KudoZ home » English to Indonesian » Other

governance

Indonesian translation: kepemerintahan / tata pemerintahan


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:governance
Indonesian translation:kepemerintahan / tata pemerintahan
Entered by: Arika

07:15 Jan 7, 2002
English to Indonesian translations [Non-PRO]
English term or phrase: governance
istilah ini sangat sulit diterjemahkan: misalnya dalam konteks environmental governance, good governance
Justine FitzGerald
kepemerintahan / tata pemerintahan
Explanation:
Hi again Justine, this one seems to through up a little more variation. This ngo uses good governance in its title and they use kepemerintahan.
http://www.forum-inovasi.or.id/about/
The economics faculty at Brawijaya use tata pemerintahan yang baik for good governance, see http://www.fe.unibraw.ac.id/Buletin/jul01/jul01.htm
while Aris Mukiyono in Jatim uses the former in kepemerintahan yang baik (goog governance), see http://www.bandiklatjatim.go.id/fokus1.htm.
Its a little all over the place, but it may help.



--------------------------------------------------
Note added at 2002-01-07 09:05:11 (GMT)
--------------------------------------------------

Another site has a go at a very full definition:
GOOD GOVERNANCE : Tata pemerintahan yang baik, yang didukung partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, kesadaran setiap warga negara untuk menjunjung tinggi hukum, kemudahan untuk memperoleh informasi secara benar dan jujur tentang seluruh proses pemerintahan dan pembangunan, tersedianya layanan bagi masyarakat secara cepat dan tepat, terbangunnya konsensus bersama untuk menjembatani berbagai kepentingan, adanya kesetaraan warga negara dalam memperjuangkan hak-haknya, dan penggunaan sumber daya nasional secara efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
http://202.155.9.7/itjen/ggi/
On your environmental goverance problem you could think of something like tata pemerintahan urusan lingkungan hidup or some variation.
Good luck.
Selected response from:

Arika
Australia
Grading comment
thanks very much, jawabannya sangat berguna
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4Kebijakan pemerintahanMaya Gunawan
3kepemerintahan / tata pemerintahanArika


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kepemerintahan / tata pemerintahan


Explanation:
Hi again Justine, this one seems to through up a little more variation. This ngo uses good governance in its title and they use kepemerintahan.
http://www.forum-inovasi.or.id/about/
The economics faculty at Brawijaya use tata pemerintahan yang baik for good governance, see http://www.fe.unibraw.ac.id/Buletin/jul01/jul01.htm
while Aris Mukiyono in Jatim uses the former in kepemerintahan yang baik (goog governance), see http://www.bandiklatjatim.go.id/fokus1.htm.
Its a little all over the place, but it may help.



--------------------------------------------------
Note added at 2002-01-07 09:05:11 (GMT)
--------------------------------------------------

Another site has a go at a very full definition:
GOOD GOVERNANCE : Tata pemerintahan yang baik, yang didukung partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, kesadaran setiap warga negara untuk menjunjung tinggi hukum, kemudahan untuk memperoleh informasi secara benar dan jujur tentang seluruh proses pemerintahan dan pembangunan, tersedianya layanan bagi masyarakat secara cepat dan tepat, terbangunnya konsensus bersama untuk menjembatani berbagai kepentingan, adanya kesetaraan warga negara dalam memperjuangkan hak-haknya, dan penggunaan sumber daya nasional secara efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
http://202.155.9.7/itjen/ggi/
On your environmental goverance problem you could think of something like tata pemerintahan urusan lingkungan hidup or some variation.
Good luck.


    Reference: http://www.bandiklatjatim.go.id/fokus1.htm
Arika
Australia
Native speaker of: Native in EnglishEnglish, Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 20
Grading comment
thanks very much, jawabannya sangat berguna

12 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Kebijakan pemerintahan


Explanation:
Kebijakan = policy/wise
pemerintahan = governance

Depend on the context. On this one I feel it should be "kebijakan pemerintahan"

Maya Gunawan