KudoZ home » English to Indonesian » Law (general)

manslaughter

Indonesian translation: pembunuhan tidak berencana


01:35 Nov 10, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law (general)
English term or phrase: manslaughter
"homicide can be divided into two classes: murder and manslaughter."


apa perbedaan homicide dengan manslaughter?
rizky wirastomo
Indonesian translation:pembunuhan tidak berencana
Explanation:
HTH

--------------------------------------------------
Note added at 4 mins (2008-11-10 01:40:35 GMT)
--------------------------------------------------

An act of killing a human being unlawfully but not willfully (as opposed to murder)
en.wiktionary.org/wiki/manslaughter
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +7pembunuhan tidak berencana
Regi2006
5pembunuhan tak sengaja
Hipyan Nopri
5penghilangan nyawa manusia tanpa kesengajaan
Arfan Achyar


Discussion entries: 2





  

Answers


4 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +7
pembunuhan tidak berencana


Explanation:
HTH

--------------------------------------------------
Note added at 4 mins (2008-11-10 01:40:35 GMT)
--------------------------------------------------

An act of killing a human being unlawfully but not willfully (as opposed to murder)
en.wiktionary.org/wiki/manslaughter

Regi2006
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 50
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Eddie R. Notowidigdo
2 mins
  -> Thanks!

agree  eldira
16 mins
  -> Thanks!

agree  Dewinta Maharani
25 mins
  -> Thanks!

agree  Hikmat
55 mins
  -> Thanks!

agree  Erich Ekoputra: Dalam KUHP Pasal 340, ada istilah "dengan rencana". Jadi, lawannya adalah "tidak dengan rencana" atau "tanpa rencana".
3 hrs
  -> Thanks!

agree  Suzan Piper
7 hrs
  -> Thanks!

agree  Hadiyono Jaqin
13 hrs

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
penghilangan nyawa manusia tanpa kesengajaan


Explanation:
Homicide itu bisa diartikan sebagai penghilangan nyawa manusia.

manslaughter itu kalau tidak disengaja
murder itu kalau disengaja

jadi manslaughter itu bisa diartikan sebagai pembunuhan/penghilangan nyawa manusia tanpa sengaja dan murder itu bisa diartiken sebagai pembunuhan/penghilangan nyawa manusia dengan sengaja


    Reference: http://www.dictionary.com
Arfan Achyar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20

4 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pembunuhan tak sengaja


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2008-11-14 14:33:49 GMT)
--------------------------------------------------

Sori, agak lama baru bisa memberikan penjelasan.:)

Pada dasarnya, pembunuhan terbagi dua - pembunuhan sengaja dan pembunuhan tak sengaja.

Pembunuhan sengaja padanan bahasa Inggrisnya 'murder', dan padanan bahasa Inggris pembunuhan tak sengaja adalah 'manslaughter'.

Pembunuhan sengaja (murder) terbagi dua juga - pembunuhan tingkat satu dan pembunuhan tingkat dua.

Pembunuhan tingkat satu adalah pembunuhan sengaja berencana (first degree murder). Pembunuhan kategori ini biasanya diawali dg penyiksaan atau tindak pidana lain seperti pemerkosaan, pembakaran, perampokan, penculikan, dll.

Pembunuhan tingkat dua adalah pembunuhan sengaja namun tidak berencana (second degree murder). Pembunuhan kategori ini biasanya tidak diawali dg tindak pidana lainnya.

Karena itulah, dalam KUHP Bab XIX Kejahatan terhadap Nyawa digunakan istilah 'sengaja' dan 'rencana'. Di sini diterangkan pembunuhan sengaja berencana (tingkat satu) dan pembunuhan sengaja tak berencana (tingkat dua).

Pasal 359 KUHP menjelaskan pembunuhan tak sengaja (manslaughter).

Jadi, apa perbedaan pembunuhan sengaja dan pembunuhan tak sengaja?

Pembunuhan sengaja belum tentu berencana. Sebaliknya, pembunuhan berencana pasti sengaja.

Pembunuhan tak sengaja pasti tak berencana.

Berikut ilustrasinya:
1. Pembunuhan sengaja berencana
Si A mempertimbangkan tindakan apa saja yg harus dilakukan dan apa saja alat yg diperlukannya untuk membunuh si B.
Pada hari H, A menodongkan pistol ke arah B dan menembak kepalanya hingga tewas.
Pembunuhan yg dilakukan A dilakukan setelah dipersiapkan terlebih dahulu (direncanakan).

2. Pembunuhan sengaja tak berencana
A dan B terlibat utang-piutang yg macet.
Terjadi pertengkaran mulut antara keduanya karena A kesal B sudah tiga bulan lewat waktu belum juga melunasi utangnya.
Melihat A marah2 dan membentak2, B bukannya minta maaf malah sibuk membela diri dg mengemukakan alasan2 yg tidak masuk akal dan semakin membuat A kesal.
Saking emosinya, si A jadi kalap dan tiba2 mencabut pistol dan menembak dada B tepat di jantungnya hingga tewas.
Pembunuhan ini adalah pembunuhan sengaja karena A dg sadar mencabut pistolnya, membidikkan ke dada B, dan menarik pelatuknya.
Namun demikian, pembunuhan yg dilakukan A spontan tanpa persiapan terlebih dahulu (tak berencana). Dia selalu membawa pistol karena dia kebetulan intel polisi.:)

3. Pembunuhan tak sengaja
Sebagai seorang polisi, si A sdg mengejar penjahat yg melarikan diri setelah merampok nasabah bank.
Ketika terjadi kontak senjata, peluru yg dilepaskan A mengenai kepala seorang anak sekolah yg kebetulan melintasi jalan di mana kontak senjata sdg terjadi.
Anak sekolah tsb tewas dan penjahat yg dikejar berhasil meloloskan diri.
Pembunuhan yg dilakukan A terhadap anak sekolah tsb tak sengaja karena pistolnya dibidikkan ke arah penjahat, bukan ke kepala anak sekolah yg melintas.
Pembunuhan anak sekolah tsb juga tidak direncanakan oleh si A karena yg dikejar dan ditembak bukan anak sekolah tsb tapi si penjahat.

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2008-11-14 14:50:00 GMT)
--------------------------------------------------

Ref.:
Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana

Chazawi, Adami. 2008. Pelajaran Hukum Pidana. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Oran, Daniel. 2008. Oran's Dictionary of the Law. Fourth Edition. New York: Thomson Delmar Learning.

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 344