics

biofuel

Indonesian translation: bahan bakar nabati


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:biofuel
Indonesian translation:bahan bakar nabati
Entered by: Susi Septaviana

04:01 Jul 4, 2008
English to Indonesian translations [Non-PRO]
Social Sciences - Economics
English term or phrase: biofuel
The Conference offered nothing to remedy the huge influx of speculative capital into food commodity future markets which in conjunction with the biofuel rush is pushing staple prices skywards
Susi Septaviana
Indonesia
bahan bakar nabati
Explanation:
Clearinghouse Energi terbarukan dan Konservasi Energi - Potensi ...
5 Okt 2007 ... Teknologi generasi kedua biofuel (bahan bakar nabati) bukan hal baru dari segi penerapan teori-teori biologi, kimia, maupun fisika. ...
www.energiterbarukan.net/index.php?option=com_content&task=...
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Thanks ya... memang ini paling sesuai tapi saya pikir BBB juga boleh tuh dipakai
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +5bahan bakar nabati
Regi2006
5 +3bahan bakar hayati
Hikmat
4 +1bahan bakar bio
Erich Ekoputra
5bahan bakar organik
Hipyan Nopri
4bahan bakar alternatif
Sussie Sufyasih Umsari


  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +5
bahan bakar nabati


Explanation:
Clearinghouse Energi terbarukan dan Konservasi Energi - Potensi ...
5 Okt 2007 ... Teknologi generasi kedua biofuel (bahan bakar nabati) bukan hal baru dari segi penerapan teori-teori biologi, kimia, maupun fisika. ...
www.energiterbarukan.net/index.php?option=com_content&task=...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11
Grading comment
Thanks ya... memang ini paling sesuai tapi saya pikir BBB juga boleh tuh dipakai

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Christianna Braithwaite: paling pas, soalnya 'bio' di sini rasanya mengacu ke tumbuhan (nabati)
14 mins

agree  Ikram Mahyuddin
2 hrs

agree  vicksy nurhayati
5 hrs

agree  eldira: didukung oleh: Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. id.wikipedia.org/wiki/Biofuel
15 hrs

agree  Dewinta Maharani
3 days9 hrs

2 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
bahan bakar organik


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 16 mins (2008-07-04 04:18:07 GMT)
--------------------------------------------------

Mobil dengan teknologi terbaru memakai *bahan bakar organik*/*biofuels*.
http://www.pu.go.id/Index.asp?link=Issu&noid=17

Sehingga muncul suatu wacana, bahwa pengalihan pangan rakyat untuk kebutuhan *bahan bakar organik* atau *biofuel*, yang mengakibatkan . . .
http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=10&dn=200804150...

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 56

23 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
bahan bakar bio


Explanation:
Jika disingkat, terdengar mantap: BBB. :)

*Lawannya* adalah bahan bakar fosil.



Example sentence(s):
  • Sebaliknya devisa yang dihemat untuk membeli BBM bisa untuk memproduksi bahan bakar bio.

    Reference: http://www.bppt.go.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1...
Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 134

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  vicksy nurhayati: sering denger dan baca juga utk term ini
5 hrs
  -> Thanks Vicksy!

53 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +3
bahan bakar hayati


Explanation:




><Hayati, dikau mawar asuhan rembulan...:)


    Reference: http://pusatbahasa.diknas.go.id/glosarium/index.php?gloss_as...
Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 24

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Dina F. Nugroho: Dengan "define:biofuel" terlihat bahwa banyak yang mendefinisikan biofuel sebagai bahan bakar dari tumbuhan dan hewan (jadi terwakili oleh "hayati"), walaupun ada juga yang membedakan biofuel (tumbuhan) dan fossil fuel (hewan).
5 hrs
  -> thanks dina

agree  Hadiyono Jaqin
2 days2 hrs

agree  ivo abdman: Ada contohnya Biologi = Ilmu Aryati atau Ilmu Aryat :)
5 days

5 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
bahan bakar alternatif


Explanation:
Saya pikir untuk saat ini hanya dapat di diterjemahkan dengan ''alternatif'' saja. Karena yang menggunakannya hanya segelintir/segolongan orang/ manusia saja di bumi Indonesia yang tercinta ini.
Mungkin di abad yang mendatang (kapan???) kalau *pensosialisasian* bahan bakar alternatif yang dibuat dari sampah organik ini sudah merata diseluruh masyarakat Indonesia (dari atas sampai bawah) baru bisa disebut ''bahan bakar organik''

--------------------------------------------------
Note added at 5 días (2008-07-09 23:45:11 GMT)
--------------------------------------------------

Mungkin bisa lihat juga satu refensi yang lain :
digg.com/world_news/Bahan_Bakar_Alternatif_Briket


    Reference: http://www.harian-global.com
Sussie Sufyasih Umsari
Spain
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian