secretor

Indonesian translation: sekretor

English term or phrase:secretor
Indonesian translation:sekretor
Entered by: Hadiyono Jaqin

14:49 Nov 29, 2006
English to Indonesian translations [Non-PRO]
Medical - Medical: Health Care / Blood
English term or phrase: secretor
artinya cairan tubuh (saliva, sperma, keringat cairan lambung dan sebagainya) dari suatu individu mengandung antigen, antibody dan enzim polymorphisme seperti yang terkandung didalam darahnya. Sehingga cairan dari orang yang termasuk golongan secretor (80% dari populasi penduduk dunia) akan dapat diidentifikasi golongan darahnya sama seperti didalam darah dari orang yang bersangkutan.
Hadiyono Jaqin
Thailand
sekretor
Explanation:
Terus terang saya tidak tahu apakah sudah ada padanan bakunya atau belum, tapi kalau saya harus menerjemahkan secretor ke dalam bahasa Indonesia, saya cenderung memilih menerjermahkannya menjadi sekretor saja, karena bunyinya cukup akrab dengan lidah Indonesia. Lebih-lebih kalau memang pembaca yang dituju adalah para pakar di bidang kesehatan yang mungkin sudah terlebih dahulu akrab dengan istilah bahasa Inggrisnya.
SM
Selected response from:

Kardi Kho
Indonesia
Grading comment
Terima kasih banyak atas bantuannya
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +4sekretor
Kardi Kho
4sekretor
Lanny Utoyo


  

Answers


20 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +4
sekretor


Explanation:
Terus terang saya tidak tahu apakah sudah ada padanan bakunya atau belum, tapi kalau saya harus menerjemahkan secretor ke dalam bahasa Indonesia, saya cenderung memilih menerjermahkannya menjadi sekretor saja, karena bunyinya cukup akrab dengan lidah Indonesia. Lebih-lebih kalau memang pembaca yang dituju adalah para pakar di bidang kesehatan yang mungkin sudah terlebih dahulu akrab dengan istilah bahasa Inggrisnya.
SM

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih banyak atas bantuannya

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Eddie R. Notowidigdo
56 mins

agree  Hikmat
1 hr

agree  Harry Hermawan: :)
16 hrs

agree  Rayindra
1 day 18 hrs

14 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
sekretor


Explanation:
Perlu ditinjau konteksnya, karena secretor dapat berarti orang atau benda, dalam hal ini sel, jaringan atau organ yang mensekresikan (menghasilkan) suatu cairan yang mengandung antigen ABO, yaitu antigen yang terdapat juga dalam darah. Jadi perlu sedikit diluruskan penjelasan Sdr. H. Jaqin sendiri, secretor bukan cairannya, tetapi apa/siapa yang menghasilkan cairan tersebut. Cairannya sendiri disebut sekret (dlm. bhs. Inggris: secret, pronuciation berbeda dengan secret yang artinya rahasia). Saya setuju dengan penggunaan sekretor saja, karena itu memenuhi syarat dlm penyerapan kata asing menjadi kata dalam bahasa Indonesia.


    Reference: http://dictionary.reference.com/search?q=secretor&x=20&y=18
Lanny Utoyo
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian