KudoZ home » English to Indonesian » Mathematics & Statistics

fixed rule

Indonesian translation: mistar tetap


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:fixed rule
Indonesian translation:mistar tetap
Entered by: Erich Ekoputra

09:15 Sep 7, 2011
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Mathematics & Statistics
English term or phrase: fixed rule
In this case, we find 32 on the fixed rule, set 8 opposite it by moving the slide rule, and read off the answer 4 against 1 on the sliding rule.

Terjemahan lengkapnya sangat saya hargai :)
Kaharuddin
Indonesia
mistar tetap
Explanation:

Mistar tetap adalah mistar yang dipantek mati, tidak bisa digeser-geser. Sebagai lawan dari mistar geser (sliding rule).

--------------------------------------------------
Note added at 8 mins (2011-09-07 09:23:50 GMT)
--------------------------------------------------

Ref: KBBI
mis·tar n 1 kayu penggaris.

--------------------------------------------------
Note added at 9 mins (2011-09-07 09:24:47 GMT)
--------------------------------------------------

Ref: Oxford
rule (noun) a strip of wood or other rigid material used for measuring length or marking straight lines; a ruler.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2mistar tetap
Erich Ekoputra
4 +1penggaris tetap/sumbu
Vincentius Mariatmo


  

Answers


7 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
mistar tetap


Explanation:

Mistar tetap adalah mistar yang dipantek mati, tidak bisa digeser-geser. Sebagai lawan dari mistar geser (sliding rule).

--------------------------------------------------
Note added at 8 mins (2011-09-07 09:23:50 GMT)
--------------------------------------------------

Ref: KBBI
mis·tar n 1 kayu penggaris.

--------------------------------------------------
Note added at 9 mins (2011-09-07 09:24:47 GMT)
--------------------------------------------------

Ref: Oxford
rule (noun) a strip of wood or other rigid material used for measuring length or marking straight lines; a ruler.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira: istilah yang lebih tepat digunakan di bidang ilmu. lihat: fisikasma-online.blogspot.com/.../cara-mengukur-panjang-denga.
14 hrs

agree  Meidy Maringka
19 hrs

18 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
penggaris tetap/sumbu


Explanation:
Kalau saya baca, sepertinya ada kaitan dengan slide rule dalam artikel di bawah ini ya?
http://en.wikipedia.org/wiki/Slide_rule
Kalau benar, sulit sekali mencari padanan katanya, karena alat ini sudah hampir tidak pernah digunakan ^^

"Slide rule" dapat diterjemahkan sebagai "penggaris geser".
"Fixed rule" dapat diterjemahkan sebagai "penggaris tetap/sumbu".
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=2011080700034...


Mungkin terjemahan (secara ngasal) seperti ini:
Dalam hal ini, kita menentukan angka 32 pada penggaris sumbu, menetapkan pasangannya berupa angka 8 dengan menggerakan penggaris geser, dan membaca hasilnya, yaitu 4 berbanding 1 pada penggaris geser yang ada.


Semoga membantu ^^


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Slide_rule
    Reference: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=2011080700034...
Vincentius Mariatmo
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 3

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  gumuruhsspj: hhaahaha... bole
33 mins
  -> Terima kasih :)