KudoZ home » English to Indonesian » Ships, Sailing, Maritime

breathing bay and achorage gourd

Indonesian translation: dermaga / kantong sandar, area buang sauh


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:breathing bay and achorage gourd
Indonesian translation:dermaga / kantong sandar, area buang sauh
Entered by: Agustinus

01:04 Nov 7, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: breathing bay and achorage gourd
moving from breathing bay to anchorage gourd.

---
thank you
Agustinus
Indonesia
dermaga / kantong sandar, area buang sauh
Explanation:

√ Saya rasa yang dimaksud adalah berthing bay, suatu dermaga tempat kapal bersandar (untuk menaik-turunkan orang/barang, mengisi bahan bakar/air/suplai, dsb.)

√ Sementara itu, anchorage ground adalah area di laut tempat kapal bisa membuang / memasang jangkar atau sauh.

Analogikan berthing bay dengan lobi mal, sementara ancorage ground dengan lahan parkir. Karena tempat bersandar terbatas, sebagian (besar) kapal harus "parkir" di laut dengan cara melempar sauh / jangkar agar tidak terhanyut oleh ombak.

Istilah dermaga bisa salah ditafsirkan sebagai sepanjang dermaga. Pihak otoritas pelabuhan berupaya memperkenalkan kantong sandar untuk mengacu ke hanya satu unit / petak sandar. Tetapi, sepertinya belum nge-pop.


REFERENSI ★★★★★★★
http://www.tender-indonesia.com/tender_home/innerNews2.php?i...
Selain dermaga sandar untuk kapal motor cepat, Dinas Pariwisata juga mengawal normalisasi kantung sandar KMP Muria yang memiliki berat lebih dari 800 GT.

http://fotokita.net/foto/134872456210_0019073/buang-sauh
Awak Kapal membuang sauh ketika kapal motor pelayaran rakyat yang kami tumpangi tiba di pelabuhan Sirombu, Nias Barat. Kami berlayar dari Pulau Asu...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
thanks and always have a good day :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4dermaga / kantong sandar, area buang sauh
Erich Ekoputra
3teluk breathing dan pelabuhan
zandiernomo


Discussion entries: 2





  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
teluk breathing dan pelabuhan


Explanation:
breathing mungkin istilah yang tidak bisa diterjemahkan sperti nama jalan. dan gourd adalah buah labu. terdengar aneh mungkin kalau diterjemahkan pelabuhan labu :). Jadi Pelabuhan saja mungkin sudah cukup

zandiernomo
Indonesia
Native speaker of: Native in EnglishEnglish, Native in IndonesianIndonesian

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
breathing bay, anchorage gourd
dermaga / kantong sandar, area buang sauh


Explanation:

√ Saya rasa yang dimaksud adalah berthing bay, suatu dermaga tempat kapal bersandar (untuk menaik-turunkan orang/barang, mengisi bahan bakar/air/suplai, dsb.)

√ Sementara itu, anchorage ground adalah area di laut tempat kapal bisa membuang / memasang jangkar atau sauh.

Analogikan berthing bay dengan lobi mal, sementara ancorage ground dengan lahan parkir. Karena tempat bersandar terbatas, sebagian (besar) kapal harus "parkir" di laut dengan cara melempar sauh / jangkar agar tidak terhanyut oleh ombak.

Istilah dermaga bisa salah ditafsirkan sebagai sepanjang dermaga. Pihak otoritas pelabuhan berupaya memperkenalkan kantong sandar untuk mengacu ke hanya satu unit / petak sandar. Tetapi, sepertinya belum nge-pop.


REFERENSI ★★★★★★★
http://www.tender-indonesia.com/tender_home/innerNews2.php?i...
Selain dermaga sandar untuk kapal motor cepat, Dinas Pariwisata juga mengawal normalisasi kantung sandar KMP Muria yang memiliki berat lebih dari 800 GT.

http://fotokita.net/foto/134872456210_0019073/buang-sauh
Awak Kapal membuang sauh ketika kapal motor pelayaran rakyat yang kami tumpangi tiba di pelabuhan Sirombu, Nias Barat. Kami berlayar dari Pulau Asu...

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 73
Grading comment
thanks and always have a good day :)