KudoZ home » English to Indonesian » History

ducal

Indonesian translation: Tetap ducal dengan penjelasan


03:06 Nov 1, 2006
English to Indonesian translations [PRO]
History / History
English term or phrase: ducal
He was a member of former ducal Saxe-Coburg-Gotha => apa terjemahan ducal (daerah kekuasaan seorang Duke/Duchess?); apa padanan Duke/Duchess dalam bahasa Indonesia.
Dita Wibisono
Indonesian translation:Tetap ducal dengan penjelasan
Explanation:
Tetap:
ducal (daerah kekuasaan seorang Duke/Duchess)

Menurut saya Duke tetap Duke, karena mempunyai arti tersendiri dalam struktur bangsawan Inggris.
Selected response from:

Rayindra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih banyak, Rayindra & Erich
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2Tetap ducal dengan penjelasan
Rayindra
5kadipatenakhmadsantoso
3kadipaten
Erich Ekoputra
3adipati
Hikmat


  

Answers


2 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
adipati


Explanation:
imho

--------------------------------------------------
Note added at 3 mins (2006-11-01 03:10:29 GMT)
--------------------------------------------------

atau bangsawan aja cukup...dalam beberapa konteks lain

--------------------------------------------------
Note added at 19 mins (2006-11-01 03:26:31 GMT)
--------------------------------------------------

atau wilayahnya bisa disebut "keadipatian"
http://www.bigdirection.com/id/Austria-Hongaria
http://id.wikipedia.org/wiki/Austria-Hongaria

Hikmat
Indonesia
Meets criteria
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 16
Notes to answerer
Asker: terima kasih banyak Hikmat


19 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
Tetap ducal dengan penjelasan


Explanation:
Tetap:
ducal (daerah kekuasaan seorang Duke/Duchess)

Menurut saya Duke tetap Duke, karena mempunyai arti tersendiri dalam struktur bangsawan Inggris.

Rayindra
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Terima kasih banyak, Rayindra & Erich

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Ekoputra: Mempertahankan aslinya ada baiknya. O.ya, Duke tampaknya dikenal juga di luar Inggris. Dalam teks Dita, Saxe-Coburg-Gotha adalah bagian dari Prusia/Jerman.
9 mins

agree  Ikram Mahyuddin: setuju
1 day18 mins

23 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kadipaten


Explanation:
Jika yang diinginkan adalah daerah kekuasaannya. Duke sendiri sering diterjemahkan sebagai adipati (sebagaimana dikatakan Hikmat). Sementara itu, Duchess mungkin menjadi "Nyimas Adipati".

Erich Ekoputra
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Notes to answerer
Asker: terima kasih banyak Erich


431 days   confidence: Answerer confidence 5/5
kadipaten


Explanation:
Kalimat ini aneh, karena "ducal" adalah adjective yang artinya "berhubungan dengan duke". Saya kira yang dimaksud kalimat ini adalah "duchy of Saxe-Coburg-Gotha". Maka kalau diterjemahkan, kita dapat menggunakan bentuk yang paling mirip yaitu "kadipaten". Saya kira praktek seperti ini masih bisa diterima, sama seperti "kabupaten" dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi "regency". Kalau dalam terjemahan ini boleh memberikan penjelasan, saya kira kata aslinya bisa tetap dipertahankan (yaitu menjadi "duchy" dan bukan "ducal"), tapi kalau tidak bisa, maka sebaiknya diterjemahkan menjadi kadipaten saja (daripada dibiarkan tidak diterjemahkan).

akhmadsantoso
Does not meet criteria
Specializes in field
Native speaker of: Native in JavaneseJavanese