KudoZ home » English to Indonesian » Psychology

to find some sense in this senselessness

Indonesian translation: menemukan secercah logika dalam ketidaklogisan ini


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:to find some sense in this senselessness
Indonesian translation:menemukan secercah logika dalam ketidaklogisan ini
Entered by: Agustinus

06:42 Nov 20, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Psychology
English term or phrase: to find some sense in this senselessness
intensely focusing on the trauma trying to find some sense in this senselessness.

thank you.
Agustinus
Indonesia
menemukan secercah logika dalam ketidaklogisan ini
Explanation:

√ Jawaban ini sekadar ingin mengatakan bahwa some ada maknanya, yakni: sedikit, sekelumit, secercah, dkk. Penulis mengatakan some karena ia sendiri yakin bahwa logika di dalam kusutnya ketidaklogisan kasus trauma tidak akan sederhana, sehingga ia mawas diri; cukup secercah saja saat ini sudah bersyukur.

Apa beda antara mencari dan menemukan? Sepintas jika berpaling ke kamus artinya akan sama saja. Namun, tidak sepenuhnya sama: mencari belum tentu ketemu, menemukan tidak mesti kecari ... :)

REFERENSI ★★★★★
http://thesaurus.com/browse/senseless
Synonyms for senseless: absurd, illogical, incongruous, insignificant, irrational, ludicrous, mindless, pointless, ridiculous, stupid, unreasonable ....

http://septrianidewi.blogspot.com/
... maka dia dapat memahami kerumitan plot dan alur cerita, juga dapat mentoleransi logika ketidaklogisan cerita yang dibaca atau disimaknya...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
thank erich :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4menemukan secercah logika dalam ketidaklogisan ini
Erich Ekoputra
4untuk menemukan suatu makna dalam kehampaan ini
Fadhilah Hamda
4menemukan nalar dalam ketidaknalaran ini
Wiyanto Suroso
4mencari arti tanpa berpikir
Tony Bennjamin
3mendapatkan akal dalam kenirakalan ini
Laurens Sipahelut
3memahami hal yang tidak masuk akal ini
Ikram Mahyuddin
3mencari makna dalam ketidakbermaknaan
M Iwan Munandar
3merasakan rasa dalam ketidakrasaan ini
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


27 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
mencari makna dalam ketidakbermaknaan


Explanation:
imho
sense·less
adj.
1. Lacking sense or meaning; meaningless.
http://www.thefreedictionary.com/senselessness

M Iwan Munandar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 11

34 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mencari arti tanpa berpikir


Explanation:
-

Tony Bennjamin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
menemukan nalar dalam ketidaknalaran ini


Explanation:
Trauma menyebabkan guncangan jiwa pada penderitanya akibat dari pengalaman buruknya, yang dapat mengarah pada neurosis (sakit saraf), misalnya ketakutan yang tidak pada tempatnya.

Untuk penyembuhannya, diupayakan menemukan alasan atau penyebab yang nalar (masuk akal) dari hal-hal yang tidak nalar yang diberitahukan oleh penderitanya.

Membaca nalar Mendikbud tersebut, menunjukkan “ketidaknalaran” pemerintah terhadap penerapan kurikulum 2013.

http://www.rimanews.com/read/20130219/92635/mengurai-nalar-k...

Ketidaknalaran dalam berpikir inilah yang merupakan penyebab terjadinya penjajahan akademik.

http://edisicetak.joglosemar.co/berita/penjajahan-akademis-s...

Penilaian tentang moral tidak pernah berisi apapun kecuali nonsens setiap agama dan moralitas adalah dosa-asal besar dari nalar, ketidaknalaran abadi.

http://manusia14.blogspot.com/p/alam-pemikiran-nietzsche.htm...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 29

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
memahami hal yang tidak masuk akal ini


Explanation:
imho

--------------------------------------------------
Note added at 4 jam (2013-11-20 11:27:30 GMT)
--------------------------------------------------

Atau bisa diperhalus lagi "hal yang sulit dimengerti ini".

--------------------------------------------------
Note added at 4 jam (2013-11-20 11:28:28 GMT)
--------------------------------------------------

Bisa diperhalus lagi menjadi "memahami hal yang sulit dimengerti ini".

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 29

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
merasakan rasa dalam ketidakrasaan ini


Explanation:
IMHO

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2013-11-20 11:33:13 GMT)
--------------------------------------------------

Maaf, maksud saya "ketidakterasaan", bukan ketidaksaan!

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3

7 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
untuk menemukan suatu makna dalam kehampaan ini


Explanation:
IMHO

Fadhilah Hamda
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in MinangkabauMinangkabau

8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
menemukan secercah logika dalam ketidaklogisan ini


Explanation:

√ Jawaban ini sekadar ingin mengatakan bahwa some ada maknanya, yakni: sedikit, sekelumit, secercah, dkk. Penulis mengatakan some karena ia sendiri yakin bahwa logika di dalam kusutnya ketidaklogisan kasus trauma tidak akan sederhana, sehingga ia mawas diri; cukup secercah saja saat ini sudah bersyukur.

Apa beda antara mencari dan menemukan? Sepintas jika berpaling ke kamus artinya akan sama saja. Namun, tidak sepenuhnya sama: mencari belum tentu ketemu, menemukan tidak mesti kecari ... :)

REFERENSI ★★★★★
http://thesaurus.com/browse/senseless
Synonyms for senseless: absurd, illogical, incongruous, insignificant, irrational, ludicrous, mindless, pointless, ridiculous, stupid, unreasonable ....

http://septrianidewi.blogspot.com/
... maka dia dapat memahami kerumitan plot dan alur cerita, juga dapat mentoleransi logika ketidaklogisan cerita yang dibaca atau disimaknya...

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 70
Grading comment
thank erich :)

3 days4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
mendapatkan akal dalam kenirakalan ini


Explanation:
-

Laurens Sipahelut
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in DutchDutch