KudoZ home » English to Indonesian » Law (general)

preliminary point of law

Indonesian translation: argumen hukum awal


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:preliminary point of law
Indonesian translation:argumen hukum awal
Entered by: Mohamad Rudi Atmoko

06:47 May 1, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law (general)
English term or phrase: preliminary point of law
The parties hereby waive any rights under any applicable law to appeal any arbitration award or to seek determination of a preliminary point of law with respect to such proceedings.

TIA
Mohamad Rudi Atmoko
Indonesia
argumen hukum awal
Explanation:
Dalam konteks hukum,
point = proposisi, argumen, atau pertanyaan yg dikemukakan dalam suatu proses peradilan

Namun demikian, kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia, 'proposisi' atau 'argumen' lebih cocok. 'pertanyaan' kurang tepat karena sebenarnya yg dikemukakan oleh para pihak dalam suatu persidangan adalah 'argumen hukum,' yaitu pasal2 mana saja yg mendukung pendapat mereka.
Memang, argumen sering juga dikemukakan dg terlebih dahulu mengajukan pertanyaan. Namun demikian, yg diajukan bukan pertanyaan saja melainkan pertanyaan yg diiringi dg argumen.
Karena itu,
point of law = argumen hukum
Istilah 'point of law,' 'point of fact,' dan point of order,' biasanya digunakan dalam perkara banding (appeal).
Permohonan banding diajukan berdasarkan
point of law (argumen hukum), apabila ada kekeliruan dalam penerapan pasal2 yg dapat dijadikan dasar untuk pengajuan banding
point of order (argumen prosedur/tata tertib), apabila ada prosedur yg keliru pada pengambilan keputusan di tingkat pengadilan yg lebih rendah
point of fact (argumen fakta), apabila ada fakta baru atau fakta yg diabaikan yg dapat dijadikan dasar pengajuan banding

Ref.:
Oran, Daniel. 2008. 2008. Oran's Dictionary of the Law. 4th Edition. New York: Thomson Delmar Learning.

Collin, P.H. 2005. Dictionary of Law. 4th Edition. London: Bloomsbury.



--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2008-05-01 07:59:28 GMT)
--------------------------------------------------

Contoh pemakaian dalam kalimat:
1. Connor cited insufficient evidence and said the jurors focused on the wrong *point of law.*
2. This appeal was struck out on a *point of law* but won the judge's heart," Annals said.

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2008-05-01 08:07:13 GMT)
--------------------------------------------------

1. Gugatan Hukum terhadap Jiang Zemin : Pengacara pihak Penggugat mengajukan *argumen hukum,* semakin banyak orang mengetahui kebenaran tentang penyiksaan.
http://www.falundafa.or.id/ib_pengadilanjiang16.htm

2. Kendati begitu dia kembali mengingatkan supaya para hakim mengambil putusan sesuai dengan rasa keadilan masyarakat yang disertai dengan argumen-argumen hukum.
http://www.bpkp.go.id/viewberita.php?aksi=view&start=2055&id...

3. MK Minta Badrul Kamal Perkuat Argumen Hukum
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0601/19/nas04.html
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thanks again mas Hipyan?
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1argumen hukum awal
Hipyan Nopri
5pokok hukum sementara/pendahuluan
Hengky Chiok
4pertanyaan hukum awal
Hikmat


  

Answers


5 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pokok hukum sementara/pendahuluan


Explanation:
Langsung saja pak.

Hengky Chiok
United States
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 30

8 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pertanyaan hukum awal


Explanation:
http://en.wikipedia.org/wiki/Question_of_law

--------------------------------------------------
Note added at 43 menit (2008-05-01 07:31:01 GMT)
--------------------------------------------------

In jurisprudence, a question of law (also known as a point of law) is a question which must be answered by applying relevant legal principles, by an interpretation of the law. Such a question is distinct from a question of fact, which must be answered by reference to facts and evidence, and inferences arising from those facts. Answers to questions of law are generally expressed in terms of broad legal principles, and are capable of being applied to many situations, rather than being dependent on particular circumstances or factual situations. An answer to a question of law as applied to the particular facts of a case is often referred to as a "conclusion of law".


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Question_of_law
Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 44

53 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
argumen hukum awal


Explanation:
Dalam konteks hukum,
point = proposisi, argumen, atau pertanyaan yg dikemukakan dalam suatu proses peradilan

Namun demikian, kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia, 'proposisi' atau 'argumen' lebih cocok. 'pertanyaan' kurang tepat karena sebenarnya yg dikemukakan oleh para pihak dalam suatu persidangan adalah 'argumen hukum,' yaitu pasal2 mana saja yg mendukung pendapat mereka.
Memang, argumen sering juga dikemukakan dg terlebih dahulu mengajukan pertanyaan. Namun demikian, yg diajukan bukan pertanyaan saja melainkan pertanyaan yg diiringi dg argumen.
Karena itu,
point of law = argumen hukum
Istilah 'point of law,' 'point of fact,' dan point of order,' biasanya digunakan dalam perkara banding (appeal).
Permohonan banding diajukan berdasarkan
point of law (argumen hukum), apabila ada kekeliruan dalam penerapan pasal2 yg dapat dijadikan dasar untuk pengajuan banding
point of order (argumen prosedur/tata tertib), apabila ada prosedur yg keliru pada pengambilan keputusan di tingkat pengadilan yg lebih rendah
point of fact (argumen fakta), apabila ada fakta baru atau fakta yg diabaikan yg dapat dijadikan dasar pengajuan banding

Ref.:
Oran, Daniel. 2008. 2008. Oran's Dictionary of the Law. 4th Edition. New York: Thomson Delmar Learning.

Collin, P.H. 2005. Dictionary of Law. 4th Edition. London: Bloomsbury.



--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2008-05-01 07:59:28 GMT)
--------------------------------------------------

Contoh pemakaian dalam kalimat:
1. Connor cited insufficient evidence and said the jurors focused on the wrong *point of law.*
2. This appeal was struck out on a *point of law* but won the judge's heart," Annals said.

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2008-05-01 08:07:13 GMT)
--------------------------------------------------

1. Gugatan Hukum terhadap Jiang Zemin : Pengacara pihak Penggugat mengajukan *argumen hukum,* semakin banyak orang mengetahui kebenaran tentang penyiksaan.
http://www.falundafa.or.id/ib_pengadilanjiang16.htm

2. Kendati begitu dia kembali mengingatkan supaya para hakim mengambil putusan sesuai dengan rasa keadilan masyarakat yang disertai dengan argumen-argumen hukum.
http://www.bpkp.go.id/viewberita.php?aksi=view&start=2055&id...

3. MK Minta Badrul Kamal Perkuat Argumen Hukum
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0601/19/nas04.html

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 344
Grading comment
Thanks again mas Hipyan?

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
23 hrs