KudoZ home » English to Indonesian » Idioms / Maxims / Sayings

necessary evil

Indonesian translation: kerepotan yang perlu


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:necessary evil
Indonesian translation:kerepotan yang perlu
Entered by: Erich Ekoputra

14:44 Aug 6, 2010
English to Indonesian translations [PRO]
Idioms / Maxims / Sayings
English term or phrase: necessary evil
Context:

Software documentation is viewed by some programmers as a necessary evil, only to be started at the very end of UAT.

What I am looking for:

an idiomatic translation (when possible).
Erich Ekoputra
Indonesia
kerepotan yang perlu
Explanation:
kurang lebih maksudnya adalah lebih baik tidak ada, tapi karena memang diperlukan/diharuskan maka harus diadakan.

A necessary evil is anything which, despite being considered to have undesirable qualities, is preferable to its absence.

http://en.wikipedia.org/wiki/Necessary_Evil

Faktor yang menyebabkan kelunturan paham kebebasan ekonomi adalah krisis keuangan global. Akibat krisis, pasar kehilangan kekuatan untuk menopang perekonomian. Semua kemudian berpaling ke sang necessary evil, yaitu negara. Dalam paham Keynessian, negara merupakan “setan yang dibutuhkan”, terutama pada saat krisis. Wajar saja, paham tersebut lahir ketika dunia tengah dalam belitan The Great Depression pada 1930-an.

http://www.koran-jakarta.com/berita-detail.php?id=43504


Selected response from:

Mohammad Renaldi Diponegoro
Grading comment
Hingga ditemukan istilah yang lebih maknyus lagi, pada saat ini, pilihan ini saya rasa paling pas. Terima kasih mas MRD, dan semua rekan lain yang ikut sumbang saran.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4merepotkan tapi perlu
Ferry Toar
4harus diterima karena memang dibutuhkan
raphita
4dibutuhkan walau terpaksa
Wiyanto Suroso
4tidak disuka tetapi harus diterima
M. Laut
3kewajiban yang harus ditelan
Hikmat
3bagai makan buah simalakama
Irma Anzia
3kerepotan yang perlu
Mohammad Renaldi Diponegoro
Summary of reference entries provided
several possibilities ...
Catherine Muir

  

Answers


25 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kerepotan yang perlu


Explanation:
kurang lebih maksudnya adalah lebih baik tidak ada, tapi karena memang diperlukan/diharuskan maka harus diadakan.

A necessary evil is anything which, despite being considered to have undesirable qualities, is preferable to its absence.

http://en.wikipedia.org/wiki/Necessary_Evil

Faktor yang menyebabkan kelunturan paham kebebasan ekonomi adalah krisis keuangan global. Akibat krisis, pasar kehilangan kekuatan untuk menopang perekonomian. Semua kemudian berpaling ke sang necessary evil, yaitu negara. Dalam paham Keynessian, negara merupakan “setan yang dibutuhkan”, terutama pada saat krisis. Wajar saja, paham tersebut lahir ketika dunia tengah dalam belitan The Great Depression pada 1930-an.

http://www.koran-jakarta.com/berita-detail.php?id=43504




Mohammad Renaldi Diponegoro
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Hingga ditemukan istilah yang lebih maknyus lagi, pada saat ini, pilihan ini saya rasa paling pas. Terima kasih mas MRD, dan semua rekan lain yang ikut sumbang saran.

31 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
tidak disuka tetapi harus diterima


Explanation:
Diambil dari Kamus Peter Salim

M. Laut
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Indonesian

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kewajiban yang harus ditelan


Explanation:
A necessary evil means that friction has advantages as well as disadvantages so it called as necessary evil. Advantages of friction are

* its helps us to walk
* to write
* driving car, etc,


    Reference: http://wiki.answers.com/Q/Advantages_of_friction_a_necessary...
Hikmat
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 12

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
dibutuhkan walau terpaksa


Explanation:
.

Wiyanto Suroso
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

9 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
bagai makan buah simalakama


Explanation:
Ini sebagai alternatif saja.


    Reference: http://en.wikiquote.org/wiki/Indonesian_proverbs
Irma Anzia
Indonesia
Does not meet criteria
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 12

1 day8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
harus diterima karena memang dibutuhkan


Explanation:
Secara idiom umum, jawaban rekan Irma Anzia yang paling dekat, namun untuk kalimat rekan Erich terjemahan seperti ini dapat memberi konotasi yang agak berbeda.

raphita
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish

4 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
merepotkan tapi perlu


Explanation:
Membuat dokumentasi terasa merepotkan bagi programmer, sehingga ditunda-tunda, dan akhirnya hasilnya tidak optimal.

Ferry Toar
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




Reference comments


2 days21 hrs
Reference: several possibilities ...

Reference information:
A Google search reveals several alternatives: 'keburukan yang diperlukan' which sounds better to me than 'kejahatan yang perlu dilakukan', which sounds forced. Both, however, are fairly literal translations, rather than idiomatic.

Example sentence(s):
  • Memang, ilmuwan politik konservatif yang menjadi dukun paradigma pembangunanisme memandang korupsi sebagai "keburukan yang diperlukan" (necessary evil) guna mencapai kestabilan politik.

    Reference: http://www.theprakarsa.org/?act=dtl&id=20100727042313
    Reference: http://internasional.kompas.com/read/2010/05/23/0621515/Dipe...
Catherine Muir
Australia
Does not meet criteria
Works in field
Native speaker of: English