KudoZ home » English to Indonesian » Geography

village and country

Indonesian translation: desa dan distrik


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:village and country
Indonesian translation:desa dan distrik
Entered by: Agustinus

04:48 Nov 11, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Geography
English term or phrase: village and country
there is an address:
The site is located in Zhenxia Village, Jitan Town Xunwu Country, Guangzhou City, Jiangxi Province, China.

apakah arti yang tepat untuk village dan Country?

terima kasih.
Agustinus
Indonesia
desa dan distrik
Explanation:

Makna berikut diperoleh dari kamus Oxford:

country districts and small settlements outside large urban areas or the capital.

Jika harfiah akan menjadi distrik pinggiran (dalam hal, menempel atau berinduk ke Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangxi*). Namun, distrik sudah mencukupi.

*Mengapa di dalam teks dikatakan berada di Jiangxi?

REFERENSI ★★★★★★★
http://id.wikipedia.org/wiki/Guangzhou
Dinasti Man Chu memerintah 1644-1911, dan Guangzhou menjadi ibukota Guangdong dan Guangxi.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
thanks erich :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5kelurahan dan negara
M. Laut
5desa dan kabupaten
Wiyanto Suroso
5desa dan luar kota
Dani Karuniawan
4 +1desa dan distrik
Erich Ekoputra
3Desa dan Kecamatan
Masyhud Marzuki


Discussion entries: 2





  

Answers


48 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
desa dan distrik


Explanation:

Makna berikut diperoleh dari kamus Oxford:

country districts and small settlements outside large urban areas or the capital.

Jika harfiah akan menjadi distrik pinggiran (dalam hal, menempel atau berinduk ke Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangxi*). Namun, distrik sudah mencukupi.

*Mengapa di dalam teks dikatakan berada di Jiangxi?

REFERENSI ★★★★★★★
http://id.wikipedia.org/wiki/Guangzhou
Dinasti Man Chu memerintah 1644-1911, dan Guangzhou menjadi ibukota Guangdong dan Guangxi.


Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 7
Grading comment
thanks erich :)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
1 hr
  -> Terima kasih Ikram, sebagai tanda terima kasih adalah peribahasa lokal: Gayung disambut, kata dijawab (setiap dukungan, ada terima kasihnya :)

2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Desa dan Kecamatan


Explanation:
biasanya alamat suatu tempat selalu dimulai dari desa, kecamatan dan seterusnya.

Masyhud Marzuki
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
desa dan luar kota


Explanation:
Country adalah daerah di luar kota.
Village adalah desa.

Tidak semua country adalah village. Misal, padang, lembah, hutan, dsb itu termasuk country, walau mungkin tidak termasuk village.

Village bisa di dalam kota tapi bisa juga di luar kota.

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2013-11-11 07:28:52 GMT)
--------------------------------------------------

Ilustrasinya, kalau Bandung adalah City, maka daerah-daerah yang berada di luar Bandung City adalah country. Country di luar kota Bandung misalnya Lembang, Padalarang, Cimahi, Puncrut, Kawah Putih, Ciwidey, dsb.
Kalau untuk Jakarta, country meliputi daerah Jakarta coret.
Kalau untuk Kota Sumedang, Jatinangor dan Tanjungsari termasuk country.

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2013-11-11 07:31:42 GMT)
--------------------------------------------------

Contoh penggunaan kata "country" dalam terjemahan Alkitab King James Version dan terjemahan King James Version 2000, kata "country" merujuk pada padang penggembalaan di luar Kota Betlehem, di mana para gembala menggembalakan domba. Daerah padang ini masih masuk wilayah Betlehem, tapi di luar kota Betlehem.

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2013-11-11 07:36:17 GMT)
--------------------------------------------------

Country meliputi daerah yang ditinggali orang, tapi juga bisa meliputi daerah yang tidak ditinggali orang. Pokok makna kata "country" adalah daerah luar
kota besar (lihat ilustrasi Jakarta, Bandung, Sumedang, dan padang penggembalaan di atas.

Dani Karuniawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
desa dan kabupaten


Explanation:
Di Cina, urutan daerah administrasinya ialah provinsi, prefektur/'city', 'county' (bukan 'country'), 'town', dan desa.

http://en.wikipedia.org/wiki/Administrative_divisions_of_Chi...

Xunwu County (Chinese: 寻乌县) is a county, under the jurisdiction of Ganzhou, in Jiangxi province, People's Republic of China.

http://en.wikipedia.org/wiki/Xunwu_County

Di Indonesia, yang setara dengan urutan tersebut ialah provinsi, eks karesidenan, kabupaten/kota, wilayah pembantu bupati (eks kawedanan), kecamatan, dan desa. Karesidenan sudah ditiadakan. Demikian pula, kawedanan sudah ditiadakan, tetapi jabatan Pembantu Bupati masih ada di beberapa daerah meskipun tidak berwenang untuk menetapkan keputusan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Karesidenan

http://id.wikipedia.org/wiki/Kawedanan

Dengan demikian, apabila yang ditanyakan ialah 'village' dan 'county', kesetaraannya dengan daerah administrasi di Indonesia ialah 'desa' dan kabupaten'.



Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

22 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
kelurahan dan negara


Explanation:
Rujukan dibawah:

--------------------------------------------------
Note added at 9 jam (2013-11-11 13:57:00 GMT)
--------------------------------------------------

Kita Indonesia-kan:

Kelurahan & Kabupaten
Kabupaten sama dengan distrik di luar-


    Reference: http://www.proz.com/kudoz/english_to_indonesian/general_conv...
M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian