KudoZ home » English to Indonesian » Education / Pedagogy

lower

Indonesian translation: dasar


02:23 Sep 7, 2011
English to Indonesian translations [PRO]
Education / Pedagogy
English term or phrase: lower
Have you previously received early education in school?
( ) Yes
( ) No

If Yes, what is your education level?
( ) Lower
( ) Higher

Kuesioner ini ditujukan bagi pekerja konstruksi asal Indonesia yang akan bekerja di Malaysia (survei dilakukan oleh pihak Malaysia).

Dugaan saya yang dimaksud dengan early education di sini adalah pendidikan menengah di Indonesia. Terjemahan sementara saya untuk Lower adalah SMP, sementara higher SMA.
Regi2006
Indonesia
Indonesian translation:dasar
Explanation:
di depdikbud ada dirjen dasar dan menengah

--------------------------------------------------
Note added at 4 menit (2011-09-07 02:28:10 GMT)
--------------------------------------------------

pendidikan dasar (Sd), menengah (setingkat SMP, SMA), tinggi (perguruan tinggi, universitas)
Selected response from:

Hikmat
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +4dasar
Hikmat
4Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Vincentius Mariatmo
3dasar & menengah
Wawan Yulianto


Discussion entries: 1





  

Answers


1 min   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +4
dasar


Explanation:
di depdikbud ada dirjen dasar dan menengah

--------------------------------------------------
Note added at 4 menit (2011-09-07 02:28:10 GMT)
--------------------------------------------------

pendidikan dasar (Sd), menengah (setingkat SMP, SMA), tinggi (perguruan tinggi, universitas)

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 27
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Ekoputra
6 hrs

agree  Budi Suryadi-
6 hrs

agree  Sudiatno
7 hrs

agree  Vonny Indrawaty
22 hrs

19 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Sekolah Menengah Pertama (SMP)


Explanation:
Berdasarkan petikan dari website resmi Kementrian Pendidikan Malaysia di bawah ini, saya simpulkan kalau terminologi "lower" ini berarti setingkat dengan pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama) di Indonesia.

Yang membuat saya ragu, dalam pertanyaan pertama ada kata "early education". Rasanya cukup aneh, mengingat tidak ada kata "early education" dalam sistem pendidikan di Malaysia.
Menurut saya yang paling masuk akal adalah:
1. Typo / kesalahan sumber dokumen
2. Pertanyaan kedua tidak ada kaitannya dengan pertanyaan pertama (dalam konteks "what is your education level?" tidak ada kaitan dengan "early education" pada pertanyaan pertama).


-=-=-=-=-
Primary and Secondary Education
Primary education (a period of 6 years) and secondary education (5 years which encompasses 3 years of lower secondary and 2 years of upper secondary) make up 11 years of free education.
-=-=-=-=-


Semoga membantu ^^


    Reference: http://www.mohe.gov.my/educationmsia/education.php?article=s...
    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Education_in_Malaysia
Vincentius Mariatmo
Native speaker of: Indonesian

2 days 17 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
dasar & menengah


Explanation:
IMHO, istilah "higher education" biasanya mengacu kepada pendidikan tinggi atau pasca SMA, seperti misalnya kalau di kampus-kampus ada jurusan "higher education management" begitu. Jadi dengan asumsi itu, lower education berarti "dasar dan menengah" atau yang bukan pendidikan tinggi.

Wawan Yulianto
United States
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian