KudoZ home » English to Indonesian » Other

working memory

Indonesian translation: Bagian memori manusia yang dipergunakan untuk mengolah informasi jangka pendek

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:working memory
Indonesian translation:Bagian memori manusia yang dipergunakan untuk mengolah informasi jangka pendek
Entered by: Elka Ferani

15:28 Oct 25, 2004
English to Indonesian translations [PRO]
/ education
English term or phrase: working memory
Most of a kindergartener's day depends on accurate listening. So to prepare kids for kindergarten, we had to train their attention, working memory, and listening comprehension--skills that are the basis for early learning.
Elka Ferani
Bagian memori manusia yang dipergunakan untuk mengolah informasi jangka pendek
Explanation:
Bagian memori manusia yang dipergunakan untuk mengolah informasi jangka pendek No. Istilah Keterangan 32. ...
nugroho.staff.ugm.ac.id/ASPEK-KOGNITIF.pdf



--------------------------------------------------
Note added at 8 hrs 35 mins (2004-10-26 00:04:33 GMT)
--------------------------------------------------

Istilah yang lebih umum adalah INGATAN JANGKA PENDEK, sebagaimana dapat dilihat dengan lebih rinci pada:

Tes itu lebih menguji ingatan jangka pendek (short-term
memory) daripada spasial/temporal. 2. Disamping penelitian ...
www.tempo.co.id/medika/arsip/012003/pus-2.htm

Ingatan pula terbahagi kepada 2 iaitu : Ingatan
jangka pendek dan ingatan jangka panjang ...
meriamderaman.tripod.com/islam/

Enam bulan kemudian, fungsi kognitifnya meningkat, yaitu daya membedakan dan kemampuan belajar, perhatian, dan ingatan jangka pendek (Hadidjaja dkk, 1998). ...
kompas.com/kompas-cetak/0011/29/iptek/wasp10.htm

Kurang lebih, seperti itu otak mengingat sebuah informasi: mula-mula informasi disimpan di ingatan jangka pendek, kemudian--jika informasi itu penting ...
www.nakertrans.go.id/Info Telematika/ april%202002/TELE-020426.htm
Selected response from:

eldira
Indonesia
Grading comment
terima kasih :-)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +1daya ingat .... (adj.)
John Gare
4ingatan aktif
Rayindra
3Bagian memori manusia yang dipergunakan untuk mengolah informasi jangka pendek
eldira
3ingatan saat sedang bekerja
M. Laut


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
ingatan saat sedang bekerja


Explanation:
saat sedang bekerja = saat sedang belajar

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in pair: 941

8 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Bagian memori manusia yang dipergunakan untuk mengolah informasi jangka pendek


Explanation:
Bagian memori manusia yang dipergunakan untuk mengolah informasi jangka pendek No. Istilah Keterangan 32. ...
nugroho.staff.ugm.ac.id/ASPEK-KOGNITIF.pdf



--------------------------------------------------
Note added at 8 hrs 35 mins (2004-10-26 00:04:33 GMT)
--------------------------------------------------

Istilah yang lebih umum adalah INGATAN JANGKA PENDEK, sebagaimana dapat dilihat dengan lebih rinci pada:

Tes itu lebih menguji ingatan jangka pendek (short-term
memory) daripada spasial/temporal. 2. Disamping penelitian ...
www.tempo.co.id/medika/arsip/012003/pus-2.htm

Ingatan pula terbahagi kepada 2 iaitu : Ingatan
jangka pendek dan ingatan jangka panjang ...
meriamderaman.tripod.com/islam/

Enam bulan kemudian, fungsi kognitifnya meningkat, yaitu daya membedakan dan kemampuan belajar, perhatian, dan ingatan jangka pendek (Hadidjaja dkk, 1998). ...
kompas.com/kompas-cetak/0011/29/iptek/wasp10.htm

Kurang lebih, seperti itu otak mengingat sebuah informasi: mula-mula informasi disimpan di ingatan jangka pendek, kemudian--jika informasi itu penting ...
www.nakertrans.go.id/Info Telematika/ april%202002/TELE-020426.htm


eldira
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 275
Grading comment
terima kasih :-)

10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
ingatan aktif


Explanation:
yaitu ingatan yang digunakan saat itu.

Rayindra
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in pair: 636

21 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
daya ingat .... (adj.)


Explanation:
"memory" here is definitely "daya ingat" rather than "ingatan". "Working memory" seems to be related to short term memory (daya ingat jangka pendek) but I haven't been able to find the full Indonesian equivalent.

John Gare
Native speaker of: English
PRO pts in pair: 229

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Abdul Karim: it should be 'noun'. let me know if I am wrong
23 hrs