KudoZ home » English to Indonesian » General / Conversation / Greetings / Letters

stretching

Indonesian translation: merentangkan upaya


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:stretching
Indonesian translation:merentangkan upaya
Entered by: xxxmockingbird

03:25 Dec 23, 2005
English to Indonesian translations [PRO]
General / Conversation / Greetings / Letters
English term or phrase: stretching
Statement of an Objective and the Means to Achieve It:

- Measurable and specific

- Indicate the specific activities and resources needed to succeed

- Challenging, stretching and possible
xxxmockingbird
membuat seseorang mau memberikan upaya tambahan (extra effort)
Explanation:
Ungkapan dalam bahasa indonesia mungkin ada yang lebih tepat daripada lebih sekedar meregangkan.
Yang jelas karena konteksnya dalam hal tujuan. Dimana tujuan itu harus challanging (menantang), memancing orang untuk memberikan upaya tambahan untuk mencapai tujuan itu (extra effort), dan mampu dicapai(possible)
Selected response from:

Hikmat
Indonesia
Grading comment
Thanks all
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1membuat seseorang mau memberikan upaya tambahan (extra effort)
Hikmat
4merentangkan kemampuan/upaya
Kardi Kho
4meningkatkan kemampuan
Zein Isa
4Memanjang/ terus menerus
Harry Hermawan
4mengencangkan ikat pinggang
M. Laut


Discussion entries: 1





  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Memanjang/ terus menerus


Explanation:
as in the case of possible renewal of contract or agreement/ work etc.

Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mengencangkan ikat pinggang


Explanation:
~~~~~

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 67

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
membuat seseorang mau memberikan upaya tambahan (extra effort)


Explanation:
Ungkapan dalam bahasa indonesia mungkin ada yang lebih tepat daripada lebih sekedar meregangkan.
Yang jelas karena konteksnya dalam hal tujuan. Dimana tujuan itu harus challanging (menantang), memancing orang untuk memberikan upaya tambahan untuk mencapai tujuan itu (extra effort), dan mampu dicapai(possible)

Hikmat
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 232
Grading comment
Thanks all

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kardi Kho
19 hrs

8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
meningkatkan kemampuan


Explanation:
Saya rasa, "stretching" di sini berarti terjadinya peningkatan kemampuan. Jadi sasaran bukan hanya "challenging" sekaligus "possible", tetapi dengan berusaha mencapai sasaran tersebut, akan terjadi pembelajaran yang meningkatkan/mempertinggi kemampuan orang yang berusaha mewujudkannya.

Zein Isa
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 16

22 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
merentangkan kemampuan/upaya


Explanation:
Saya setuju dengan penjelasan Hikmat. Saya kira stretching di sini artinya adalah agar tujuan yang dimaksud selain bersifat menantang dan mungkin untuk dicapai, ia juga harus dapat membuat para pesertanya(?) untuk merentangkan kemampuan/upayanya untuk dapat melaksanakannya, jadi dengan kata lain mereka harus berusaha untuk dapat mencapai tujuan tsb.
SM

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 275
Notes to answerer
Asker: Yes, this is also a very good one, so short ...