KudoZ home » English to Indonesian » Finance (general)

multiple banking

Indonesian translation: perbankan berganda


19:28 Feb 10, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Finance (general)
English term or phrase: multiple banking
The practice of multiple banking has increased tremendously during the last four-five years in Nepal. This is due to the increasing competition and the bankers desire to grow in a short span of time.
Steve Matsunaga
Indonesian translation:perbankan berganda
Explanation:
multiple = berganda
banking = perbankan

Setuju dengan penjelasan John, dalam konteks ini bukan 'jasa/layanan bank' yang banyak tapi 'bank yang memberikan pinjaman' yang banyak. Artinya, beberapa bank memberikan pinjaman kepada orang/perusahaan yang sama (lihat referensi yang diajukan John di atas). Ini berbeda dengan praktek yang sudah umum, yaitu satu bank memberikan pinjaman kepada satu orang/perusahaan.

Memang, kamus BI memberikan padanan seperti yang dikemukakan Rahmat, tapi dalam konteks ini padanan tersebut kurang tepat.

Ref.:
Shook, R.J. 2002. Kamus Lengkap Wall Street: Sumber Acuan Istilah Keuangan Terkini. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2perbankan berganda
Hipyan Nopri
5 +1bank multijasaRahmat Rahmat, Ph.D.
4multi perbankan
Regi2006
2 +1perbankan multiJohn Gare
3peminjaman kredit multisumber
Hikmat
1perbankan umum
Erich Ekoputra


  

Answers


3 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
bank multijasa


Explanation:
bank serbaguna

Rahmat Rahmat, Ph.D.
Works in field
Native speaker of: Native in EnglishEnglish, Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 48

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Dewinta Maharani
2 days18 hrs

19 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
multi perbankan


Explanation:
Selain dari Dana PPK fasilitasi kemudahan untuk memperoleh permodalan bagi KUKM lainnya dengan melibatkan stakeholder multi perbankan antara lain Bank BRI, Bank Danamon, Bank Panin, Bank Mandiri, Bank BNI 46 dan Koperasi Simpan Pinjam.

http://www.kotasukabumi.com/ppk/pk/BAB III PK Final.pdf

--------------------------------------------------
Note added at 43 mins (2007-02-10 20:11:49 GMT)
--------------------------------------------------

EDIT: multi layanan perbankan

Regi2006
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 44

3 hrs   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5 peer agreement (net): +1
perbankan multi


Explanation:
From:
http://www.nepalnews.com.np/contents/englishmonthly/business...
the context here is :
"multiple banking—a situation when one borrower is banking with many banks." I can't find what this is called but I feel it is different to 'multijasa', which Bank Indonesia describes as 'Department Store' banking - one bank providing many different kinds of service.

John Gare
Specializes in field
Native speaker of: English
PRO pts in category: 7

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hikmat: perbankan polibank?
1 hr

5 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
peminjaman kredit multisumber


Explanation:
imho
Praktek meminjam uang dengan sumber kredit dari sumber bank yang berbeda (peminjaman kredit multisumber).

--------------------------------------------------
Note added at 5 jam (2007-02-11 01:10:57 GMT)
--------------------------------------------------

Praktek meminjam uang dengan sumber kredit dari sumber bank yang berbeda (peminjaman kredit multisumber) berkembang cukup pesat di Nepal dalam empat sampai lima tahun terakhir.

Hikmat
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 60

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
perbankan berganda


Explanation:
multiple = berganda
banking = perbankan

Setuju dengan penjelasan John, dalam konteks ini bukan 'jasa/layanan bank' yang banyak tapi 'bank yang memberikan pinjaman' yang banyak. Artinya, beberapa bank memberikan pinjaman kepada orang/perusahaan yang sama (lihat referensi yang diajukan John di atas). Ini berbeda dengan praktek yang sudah umum, yaitu satu bank memberikan pinjaman kepada satu orang/perusahaan.

Memang, kamus BI memberikan padanan seperti yang dikemukakan Rahmat, tapi dalam konteks ini padanan tersebut kurang tepat.

Ref.:
Shook, R.J. 2002. Kamus Lengkap Wall Street: Sumber Acuan Istilah Keuangan Terkini. Jakarta: Penerbit Erlangga.




Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 110
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Nikolas Pangutama: kegiatan perbankan berganda
1 day14 hrs
  -> terima kasih lagi, Pang.

agree  Harry Hermawan: :P
15 days

10 hrs   confidence: Answerer confidence 1/5Answerer confidence 1/5
perbankan umum


Explanation:
Semua dilayani: ya tabungan ya pinjaman. :P

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 195