KudoZ home » English to Indonesian » Materials (Plastics, Ceramics, etc.)

have not yet been established

Indonesian translation: belum diketahui


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:have not yet been established
Indonesian translation:belum diketahui
Entered by: Ferry Toar

02:44 Feb 11, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Materials (Plastics, Ceramics, etc.)
English term or phrase: have not yet been established
Konteksnya:
1. The safety and effectiveness of this solution/substance have not yet been established.
2. The long term effects of the low temperature have not yet been established.

Belum terbukti?
Belum dibuktikan?
Belum ditemukan?
Ferry Toar
Indonesia
belum diketahui
Explanation:
Untuk konteks marketing obat, banyak yg menggunakan belum diketahui atau belum tersedia


Selected response from:

Henny Willis
United States
Grading comment
Terima kasih atas bantuan semua rekan-rekan. Semuanya masuk dalam pertimbangan saya, namun referensi yang diberikan Bu Henny sangat cocok dengan teks yang sedang saya kerjakan.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1belum [berhasil] ditentulkan
Erich Ekoputra
4 +1belum terbukti secara empiris
Sutarto
4belum kunjung terbukti
Wiyanto Suroso
4belum terlihat
Arnando Koswara
4belum diketahui
Henny Willis
3belum diverifikasi
Ikram Mahyuddin


  

Answers


44 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
belum [berhasil] ditentulkan


Explanation:

Salah satu makna menurut kamus Oxford:

to establish: show (something) to be true or certain by determining the facts

Dari KBBI:
menentukan v membuat menjadi tentu (pasti); menetapkan; memastikan

dibuktikan adalah pilihan yang baik; namun, ia bisa mengandung makna formal. Dalam konteks ilmiah, membuktikan melibatkan serangkaian proses mulai dari pembuatan hipotesis, uji coba, hingga pembuktiannya sendiri.

Erich Ekoputra
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  M. Laut
1 hr

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
belum terlihat


Explanation:
sebenarnya artinya banyak (google trnslate), tapi saya lbh merasa mengena dengan "belum terlihat"

Arnando Koswara
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Indonesian
Notes to answerer
Asker: Ya, betul, ada banyak alternatif..


5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
belum terbukti secara empiris


Explanation:
Hasilnya belum didukung oleh data empiris, yaitu data yang dihasilkan dari percobaan atau pengamatan.

Sutarto
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Mohammad Renaldi Diponegoro
1 hr

7 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
belum diverifikasi


Explanation:

atau belum diuji

http://www.thefreedictionary.com/establish


establish (verb)
2. prove, show, confirm, demonstrate, ratify, certify, verify, validate, substantiate, corroborate, authenticate An autopsy was being done to establish the cause of death.

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
belum kunjung terbukti


Explanation:
Jurang antara yang kaya dengan yang miskin semakin jauh, kemiskinan dan kemelaratan semakin meningkat, pengangguran semakin banyak, korupsi dan kriminalitas semakin merajalela, kualitas moral turun, kematian ibu dan anak juga masih banyak, kesejahteraan dan perlindungan sosial yang belum kunjung terbukti, fasilitas kesehatan dan pendidikan kurang memadai.

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/01/06/74882/w...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

14 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
belum diketahui


Explanation:
Untuk konteks marketing obat, banyak yg menggunakan belum diketahui atau belum tersedia




Example sentence(s):
  • Obat ini berikatan dengan sitokrom P-450 lamur sehingga menghambat sintesa ... Belum diketahui keamanan dan efektifitas penggunaan lebih dari 1 bulan.
  • Anak-anak < 2 tahun : Keamanan dan efektivitas belum diketahui. Farmakologi ... Buang obat ini jika telah melampaui tanggal kadaluwarsa.

    Reference: http://dinkes.tasikmalayakota.go.id/index.php/informasi-obat...
    Reference: http://www.dexa-medica.com/ourproducts/prescriptionproducts/...
Henny Willis
United States
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih atas bantuan semua rekan-rekan. Semuanya masuk dalam pertimbangan saya, namun referensi yang diberikan Bu Henny sangat cocok dengan teks yang sedang saya kerjakan.
Notes to answerer
Asker: Benar, ini yang saya cari! Terima kasih banyak, Bu Henny!