KudoZ home » English to Indonesian » Medical: Instruments

passer

Indonesian translation: pelalu


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:passer
Indonesian translation:pelalu
Entered by: Ferry Toar

05:10 Feb 15, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Medical: Instruments
English term or phrase: passer
Nama instrumen, XXX suture passer.

Referensi: http://dashboard.linvatec.com/filemanager/public/Sports Medi...

Dari referensi, tampak bahwa alat ini digunakan untuk melewatkan/melalukan benang dalam proses menjahit jaringan. Saya cenderung menerjemahkannya sebagai pemintas atau pelalu. Mohon masukan bila ternyata sudah ada istilah baku, atau usul lain yang lebih sip. Thank you!
Ferry Toar
Indonesia
pelalu
Explanation:
Tampaknya belum ada padanan istilah baku untuk 'passer'. Saya cenderung menggunakan padanan "pelalu". Adapun istilah "pemintas" merupakan padanan dari 'shorcut', yang menurut rasa bahasa saya, memiliki sedikit perbedaan dengan 'passer'.

suture: benang bedah
passer: pelalu
suture passer: pelalu benang bedah
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
Terima kasih atas masukan dari rekan-rekan sekalian!
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4pengait
Erich Ekoputra
4pelintas
Indra Sofyar
4penjahit luka
Hipyan Nopri
3pelalu
Wiyanto Suroso


  

Answers


34 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pelintas


Explanation:
Contoh: kateter pelintas = catheter passer


    Reference: http://www.termwiki.com/ID:catheter_passer
Indra Sofyar
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pelalu


Explanation:
Tampaknya belum ada padanan istilah baku untuk 'passer'. Saya cenderung menggunakan padanan "pelalu". Adapun istilah "pemintas" merupakan padanan dari 'shorcut', yang menurut rasa bahasa saya, memiliki sedikit perbedaan dengan 'passer'.

suture: benang bedah
passer: pelalu
suture passer: pelalu benang bedah

Wiyanto Suroso
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 7
Grading comment
Terima kasih atas masukan dari rekan-rekan sekalian!
Notes to answerer
Asker: Terima kasih atas masukannya, pak Wi.


4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pengait


Explanation:

Karena berhubungan dengan jahit-menjahit, tidak ada salahnya meminjam istilah dari bidang itu.

pengait benang adalah istilah umum bagi alat yang membantu mengaitkan benang ke jarum jahit mesin, sebagaimana dijelaskan referensi. Pada konteks yang ditanyakan, jelas bahwa tugas sesungguhnya adalah mengaitkan benang, bukan sekedar memasukkannya ke lubang jarum.

Ref:
Pengait benang digunakan untuk pengait benang ke lubang jarum.

Alat ini sangat berguna bagi mengalami kesulitan dalam memasukkan benang ke lubang jarum karena penglihatan yang kurang tajam.

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2012-02-15 09:56:20 GMT)
--------------------------------------------------

Ups tautan tertinggal....

http://mode.okrek.com/281-alat-jahit-dan-penggunaannya

Erich Ekoputra
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 28

1 day4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
penjahit luka


Explanation:
Karena suture passer ini digunakan untuk memasang benang bedah/operasi pada luka buatan (karena operasi/pembedahan) atau luka alami (karena kecelakaan), saya mengusulkan:

suture passer = penjahit luka

Hipyan Nopri
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4