KudoZ home » English to Indonesian » Law (general)

Constructive dismissal

Indonesian translation: pengunduran diri karena terpaksa


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Constructive dismissal
Indonesian translation:pengunduran diri karena terpaksa
Entered by: Mohamad Rudi Atmoko

05:59 Nov 20, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law (general) / Human Resources
English term or phrase: Constructive dismissal
Constructive dismissal

Apakah padanan "constructive dismissal" dalam Bahasa Indonesia?

Trims sebelumnya
Mohamad Rudi Atmoko
Indonesia
pengunduran diri
Explanation:
Cosntructive dismissal pada dasarnya adalah karyawan mengundurkan diri karena tidak lagi dapat menerima/mentolerir sikap atasan.

Inisiatif pemberhentian kerja ada pada pihak karyawan, bukan pada pihak atasan/perusahaan. Dengan demikian ini merupakan salah satu wujud perlindungan tenaga kerja.
Selected response from:

Hengky Chiok
United States
Grading comment
Thanks mas Hengky. Saya ubah dikit untuk menyesuaikan dengan konteksnya dan istilah aslinya saya pertahankan dengan menaruhnya di dalam tanda kurung.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5pemutusan hubungn kerja yang baik
ria amongpradja
5pengunduran diri
Hengky Chiok
5pemecatan semu
Hipyan Nopri
3pemecatan terencanaxxxrosianna
3Pemecatan konstruktif
Ikram Mahyuddin
3pemberhentian terarah
Hikmat


Discussion entries: 2





  

Answers


10 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Pemecatan konstruktif


Explanation:
yaitu pemecatan yang memilki efek positif bagi yang dipecat, misalnya karena ia bisa pindah ke tempat yang lebih baik

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 48

49 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pengunduran diri


Explanation:
Cosntructive dismissal pada dasarnya adalah karyawan mengundurkan diri karena tidak lagi dapat menerima/mentolerir sikap atasan.

Inisiatif pemberhentian kerja ada pada pihak karyawan, bukan pada pihak atasan/perusahaan. Dengan demikian ini merupakan salah satu wujud perlindungan tenaga kerja.


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Constructive_dismissal
Hengky Chiok
United States
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 30
Grading comment
Thanks mas Hengky. Saya ubah dikit untuk menyesuaikan dengan konteksnya dan istilah aslinya saya pertahankan dengan menaruhnya di dalam tanda kurung.

54 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pemecatan terencana


Explanation:
kalau cari-cari di internet, dapet bahasa malaysia 'pemecatan terancang'. apa bisa jika diindonesiakan jadi 'pemecatan terencana'?

o ya, mengenai makna, berdasarkan Wikipedia sih berarti pegawai yang mengundurkan diri akibat kelakuan atasan (employer) yang tidak baik.


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Constructive_dismissal
xxxrosianna
United Kingdom
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

11 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pemberhentian terarah


Explanation:
constructive dismissal
■ noun the changing of an employee's job or working conditions with the aim of forcing their resignation.

constructive
■ adjective
serving a useful purpose.

pemberhentian/pemecatan terarah




Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 44

2 days27 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pemecatan semu


Explanation:
'Constructive' dalam konteks hukum seperti ini bermakna 'secara hukum benar, tapi secara faktual salah'. Dg kata lain 'seolah2 benar/sah' menurut hukum yg berlaku.

Karena itu, Oran (2008:117) menyatakan
constructive = quasy; symbolic

Menurut rujukan di bawah ini, 'constructive dismissal' adalah pengunduran diri karyawan akibat perlakuan/sikap majikan yg membuatnya terpaksa mengundurkan diri.

Jadi, berdasarkan semua pengertian di atas, saya mengusulkan
constructive dismissal = pemecatan semu, pemecatan simbolis, atau pengunduran diri terpaksa

Ref.:
Oran, Daniel. 2008. Oran's Dictionary of the Law. Fourth Edition. New York: Thomson Delmar Learning.

Constructive dismissal - Where an employer’s treatment of an employee left him or her with no option but to resign or where the employer threatens to dismiss and as a consequence the employee resigns. The employer’s threat to dismiss must be accompanied by other reasons that caused the employee to resign. The employer needs to know why the employee has resigned to make it easier to claim constructive dismissal.


    Reference: http://www.mils.co.uk/Resources/Common-Legal-Terms-and-Phras...
Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 344

1497 days   confidence: Answerer confidence 5/5
constructive dismissal
pemutusan hubungn kerja yang baik


Explanation:
...

ria amongpradja
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in MalayMalay