KudoZ home » English to Indonesian » General / Conversation / Greetings / Letters

explotion diagram

Indonesian translation: gambar-terurai


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:explosion diagram
Indonesian translation:gambar-terurai
Entered by: Wiyanto Suroso

11:03 Sep 28, 2011
English to Indonesian translations [PRO]
General / Conversation / Greetings / Letters
English term or phrase: explotion diagram
Apa padanan yang umum digunakan untuk explotion diagram atau exploded view diagram ?
Thanks.
Tony Zhou
gambar-terurai
Explanation:
'explosion diagram' atau 'exploded view diagram/drawing' bukan 'explotion diagram'

http://en.wikipedia.org/wiki/Exploded_view_drawing

Yang dimaksudkan dengan "gambar-terurai" ialah gambar 3 dimensi rangkaian/rakitan yang suku cadangnya tampak terurai. Saya mendukung padanan istilah ini yang cukup jelas dan tidak harfiah.

assembly chart: peta rakitan
explosion diagram: gambar-terurai

Tujuan utama dari peta rakitan adalah untuk menunjukkan keterkaitan antara komponen, yang dapat juga digambarkan oleh sebuah ‘gambar-terurai’.

http://acid90.bloqita.net/2011/07/30/assembly-chart/
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +3gambar-terurai
Wiyanto Suroso
4 +1diagram ledakan
M. Laut
4gambar pretelan
Erich Ekoputra


  

Answers


4 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
diagram ledakan


Explanation:
Seharusnya: explosion ?

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 67

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Vaddy Peters: +1 an obvious typo
19 mins

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
gambar-terurai


Explanation:
'explosion diagram' atau 'exploded view diagram/drawing' bukan 'explotion diagram'

http://en.wikipedia.org/wiki/Exploded_view_drawing

Yang dimaksudkan dengan "gambar-terurai" ialah gambar 3 dimensi rangkaian/rakitan yang suku cadangnya tampak terurai. Saya mendukung padanan istilah ini yang cukup jelas dan tidak harfiah.

assembly chart: peta rakitan
explosion diagram: gambar-terurai

Tujuan utama dari peta rakitan adalah untuk menunjukkan keterkaitan antara komponen, yang dapat juga digambarkan oleh sebuah ‘gambar-terurai’.

http://acid90.bloqita.net/2011/07/30/assembly-chart/

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 127

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  raphita: agree.
14 hrs
  -> Terima kasih.

agree  Lalita Wahyuni
20 hrs
  -> Terima kasih.

agree  eldira: tambahan referensi: puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ind/article/download/.../16963
1 day 7 hrs
  -> Terima kasih atas tambahan rujukannya.

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
gambar pretelan


Explanation:

Dari beberapa gambar di internet, explotion diagram adalah diagram blok mesin yang bagian-bagiannya dicopot atau dipreteli.

Ref1: KBBI
pre·tel /prétél/ v rontok; copot semua

Ref 2: http://slametnz.blogspot.com/2007/12/arloji.html
Seorang sahabat sudah menjabarkan tentang arloji dengan gamblang dan jelas sekali.Mulai panduan mengkoleksi untuk pemula, bagaimana membedakan arloji palsu dan asli , dimana membeli arloji bekas sampai gambar pretelan arloji disusun apik oleh sahabat ini, ...


Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 145