Apply ice on cold sore

Indonesian translation: taruh es di atas luka cold sore/herpes simpleks

English term or phrase:Apply ice on cold sore
Indonesian translation:taruh es di atas luka cold sore/herpes simpleks
Entered by: Suki_2005

17:44 Nov 29, 2006
English to Indonesian translations [PRO]
Medical (general) / Remedy
English term or phrase: Apply ice on cold sore
Can this be translated into

"memakaian es ke luka mulut"
Suki_2005
taruh es di atas luka cold sore/herpes simpleks
Explanation:
cold sore adalah herpes simpleks, sama sekali bukan sariawan

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2006-11-29 18:53:30 GMT)
--------------------------------------------------

"luka mulut" juga kurang tepat, terlalu luas pengertiannya. (Luka karena terbakar misalnya). Kedokteran harus menggunakan istilah yang 100% tepat, karena berbahaya.

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2006-11-29 18:55:54 GMT)
--------------------------------------------------

Info lain: cold sore tidak mesti terjadi di mulut, bisa di tepi hidung juga.
Selected response from:

Rayindra
Indonesia
Grading comment
thank you
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +3taruh es di atas luka cold sore/herpes simpleks
Rayindra
5 +1kompres luka akibat herpes dengan es
Sari Gonneau
4 +2kompres cold sore dengan es (batu)
lwijaya
5aplikasikan kompres es ke lesi (luka) di mulut
Harry Hermawan
5kenakan kompres es pada lepuhan herpes
Rudolf Frans Maulany
3 -2letakkan es diatas sariawan
Hikmat


  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): -2
apply ice on cold sore
letakkan es diatas sariawan


Explanation:
cold sore

■ noun an inflamed blister in or near the mouth, caused by infection with the herpes simplex virus.


Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 12

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
disagree  Rayindra: sorry banget, aku tidak setuju soalnya berbahaya kalau keliru. Cold Sore adalah hasil dari penyakit Herpes Simpleks, dan sama sekali bukan sariawan
51 mins
  -> thanks menrut saya tidak ada kata yang bisa menggambarkan luka seperti itu di mulut kecuali sariawan. Just add the definition afterwards LETAKKAN/TARUH ES DIATAS SARIAWAN KARENA VIRUS HERPES.. will do just fine.. tapi mmg lukanya tidak sll di dekat mulut

agree  Abdul Karim: ok, semula ragu esnya diemut atau dikompreskan di luar mulut.. :)
1 hr
  -> kadang kadang kalo sariawan kan ada juga di ujung bibir... selain didalam mulut..?

disagree  endahws: Oh, please. Again this 'cold sore' .... No medical dictionary?
2 hrs
  -> Sorry better advise and answer than complain and disagree ;) ...i stated the definition.. blister in the mouth...

neutral  Harry Hermawan: http://www.medicastore.com/med/detail_obat.php?id=&iddtl=&id...
13 hrs

disagree  Sari Gonneau: cold sore bukan sariawan
42 days

59 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +3
apply ice on cold sore
taruh es di atas luka cold sore/herpes simpleks


Explanation:
cold sore adalah herpes simpleks, sama sekali bukan sariawan

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2006-11-29 18:53:30 GMT)
--------------------------------------------------

"luka mulut" juga kurang tepat, terlalu luas pengertiannya. (Luka karena terbakar misalnya). Kedokteran harus menggunakan istilah yang 100% tepat, karena berbahaya.

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2006-11-29 18:55:54 GMT)
--------------------------------------------------

Info lain: cold sore tidak mesti terjadi di mulut, bisa di tepi hidung juga.

Rayindra
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 12
Grading comment
thank you

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  endahws
1 hr

agree  Hipyan Nopri: Stju dg Ray & Endah. Herpes simpleks ada 2: Herpes mulut/labial (cold sore) & Herpes genital. Silkn liht kmntar sya slnjtnya & refrnsi di pertanyaan Mas Suki yg 1 lg di atas.:)
6 hrs

neutral  Harry Hermawan: mbak suki kayaknya Yan...
12 hrs

agree  Erich Ekoputra
4 days

13 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
apply ice on cold sore
kompres cold sore dengan es (batu)


Explanation:
==

lwijaya
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri: Alternatif yang bagus sekali Iwi.
1 hr

agree  Hadiyono Jaqin
3 hrs

13 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
apply ice on cold sore
aplikasikan kompres es ke lesi (luka) di mulut


Explanation:
<><>

--------------------------------------------------
Note added at 13 hrs (2006-11-30 07:23:34 GMT)
--------------------------------------------------

PS: Yes, Suki you can translate that, it's understandable but that is more or less casual Bahasa Indonesia. As for "memakaikan es" is it ice-cube or ice pack?

For formal written this is my suggestion.


    Reference: http://www.medicastore.com/med/detail_obat.php?id=&iddtl=&id...
Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 8

42 days   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
apply ice on cold sore
kompres luka akibat herpes dengan es


Explanation:
or even better "lakukan kompres es pada luka lepuh akibat herpes". I know it is long, but it explains better.

Sari Gonneau
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rudolf Frans Maulany: to translate apply it is better to use the word: kenakan and the complete translation: kenakan kompres es pada lepuhan herpes
2728 days

2770 days   confidence: Answerer confidence 5/5
apply ice on cold sore
kenakan kompres es pada lepuhan herpes


Explanation:
apply is translated as kenakan
ice translated as kompres es
and cold sore as lepuhan herpes

--------------------------------------------------
Note added at 2770 days (2014-07-01 15:56:02 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

This translation is based on my experience as a medical translator of several medical textbook from English to Indonesian.

Example sentence(s):
  • treatment: apply ice on cold sore
  • pengobatan: kenakan kompres es pada lepuhan herpes
Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian