at-will

Indonesian translation: tanpa ikatan [kerja tertulis]

English term or phrase:at-will
Indonesian translation:tanpa ikatan [kerja tertulis]
Entered by: YanaRudiana

01:19 Apr 11, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Human Resources / Employment
English term or phrase: at-will
This policy does not affect the "at-will" status of employees
YanaRudiana
Indonesia
tanpa ikatan [kerja tertulis]
Explanation:
🏝️ Sebagaimana yang dikatakan https://en.wikipedia.org/wiki/At-will_employment : ... the employer is free to discharge individuals 'for good cause, or bad cause, or no cause at all., karyawan berstatus at will bisa dipecat dengan alasan (baik atau buruk) atau tanpa alasan sama sekali. Kalau main *tembak langsung*: siap pecat sewaktu-waktu.

Tentu, itu terdengar kasar, no finesse sebagai terjemahan. Maka, kita lihat aspek yang menonjol dari at will. Hubungan antara pemberi kerja dan pekerja terbentuk karena adanya ikatan kerja yang bisa lisan dan tertulis (bahkan dari perilaku pun bisa terbentuk, lihat surjaya ke-1). Ikatan kerja tertulis mengatur hubungan dengan lebih ketat dan rinci, yang mencakup a.l. syarat pemutusan hubungan kerja (mis. pengunduran diri, kelakuan buruk, dsb.) sehingga tidak bisa at will. Nah, di sinilah aspek pembeda: at will lazimnya terbentuk tanpa ikatan kerja tertulis, sebab ketika tertulis dan harus ditandatangani, pekerja tentunya menuntut bahwa pemecatan tidak semena-mena.,

⚽ Usul terjemahan lengkap: tanpa ikatan kerja tertulis, namun versi singkat: tanpa ikatan cukup berterima secara praktis.

★彡 SURJAYA
http://www.pooleshaffery.com/employment-law/employment-contr...
"At will" employment contracts can be terminated by either party by giving notice. .... In an "express" employment contract, the parties mutually agree on specific "material terms" whether stated in writing or verbally.

http://employment.findlaw.com/hiring-process/at-will-employe...
Sometimes there is no written contract, but the contract is implied through an oral understanding or simply by the behavior of the employer and the employee.

https://www.borneonews.co.id/berita/490-karyawan-tanpa-ikata...
Karyawan Tanpa Ikatan Kerja Di Posisi Lemah
PARA pekerja yang tidak memiliki perjanjian kerja dengan pihak perusahaan diminta untuk lebih berhati-hati. Pasalnya, jika terjadi kecelakaan kerja, pihak perusahaan akan lepas tangan.

http://bidikonline.com/m/read-77956-2017-09-05-buruh-hanya-a...
Kondisi ini sungguh memprihatinkan, mengingat BHL sebagai bagian dari hubungan kerja tanpa ikatan mempunyai resiko ekonomi lebih besar dibanding buruh sektor formal
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih mas Erich.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1tanpa kontrak
Hipyan Nopri
4tanpa ikatan [kerja tertulis]
Erich Ekoputra
4pekerja bebas
Regi2006


  

Answers


14 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
tanpa kontrak


Explanation:
Dalam konteks dunia kerja:

at will = tanpa kontrak

Rujukan:
employment at will = employment that is usually undertaken without a contract and that may be terminated at any time by either the employer or the employee wtihout cause.
Garner, Bryan A. 2014. Black's Law Dictionary. 10th edition. St. Paul: Thomson Reuters

--------------------------------------------------
Note added at 17 mins (2018-04-11 01:36:52 GMT)
--------------------------------------------------

Makna dasar at will memang sesuka hati karena tiadanya kontrak. Jadi majikan maupun karyawan bebas memecat atau mengundurkan diri tanpa alasan sekalipun.

Jika pekerjaan berstatus kontrak, tentu majikan maupun karyawan tidak bisa seenaknya memecat atau mengundurkan. Mereka terikat oleh syarat dan ketentuan yg telah disepakati dalam kontrak kerja yg telah ditandatangani.

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 76

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Regi2006: Atau non-kontrak
3 hrs
  -> Terima kasih, Regi.

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pekerja bebas


Explanation:
Sekadar alternatif saja.

Regi2006
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
tanpa ikatan [kerja tertulis]


Explanation:
🏝️ Sebagaimana yang dikatakan https://en.wikipedia.org/wiki/At-will_employment : ... the employer is free to discharge individuals 'for good cause, or bad cause, or no cause at all., karyawan berstatus at will bisa dipecat dengan alasan (baik atau buruk) atau tanpa alasan sama sekali. Kalau main *tembak langsung*: siap pecat sewaktu-waktu.

Tentu, itu terdengar kasar, no finesse sebagai terjemahan. Maka, kita lihat aspek yang menonjol dari at will. Hubungan antara pemberi kerja dan pekerja terbentuk karena adanya ikatan kerja yang bisa lisan dan tertulis (bahkan dari perilaku pun bisa terbentuk, lihat surjaya ke-1). Ikatan kerja tertulis mengatur hubungan dengan lebih ketat dan rinci, yang mencakup a.l. syarat pemutusan hubungan kerja (mis. pengunduran diri, kelakuan buruk, dsb.) sehingga tidak bisa at will. Nah, di sinilah aspek pembeda: at will lazimnya terbentuk tanpa ikatan kerja tertulis, sebab ketika tertulis dan harus ditandatangani, pekerja tentunya menuntut bahwa pemecatan tidak semena-mena.,

⚽ Usul terjemahan lengkap: tanpa ikatan kerja tertulis, namun versi singkat: tanpa ikatan cukup berterima secara praktis.

★彡 SURJAYA
http://www.pooleshaffery.com/employment-law/employment-contr...
"At will" employment contracts can be terminated by either party by giving notice. .... In an "express" employment contract, the parties mutually agree on specific "material terms" whether stated in writing or verbally.

http://employment.findlaw.com/hiring-process/at-will-employe...
Sometimes there is no written contract, but the contract is implied through an oral understanding or simply by the behavior of the employer and the employee.

https://www.borneonews.co.id/berita/490-karyawan-tanpa-ikata...
Karyawan Tanpa Ikatan Kerja Di Posisi Lemah
PARA pekerja yang tidak memiliki perjanjian kerja dengan pihak perusahaan diminta untuk lebih berhati-hati. Pasalnya, jika terjadi kecelakaan kerja, pihak perusahaan akan lepas tangan.

http://bidikonline.com/m/read-77956-2017-09-05-buruh-hanya-a...
Kondisi ini sungguh memprihatinkan, mengingat BHL sebagai bagian dari hubungan kerja tanpa ikatan mempunyai resiko ekonomi lebih besar dibanding buruh sektor formal


Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 166
Grading comment
Terima kasih mas Erich.